Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeGaya hidupSehat dan BugarTips Olahraga Jalan Kaki di Mal
Sehat dan Bugar

Tips Olahraga Jalan Kaki di Mal

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, 14 Okt 2021

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tahukah Anda bahwa jalan kaki di mal termasuk olahraga? Lakukan tips ini agar manfaatnya benar-benar terasa!

Tips Olahraga Jalan Kaki di Mal

Kapan terakhir kali Anda ke mal? Apakah Anda berkeliling di dalam mal dengan jalan kaki untuk menemukan toko atau tempat yang dituju? Jika memang demikian, selamat! Anda baru saja melakukan olahraga dengan cara yang simpel dan menyenangkan: jalan kaki di mal!

Olahraga tak melulu dilakukan di lapangan atau pusat kebugaran. Jalan kaki di mal juga termasuk olahraga yang bisa dengan mudah Anda lakukan.

Jalan Kaki di Mal Termasuk Olahraga?

Olahraga mendatangkan berbagai manfaat sehat. Salah satunya untuk mencegah risiko penyakit.

Durasi olahraga yang disarankan untuk mengurangi risiko penyakit adalah 150 menit per minggu. Anda dapat membaginya menjadi olahraga 30 menit sehari, sebanyak 5 kali dalam seminggu.

Artikel Lainnya: Kesalahan Olahraga Jalan Kaki yang Harus Dihindari

Sejatinya, olahraga tak melulu harus dilakukan di lapangan atau pusat kebugaran. Di dalam mal, Anda juga bisa melakukan aktivitas sehat tersebut sambil ‘cuci mata’. Terdengar menggiurkan, bukan?

Faktanya, dengan berjalan kaki di mal selama 30 menit, Anda sama saja sudah melakukan olahraga yang dianjurkan oleh para ahli.

Tentunya, ‘olahraga’ di mal ini hanya sebagian dari dosis optimal olahraga yang direkomendasikan oleh para pakar untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

Oleh karena itu, jalan kaki di mal saja tidak cukup untuk dijadikan pilihan olahraga satu-satunya yang Anda lakukan. Anda tetap harus berolahraga rutin di hari lain saat Anda tidak sedang berjalan-jalan ke pusat perbelanjaan ini.

Manfaat Jalan Kaki di Mal

Jika dilakukan dengan cara yang tepat, jalan kaki di mal terbukti bisa memberikan manfaat sebagai berikut:

  • Tidak Terpengaruh Cuaca

Di dalam mal, pejalan kaki dapat berpakaian dengan nyaman dan tidak perlu khawatir dengan angin, hujan, atau panas.

  • Aman dari Lalu Lintas

Dengan jalan kaki di dalam mal, Anda tidak perlu khawatir dengan ancaman tertabrak mobil atau motor. Tidak ada persimpangan untuk menyeberang, tidak ada kaca pecah atau semak yang menghalangi jalan, tidak ada asap mobil atau hal-hal lainnya. Mal adalah lokasi olahraga yang lebih aman dan sehat!

  • Ketersediaan Toilet dan Makanan

Di dalam mal, toilet, makanan, dan minuman sangat mudah ditemukan. Dengan begitu, Anda tak perlu menahan kencing, merasa kelaparan, atau haus berlebih setelah berkeliling mal selama 30 menit.

Artikel Lainnya: Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan Mental

  • Bebas Melangkah

Tidak ada tekanan untuk bergerak lebih cepat atau lebih lambat saat Anda berjalan di dalam mal. Pusat perbelanjaan tersebut menyambut semua orang, tak peduli seberapa sehat dan kuat Anda.

Tips Olahraga Jalan Kaki di Mal

Di antara deretan manfaat di atas, jalan kaki di mal tetap memiliki kelemahan. Salah satu yang paling kentara adalah kemungkinan Anda berjalan sangat lambat.

Hal tersebut dapat membuat Anda tidak bisa mengatur kecepatan jalan seperti yang dianjurkan para ahli kesehatan.

Berikut beberapa tips untuk optimalkan ‘olahraga’ Anda saat di mal:

  • Demi mendapatkan hasil yang maksimal dari jalan kaki di mal, mulailah dengan langkah yang ringan sebagai pemanasan selama 3–5 menit.
  • Kemudian, percepat langkah sehingga Anda bisa bernapas lebih cepat dari biasanya. Pertahankan kecepatan ini setidaknya 10 menit.
  • Anda juga dapat menambahkan interval intensitas yang lebih tinggi, misalnya dengan melewati anak tangga atau berjalan secepat yang Anda bisa selama 30 detik hingga 1 menit. 
  • Di akhir perjalanan, lambatkan langkah selama beberapa menit.
  • Permukaan mal yang terbuat dari ubin dan cenderung keras membuat Anda tidak boleh sembarangan memilih sepatu. Anda perlu mempertimbangkan penggunaan sepatu dengan lebih banyak bantalan untuk mengurangi dampak buruk pada kaki.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk mencoba jalan kaki mengelilingi mal favorit Anda? Pastikan Anda tidak terlena dengan barang-barang atau makanan yang dilihat selama berolahraga jalan kaki di mal, ya. 

Apabila memiliki pertanyaan seputar topik terkait ataupun masalah kesehatan lain, Anda bisa bertanya kepada dokter melalui layanan Live Chat 24 jam di aplikasi Klikdokter.

[WA]

Jalan KakiOlahraga

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter