HomeInfo SehatKesehatan UmumPusing Setelah Berdiri Tiba-Tiba, Ini Alasannya
Kesehatan Umum

Pusing Setelah Berdiri Tiba-Tiba, Ini Alasannya

dr. Karin Wiradarma, 12 Apr 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Pusing ketika berdiri tiba=tiba banyak terjadi. Apa penyebab pusing saat berdiri? Bagaimana cara mengatasi pusing saat berdiri? Ini lengkapnya.

Pusing Setelah Berdiri Tiba-Tiba, Ini Alasannya

Anda mungkin pernah mengalami kejadian mendadak terlonjak dari tempat tidur untuk membuka pintu, menggendong anak yang menangis, atau mengangkat telepon. 

Saat berdiri mendadak, tiba-tiba Anda merasa dunia berputar, pusing, dan membuat tubuh tidak seimbang. Pusing ketika berdiri tiba-tiba cukup sering dialami sebagian besar orang, khususnya pada orang yang lebih tua.

Pusing ketika berdiri mendadak dapat disebabkan beberapa kondisi, di antaranya karena  infeksi telinga dalam (labyrinthitis), migrain, stres, atau cemas.

Selain itu, pusing dapat juga disebabkan oleh kadar gula darah rendah (hipoglikemia), tekanan darah rendah (hipotensi), dan dehidrasi. Lantas, bagaimana pusing saat bangun dari duduk bisa terjadi?

Penyebab Pusing saat Berdiri Tiba-tiba

Pusing ketika berdiri mendadak ada hubungannya dengan tekanan darah. Kondisi ini disebut hipotensi ortostatik, yakni tekanan darah yang asalnya berada di bagian atas tubuh, terutama kepala, menurun ketika Anda berdiri. 

Sensasi tersebut yang menjadi penyebab pusing saat berdiri. Keluhan lain yang kerap muncul akibat hal itu adalah kepala terasa ringan. Biasanya, pembuluh darah di bagian atas tubuh menyempit agar tekanan darah tetap stabil ketika Anda berdiri. 

Artikel lainnya: Pusing Usai Makan, ini Penyebabnya

Kondisi ini pada umumnya tidak berlangsung lama karena pembuluh darah Anda akan menyesuaikan diri secara perlahan.

Namun, perlu diingat, banyak faktor lain yang dapat memengaruhi kondisi pusing saat berdiri. Faktor tersebut termasuk dehidrasi, obat-obatan, kondisi jantung, dan masalah neurologis. 

Bahkan, beberapa kondisi tersebut bisa berkaitan dengan gangguan pada kontrol tekanan darah.

Jika kondisi ini terjadi pada Anda, biasakan diri untuk mengambil aba-aba sejenak sebelum berdiri. Berdirilah secara perlahan agar tubuh dapat menyesuaikan dengan gravitasi.

Apakah Berbahaya?

Jika pusing ketika berdiri terjadi sesekali, Anda tidak perlu khawatir. Namun, jika pusing saat berdiri terjadi cukup sering, Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk menemukan penyebabnya jika kondisi tersebut baru terjadi dan terus berkelanjutan.

Kemungkinan terburuk dari pusing saat berdiri adalah:

  • Kehilangan keseimbangan.
  • Risiko jatuh meningkat.
  • Pingsan; terutama pada orang tua.
  • Dapat menjadi potensi risiko stroke yang menandakan bahwa suplai darah ke otak Anda sering terganggu.

Artikel lainnya: Penyebab Pusing yang Disertai Mual 

Cara Mengatasi Kepala Pusing saat Berdiri

Bagaimana cara mengatasi pusing saat berdiri? Agar pusing ketika berdiri mendadak tidak mengganggu aktivitas, Anda bisa mengikuti saran berikut ini.

  • Periksa tekanan darah secara berkala, bandingkan saat berbaring dan berdiri, juga saat Anda mengalami keluhan.
  • Hentikan konsumsi obat-obatan yang dapat menurunkan tekanan darah. Diskusikan hal ini dengan dokter Anda terlebih dahulu.
  • Konsumsi garam sekitar 10 gm/hari secara hati-hati. Konsumsi berlebihan justru dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.
  • Kemiringan kepala saat tidur sekitar 15-20 derajat (4-6 inci). Coba untuk tidak selalu berbaring di tempat tidur.
  • Hindari perubahan posisi menjadi berdiri secara tiba-tiba, terutama setelah makan.
  • Hindari cuaca atau suhu udara panas.

Apabila setelah melakukan hal di atas, pusing saat bangun dari duduk masih sering terjadi, Anda dapat melakukan pemeriksaan tekanan darah dan profil darah. 

Selain mengonsultasikan kondisi tersebut kepada dokter, terapkan gaya hidup sehat, seperti konsumsi makanan bergizi, rutin olahraga, serta mencukupi waktu tidur.

Cari tahu informasi kesehatan lainnya dengan membaca artikel di aplikasi KlikDokter.

(OVI/JKT)

tekanan darahberdiriPusing

Konsultasi Dokter Terkait