Sukses

Efektivitas Lip Balm untuk Melembapkan Bibir

Lip balm kerap menjadi andalan untuk melembapkan bibir. Namun, apakah penggunaannya benar-benar efektif?

Bibir kering menjadi masalah yang kerap kali ditemui. Tak hanya pada wanita, para pria pun bisa mengalami kondisi bibir kering yang mengganggu.

Tak sedikit orang mengandalkan lip balm untuk bibir kering. Maka tidak jarang pula, ‘balsam bibir’ ini digunakan untuk tambahan kosmetik, yakni sebagai dasar sebelum menggunakan lipstik.

Banyak yang percaya bahwa penggunaan lip balm secara rutin bermanfaat untuk melembapkan bibir kering. Namun, seberapa efektif? Simak penjelasan berikut ini. 

1 dari 3 halaman

Manfaat Lip Balm untuk Melembapkan Bibir Kering

Lip balm bekerja dengan dua langkah. Pertama, lip balm mengandung bahan yang dapat memberikan kelembapan pada kulit bibir yang kering. 

Kedua, lip balm juga mengandung bahan yang dapat melapisi bibir dengan lapisan pelindung dari paparan seperti bahan kimia dan sinar matahari, serta mencegah kelembapan ‘menguap’.

Formula yang terkandung dalam lip balm biasanya terdiri dari kandungan mentega, minyak, dan lilin untuk melembapkan bibir.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengaplikasikan lip balm minimal tiga kali sehari bisa menunjukkan hasil yang signifikan terhadap perbaikan kondisi bibir.

Artikel Lainnya: Jangan Menjilat Bibir Kering, Ini Alasannya

Selain itu, kini beberapa lip balm telah dilengkapi dengan bahan untuk menangkal pengaruh buruk sinar ultraviolet (UV) yang ditandai dengan tulisan sun protection factor (SPF).

SPF adalah indikator seberapa baik sunscreen dapat memantulkan sinar UVB. Jadi, SPF itu bukanlah bahan kandungan, melainkan indikator.

Sama seperti area kulit lainnya, bibir juga rentan terkena pengaruh buruk sinar UV. Untuk itu, gunakanlah lip balm dengan kandungan tabir surya. Aplikasikan rutin karena ketika Anda makan, minum, atau berbicara, lip balm akan lebih cepat hilang.

2 dari 3 halaman

Tips Memilih Lip Balm untuk Melembapkan Bibir

Banyaknya lip balm di pasaran mungkin membuat Anda bingung untuk memilih. Agar manfaat lip balm bisa diperoleh secara optimal, jangan cuma mengandalkan harga yang murah. Berikut adalah beberapa tips memilih lip balm yang baik:

1. Memiliki SPF

Selain berfungsi untuk melembapkan bibir, lip balm yang mengandung SPF mampu melindungi bibir dari kerusakan akibat sinar ultraviolet. Dengan adanya SPF, maka bibir akan terhindar dari perubahan warna (menghitam) ataupun makin kering.

2. Tanpa Pewangi dan Perasa Tambahan

Biasanya salah satu alasan orang memilih lip balm adalah warna dan baunya, seperti aroma vanila, stroberi, jeruk, cokelat, dan lain-lain. Padahal, Anda disarankan untuk memilih lip balm tanpa tambahan pewangi ataupun perasa.

Dengan ditambahkannya pewarna dan pewangi, lip balm dikhawatirkan dapat berisiko merusak bibir dan menyebabkan iritasi.

Artikel Lainnya: Bibir Kering dan Pecah-Pecah? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya 

3. Mengandung Emollient

Pilihlah lip balm yang mengandung emollient karena secara alami akan melembapkan dan melembutkan bibir. Untuk itu, cari  lip balm yang memiliki kandungan petrolatum atau petroleum jellybeeswaxshea buttercocoa butter, serta minyak almon atau minyak jojoba.

4. Mengandung Synthetic Ceramides

Ceramides merupakan struktur pembentuk barrier (pembatas) kulit yang berfungsi untuk melembapkan kulit. Dengan kandungan ini, kulit bibir akan semakin lembap dan sehat.

5. Tanpa Kandungan Fenol dan Minyak Peppermint

Fenol dan minyak peppermint sering kali diandalkan untuk mengelupas kulit bibir atau sel-sel kulit mati. Jika dua kandungan tersebut ada di dalam lip balm Anda, maka bibir justru bisa mengelupas, dan kelembapannya pun akan ikut hilang.

6. Bergantung Jenis Musim 

Pemilihan lip balm dapat bergantung dari cuaca tempat tinggal Anda. Jika Anda tinggal di tempat yang dingin dan cenderung kering, sebaiknya pilih lip balm  yang mengandung jojoba, almon, minyak zaitun, atau shea butter. Bahan-bahan tersebut dapat memberikan efek lembap secara instan.

Sementara itu, jika cuaca tempat tinggal Anda cenderung panas dan banyak cahaya matahari, pilihlah lip balm dengan minimal SPF 30. 

7. Perhatikan Kandungan Lain dalam Lip Balm 

Beberapa kandungan lip balm seperti paraben, butylated hydroxyanisole, petrolatum, homosalate, octinoxate, oxybenzone, dan beberapa kandungan bahan kimia lainnya dapat berisiko sebabkan alergi pada beberapa individu. Oleh sebab itu, sebelum membeli lip balm, perhatikan kandungannya dengan baik.

Meski penggunaannya sering dilupakan, ternyata manfaat lip balm untuk bibir kering tidak bisa disepelekan. 

Bila rutin digunakan dan produk yang dipilih sesuai, lip balm dapat diandalkan untuk membantu mengatasi bibir kering. 

Sebelum membeli lip balm, perhatikan beberapa tips di atas. Yuk, mulai rutin gunakan lip balm!

Informasi menarik lainnya seputar kesehatan bisa Anda peroleh dengan mengunduh aplikasi Klikdokter. Konsultasikan juga masalah bibir kering yang Anda alami kepada dokter melalui fitur Live Chat 24 jam.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar