Sukses

6 Cara Bangun Tidur Lebih Pagi di Akhir Pekan

Saat akhir pekan tiba, bukan berarti Anda boleh bermalas-masalan. Yuk, bangun tidur lebih pagi dengan kiat-kiat berikut ini!

Klikdokter.com, Jakarta Setelah menjalani aktivitas seminggu penuh, tentunya Anda ngin “balas dendam” dengan memanfaatkan hari libur di akhir pekan untuk tidur lebih lama. Padahal, bangun tidur lebih awal di saat tidak bekerja memberikan berbagai manfaat yang baik bagi tubuh. Selain itu, bangun pagi juga bisa membuat Anda lebih cepat menuntaskan segala bentuk urusan yang perlu diselesaikan.

Merasa susah untuk membiasakan bangun pagi di akhir pekan? Dilansir dari Everyday Health, ini dia beberapa tips untuk membantu Anda bisa bangun lebih pagi di akhir pekan:

  1. Tanamkan niat yang kuat

Michelle Segar, PhD, peneliti asal University of Michigan di Ann Arbor, Amerika Serikat, mengatakan bahwa untuk mengubah hidup - termasuk bangun tepat waktu - Anda perlu mendefinisikan dengan jelas mengapa hal itu penting bagi Anda.

Apa motivasi Anda? Apakah Anda ingin bangun pagi untuk sarapan bersama keluarga, berolahraga, atau ingin lebih siap dalam menghadapi hari?

Setelah menguatkan alasan Anda, beri tahu pasangan atau anggota keluarga lainnya tentang perubahan yang ingin Anda buat. Dengan begitu, mereka akan mendukung usaha Anda, misalnya dengan tidak berisik menjelang waktu tidur atau menghindari mengajak nonton televisi hingga larut malam.

  1. Tidur di waktu yang sama seperti hari kerja

Di hari Jumat biasanya Anda akan berkumpul dengan teman hingga larut malam karena esok harinya Anda bisa beristirahat lebih lama. Namun menurut dr. Rio Aditya dari KlikDokter, dengan tidur di waktu yang sama seperti hari kerja, akan lebih mudah bagi Anda untuk bangun pagi.

“Bangun tidur dan memulai tidur pada jam atau waktu yang sama setiap harinya dapat mengaktifkan jam alami tubuh. Karena itu, cobalah untuk tidur sedekat mungkin dengan jam tidur Anda setiap harinya bila tetap ingin bangun pagi di hari libur,” ucapnya.

  1. Siapkan segala kebutuhan sebelum tidur

Agar saat terbangun di pagi hari Anda merasa lebih tenang, siapkan apa yang ingin Anda lakukan untuk bangun di keesokan paginya agar tidak panik dan terburu-buru.

Jika Anda memutuskan ingin menikmati sarapan bersama keluarga, simpan waktu malam sebelumnya dengan membereskan pakaian, menyelesaikan tugas-tugas penting terkait kerjaan, dan urusan lainnya. Begitupun ketika hendak berolahraga, siapkan kostum dan perlengkapan yang mendukung. Dan ingat, jangan lupa pasang alarm!

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  1. Matikan perangkat elektronik sebelum tidur

Anda terbiasa menyalakan perangkat elektronik seperti televisi hingga gawai menjelang tidur? Jika ya, hentikan kebiasaan ini mulai dari sekarang. Sebab, kebiasaan tersebut justru akan menunda waktu istirahat karena keasyikan menggunakannya.

Studi yang dilakukan oleh Mayo Clinic  pada 2013 menyebutkan bahwa menggunakan perangkat elektronik sebelum tidur dapat mencegah produksi hormon melatonin. Menyoal hal ini, dr. Nadia Octavia dari KlikDokter pun menjelaskan, “Hormon melatonin ini berguna dalam membantu seseorang untuk tidur. Jadi, hindari penggunaan perangkat elektronik setidaknya 1 jam sebelum Anda tidur.”

  1. Akali kebiasaan menunda alarm

Kini banyak orang yang menekan “snooze” untuk menunda alarm yang telah berbunyi agar bisa tidur lebih lama beberapa menit. Uniknya lagi, ada orang yang sengaja memasang alarm untuk beberapa waktu. Biasanya, ketika alarm pertama berbunyi, ia akan mematikannya dan menunggu hingga alarm ke sekian.

Sebaiknya, hentikan kebiasaan ini. Lebih baik, pasang satu alarm yang Anda letakkan cukup jauh dari jangkauan kasur atau tempat Anda tidur. Sehingga, Anda pun kesulitan untuk menunda alarm dan mau tak mau akan bangun untuk mematikannya.

  1. Konsultasikan pada ahlinya

Gangguan tidur seperti sleep apnea, insomnia, hingga depresi, bisa membuat Anda sulit tidur. Meski telah berusaha untuk tidur, di pagi harinya Anda akan tetap merasakan badan lemas. Jika Anda sampai mengalaminya, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter untuk segera mendapatkan diagnosis yang tepat. Lewat konsultasi ini, pihak medis akan mencari akar permasalahan dan memberikan penanganan yang biasanya berupa terapi atau obat-obatan.

Bangun tidur lebih pagi memang tak mudah, terutama bagi Anda yang ingin beristirahat lebih lama dan bermalas-malasan setelah bekerja keras satu minggu sebelumnya. Tapi, dengan bangun lebih awal, Anda akan memiliki waktu lebih banyak untuk bergerak, misalnya dengan joging di pagi hari.

Jika memang di hari kerja Anda sulit mengatur waktu untuk berolahraga, hari libur di akhir pekan bisa menjadi momen yang pas bagi Anda untuk tetap menjaga kesehatan tubuh dengan rutin berolahraga. Tunggu apa lagi? Yuk, ikuti berbagai tips di atas agar bisa bangun tidur lebih pagi di akhir pekan!

[NP/ RVS]

1 Komentar