Sukses

Efektivitas Lip Balm untuk Melembapkan Bibir

Lip balm kerap menjadi andalan untuk melembapkan bibir. Namun, apakah penggunaannya benar-benar efektif?

Klikdokter.com, Jakarta Bibir kering merupakan salah satu musuh utama wanita (termasuk pria). Lip balm pun kerap diandalkan untuk melembapkan bibir kering. Ada yang bilang kerja lip balm cukup efektif, tapi ada juga yang bilang bahwa penggunaannya justru membuat bibir makin kering. Sebetulnya mana yang benar?

Jika dibandingkan dengan area kulit tubuh lainnya, bibir hanya memiliki 2-4 lapisan, yaitu stratum korneum, yang menjadi pelindung lapisan kulit lainnya jauh lebih tipis. Oleh karena itu, kulit bibir jadi lebih rentan terhadap kerusakan. Bibir juga tak memiliki folikel rambut atau kelenjar minyak. Selain itu, bibir hanya mengandung sedikit sel melanin. Oleh karenanya, pembuluh darah yang melewati bibir makin terlihat dan memberikan warna kemerahan pada bibir Anda. Berbagai produk perawatan kulit wajah laku keras di pasaran. Namun, produk perawatan khusus untuk bibir (bukan lipstik, ya!) biasanya diabaikan.

Lip balm bekerja dengan dua langkah. Pertama, lip balm mengandung bahan yang dapat memberikan kelembapan pada kulit bibir yang kering. Kedua, lip balm juga mengandung bahan yang dapat melapisi bibir dengan lapisan pelindung dari paparan seperti bahan kimia dan sinar matahari, serta mencegah kelembapan “menguap”.

Formula yang terkandung dalam lip balm biasanya mengandung mentega, minyak, dan lilin untuk melembapkan bibir. Ada sebuah penelitian yang menyebutkan, mengaplikasikan lip balm minimal tiga kali sehari bisa menunjukkan hasil yang signigikan terhadap perbaikan kondisi bibir.

Secara statistik, setelah penggunaan rutin lip balm selama 2 minggu dan 4 minggu, hasilnya adalah scaling, bibir pecah-pecah, garis halus karena kondisi bibir yang kering, serta kondisi keseluruhan seperti warna, kontur, dan tekstur membaik secara signifikan.

Tips memilih lip balm

Begitu banyaknya lip balm di pasaran, manakah paling baik? Jangan cuma mengandalkan harga yang murah. Berikut di bawah ini adalah tips memilih lip balm.

  1. Gunakan lip balm yang mengandung SPF

Selain berfungsi untuk melembapkan bibir, lip balm yang mengandung SPF mampu melindungi bibir dari kerusakan akibat sinar ultraviolet. Dengan adanya SPF, maka bibir akan terhindar dari perubahan warna (menghitam) ataupun makin kering.

  1. Lip balm tanpa pewangi dan perasa tambahan

Biasanya salah satu alasan orang memilih lip balm adalah warna dan baunya, seperti aroma vanila, stroberi, jeruk, cokelat, dan lain-lain. Namun, dengan ditambahkannya pewarna dan pewangi, justru lip balm seperti ini dapat merusak bibir dan menyebabkan iritasi.

  1. Pilih lip balm yang mengandung emmolient

Pilihlah lip balm yang mengandung emmolient karena secara alami akan melembapkan dan melembutkan bibir. Carilah lip balm yang mengandung petrolatum atau petroleum jelly, beeswax, shea butter, cocoa butter, serta minyak almon atau minyak jojoba.

  1. Pilih lip balm yang mengandung synthetic ceramides

Ceramides merupakan struktur pembentuk barrier (pembatas) kulit yang berfungsi untuk melembapkan kulit. Dengan kandungan ini, kulit bibir akan semakin lembap dan sehat.

  1. Pilih lip balm tanpa kandungan fenol dan minyak peppermint

Fenol dan minyak peppermint sering kali diandalkan untuk mengelupas kulit bibir atau sel-sel kulit mati. Sehingga, jika dua kandungan tersebut ada di dalam lip balm Anda, maka bibir justru bisa mengelupas, dan kelembapannya pun akan ikut hilang.

Selain itu, kandungan lainnya yang juga bisa menyebabkan kulit kering (termasuk bibir) adalah mentol, asam salisilat, serta aldehida kayu manis.

Jika lip balm yang selama ini Anda gunakan sudah memenuhi lima kriteria di atas, selamat! Gunakan secara rutin, minimal tiga kali sehari atau minimal 8 jam perlindungan.

Untuk perlindungan ekstra, hindari sinar matahari terlalu lama serta hindari pemakaian lipstik yang tidak memiliki izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Dengan begitu, efektivitas lip balm untuk melembapkan bibir akan bekerja secara maksimal.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar