Sukses

Cara Mudah untuk Mulai Meditasi

Segudang manfaat kesehatan menanti Anda lewat meditasi. Ikuti cara mudah melakukannya di bawah ini.

Klikdokter.com, Jakarta Untuk mencapai pikiran dan hati yang tenang, meditasi dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda. Tak ayal, lewat meditasi, Anda dapat mencapai tahap relaksasi yang mumpuni guna melepaskan pikiran dari berbagai macam kepenatan sehari-hari.

Meditasi merupakan aktivitas yang dilakukan dengan cara duduk diam, lalu memusatkan pikiran serta perasaan. Kegiatan meditasi mampu mendatangkan sederet manfaat bagi tubuh, termasuk menjaga kesehatan mental Anda.

Bagaimana cara mudah untuk memulai meditasi yang ideal? Dilansir dari Verywellmind.com, Anda dapat menerapkan meditasi dengan dibantu oleh fasilitas berikut.

1. Layanan musik online

Berlangganan layanan pemutaran musik online akan memberi Anda akses ke ratusan sesi meditasi. Cara ini terbilang praktis dengan bimbingan yang dilakukan secara bertahap.

2. Mendengarkan podcast

Apakah Anda ingin mempelajari meditasi secara lebih lanjut atau hanya mencari panduan singkat? Catat, sejumlah podcast telah menyediakan kesempatan belajar dan praktik oleh pembimbing profesional.

3. Situs resmi

Banyak situs resmi di internet yang menawarkan kiat melakukan meditasi terpandu secara gratis dalam format audio dan visual. Anda akan sangat terbantu untuk melakukan meditasi.

4. Aplikasi

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Cognitive and Behavioral Practice pada tahun ini, menemukan bahwa aplikasi dapat membantu kesehatan mental. Para peneliti memperingatkan pengguna bahwa aplikasi yang paling populer belum tentu memberikan manfaat paling banyak.

Namun, tidak selalu aplikasi terkait meditasi yang populer adalah yang paling pas untuk Anda. Diperlukan riset pribadi secara kecil-kecilan untuk menemukan pilihan aplikasi mediasi terbaik dan cocok bagi Anda.

5. YouTube dan kanal video sejenisnya

Jika ingin sajian visual tentang bagaimana orang lain mempraktikkan meditasi yang benar, Anda dapat menikmati demonstrasi video di YouTube dan situs web video lainnya. Hal ini dapat membantu Anda memulai meditasi, khususnya yang sempat merasa bingung di tahap awal.

6. Studio yoga

Jika Anda ingin mencoba meditasi dengan arahan secara langsung, datanglah ke studio khusus meditasi tertentu seperti yoga. Cara ini bisa dibilang aman karena Anda akan dibimbing oleh instruktur profesional.

Segudang manfaat meditasi untuk kesehatan

Lebih dari sekadar menenangkan diri serta memusatkan pikiran, meditasi adalah jalan menuju segudang manfaat terkait kesehatan. Dengan meditasi, seseorang mampu melepaskan beban pikiran yang dapat menumpuk dan mengganggu kesehatan mental.

“Menurut beberapa penelitian, meditasi dinyatakan sebagai kegiatan yang bermanfaat untuk memperbaiki gejala gangguan cemas dan depresi, yang pada akhirnya meningkatkan kesehatan mental itu sendiri,” kata dr. Nadia Octavia dari KlikDokter.

Selain itu, riset oleh University of Wisconsin di Amerika Serikat menyebutkan bahwa responden yang melakukan meditasi selama delapan minggu secara rutin mengalami penurunan tingkat stres dan cenderung lebih optimis dalam menjalani hidup. Hal ini pada akhirnya membuat mereka terhindar dari beragam penyakit berbahaya yang dicetuskan stres.

Masih ragu menjalani meditasi? Terapkan lewat cara mudah di atas, lalu capai ketenangan yang maksimal agar segala beban dapat terlepas dalam benak. Tak lupa, terapkan juga hidup sehat dengan berolahraga dan makan makanan bergizi. Mengurangi kebiasaan buruk seperti rokok dan minum alkohol juga mampu mengantarkan Anda pada kondisi kesehatan yang lebih baik.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar