Sukses

Pilihan Olahraga yang Tepat di Musim Hujan

Hujan bukan berarti harus bermalas-malasan terus. Yuk, lakukan olahraga ini agar tetap fit saat musim hujan.

Klikdokter.com, Jakarta Ketika musim hujan datang, berbagai aktivitas harian bisa jadi sedikit terhambat. Salah satu yang sering jadi masalah adalah kegiatan berolahraga. Anda tadinya mungkin selalu joging sore hari sepulang kerja, namun karena hujan, terpaksa harus membatalkannya. Ingin ke gym pun rasanya enggan karena harus melintasi jalan yang becek dan macet. Opsi akhirnya jatuh pada bermalas-malasan ria di sofa.

Padahal, cuaca tak bisa dijadikan alasan untuk tak berolahraga. Tubuh Anda harus tetap aktif agar sistem imun meningkat, apalagi pada musim hujan yang rentan memunculkan penyakit -- sebut saja influenza, diare, tifoid, dan penyakit kulit. Lagi pula, ada banyak olahraga yang bisa Anda dilakukan saat musim hujan.

Berikut adalah olahraga yang dapat Anda pilih selama musim hujan:

  1. Skipping

Skipping, atau dikenal dengan lompat tali, merupakan olahraga yang menyenangkan yang dapat Anda lakukan di dalam rumah tanpa perlu harus kehujanan. Anda mungkin sering melakukan olahraga ini saat remaja dulu bersama teman-teman. Olahraga ini juga pas bagi Anda yang sibuk namun ingin tetap aktif dan berkeringat.

Menurut para ahli, skipping dapat melatih fungsi kardio (jantung) dan pernapasan. Peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan olahraga ini pun sangat sederhana, yaitu tali yang panjang atau dapat juga menggunakan karet.

  1. Lari di tempat

Mudah dan praktis, lari di tempat dapat dilakukan di rumah Anda sendiri. Bila Anda memiliki treadmill, maka alat itu dapat menjadi pilihan. Tapi jika tidak ada, tak masalah. Sebelum melakukannya, Anda harus tahu dulu dosis yang tepat. Pada umumnya, dosis yang dapat Anda gunakan adalah 5 menit pemanasan, 20 menit inti, dan 5 menit pendinginan. Bisa dilakukan sebanyak 3 sampai 5 kali dalam seminggu.

Pemanasan yang dimaksud adalah lari di tempat secara perlahan, kemudian melanjutkan ke inti, yaitu kecepatan lari di tempat dapat ditambah sampai mencapai target denyut nadi yang diinginkan. Supaya lebih semangat, coba pasang musik yang bertempo upbeat.

  1. Strength training (latihan kekuatan otot)

Pada prinsipnya, strength training (latihan kekuatan otot) adalah gerakan berulang yang dilakukan secara aktif dan melawan tahanan. Tahanan yang dimaksud adalah beban. Anda dapat menggunakan dumbel sebagai beban. Bila tidak memiliki dumbel dapat memanfaatkan air mineral yang berisi air atau pasir.

Selain bisa membuat tubuh kencang dan berotot, strength training juga berguna untuk menurunkan berat badan, melindungi kesehatan tulang, memperbaiki postur tubuh, serta meningkatkan rasa percaya diri.

  1. Push-up dan sit-up

Gerakan push-up dan sit-up memang tampak sederhana, tetapi efektif untuk membangkitkan stamina. Selain itu, keduanya bermanfaat untuk melatih kekuatan anggota gerak atas, menguatkan otot perut, dan membentuk tubuh menjadi lebih ideal. Anda juga dapat menggabungkannya dengan plank. Tak hanya berguna untuk membentuk perut, plank juga dapat melatih kekuatan otot lain seperti lengan dan paha.

  1. Pilates dan yoga

Pilates dan yoga merupakan jenis latihan fleksibilitas yang cocok dilakukan saat musim hujan. Gerakan yang dilakukan saat Pilates dan yoga dapat melatih tubuh menjadi lebih fleksibel, melancarkan peredaran darah, dan melatih pernapasan. Jika Anda belum pernah melakukan Pilates atau yoga sebelumnya, disarankan untuk mendatangi kelas Pilates atau yoga dengan pelatih yang profesional untuk mencegah cedera.

Walaupun musim hujan, Anda tetap perlu menyisihkan waktu untuk berolahraga. Cobalah jenis-jenis olahraga yang telah dijelaskan, karena mereka praktis dan dapat dilakukan di dalam ruangan. Pastikan juga untuk meminum air yang cukup selama berolahraga agar tidak dehidrasi dan manfaat olahraga bisa lebih terasa.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar