Sukses

Latihan Yoga yang Cocok untuk Anak

Aktivitas yoga ternyata tidak hanya baik bagi orang dewasa saja. Anak-anak juga bisa mendapatkan manfaat dari olahraga yang satu ini.

Klikdokter.com, Jakarta Memastikan bahwa anak melakukan aktivitas fisik secara rutin dapat membantu proses tumbuh kembang mereka berjalan dengan baik. Di antara berbagai jenis olahraga yang dapat dilakukan anak, yoga dapat menjadi salah satu pilihan yang baik.

Memperkenalkan yoga kepada anak sejak usia dini dapat membantu mereka mempelajari kebiasaan pola hidup yang sehat serta, membangun fondasi yang baik agar mereka dapat terus hidup sehat hingga tumbuh dewasa kelak.

Yoga merupakan olahraga yang mempraktikkan integrasi dari jiwa dan raga tubuh. Kegiatan yoga yang mencakup latihan teknik pernapasan, melakukan postur-postur fisik tertentu, peregangan, serta relaksasi dapat membawa sederet manfaat bagi anak.

Lalu, apa saja manfaat yang didapat oleh anak dari olahraga yoga?

1. Meningkatkan fleksibilitas tubuh

Yoga dapat membangun kekuatan fisik karena anak menggunakan otot-otot tubuh yang sebelumnya tidak aktif. Saat melakukan pose berdiri, duduk, atau berbaring, hal ini dapat menggunakan kelompok otot yang berbeda-beda, sehingga membuat tubuh anak menjadi lebih fleksibel.

2. Mengembangkan keseimbangan dan koordinasi

Keseimbangan merupakan salah satu elemen penting yoga. Pose-pose yang dilakukan pada yoga juga melatih keseimbangan, misalnya dengan berdiri menggunakan satu kaki. Koordinasi juga berkaitan erat dengan keseimbangan, karena yoga juga melatih kemampuan motorik kasar anak.

3. Membangun fokus dan konsentrasi

Sebagian pose-pose yang dilakukan pada aktivitas yoga juga ditujukan untuk membuat pikiran menjadi jernih. Karena itulah, yoga dapat membantu anak berkonsentrasi dengan baik. Salah satu penelitian juga menunjukkan bahwa anak yang melakukan yoga cenderung dapat meningkatkan kemampuan berkonsentrasi di sekolah dan mendapatkan nilai yang lebih baik.

4. Mengurangi rasa cemas dan stres pada anak

Seiring dengan melakukan latihan pose-pose tertentu, yoga akan meningkatkan rasa percaya diri anak dan membuat perasaan anak menjadi lebih tenang. Apabila sering dipraktikkan, yoga dapat membantu menurunkan rasa cemas dan stres pada anak.

1 dari 2 halaman

Latihan yoga pada anak

Lalu, latihan yoga seperti apakah yang baik dan cocok untuk anak? Menurut artikel yang dilansir dari Harvard Health, berikut adalah beberapa latihan yoga sederhana yang dapat dilakukan oleh anak.

● Olahraga pernapasan sederhana

  • Tarik napas dalam dan tahan sampai hitungan ketiga.
  • Hembuskan napas seketika, seperti meniup lilin.
  • Ulangi hingga lima siklus pernapasan.

● Pernapasan burung terbang

  • Berdiri tegak, dengan lengan di samping dan kaki dibuka selebar pinggang.
  • Tarik napas dalam, sambil menggerakkan lengan ke atas, hingga kedua lengan bertemu di atas kepala. Pastikan bahwa sendi siku tetap lurus.
  • Buang napas secara perlahan dan bawa kedua lengan kembali ke samping.
  • Ulangi gerakan sesuai pola pernapasan: Tarik napas saat lengan diangkat, dan buang napas saat lengan diturunkan.

Aktivitas fisik merupakan elemen yang penting pada kehidupan anak. Yoga dapat menjadi salah satu pilihan olahraga yang dilakukan anak. Yoga yang dilakukan oleh anak sebaiknya sederhana dan tidak terlalu ekstrem. Dengan ini, anak mendapatkan manfaat dari berbagai aktivitas yoga yang dilakukan, seperti memperlancar pernapasan, meningkatkan fleksibilitas tubuh, menunjang konsentrasi, membangun rasa percaya diri, dan membantu meredakan rasa cemas dan stres.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar