Sukses

6 Makanan dan Minuman Ini Bikin Kulit Kusam

Mempunyai kulit yang cerah pasti jadi dambaan semua orang. Namun ada makanan dan minuman yang dapat membuat kulit kusam. Apa saja?

Klikdokter.com, Jakarta Kulit kusam adalah masalah banyak orang, terutama yang sering beraktivitas di luar ruangan. Debu, polusi, dan paparan sinar matahari dapat memperburuk kondisi kulit ini. Selain itu, ada pula sejumlah makanan dan minuman yang juga bisa membuat kulit menjadi tambah kusam.

Nah, agar wajah Anda tidak terlihat semakin kusam, ada beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari. Berikut di bawah ini adalah beberapa di antaranya:

  1. Makanan yang mengandung kadar glukosa tinggi

Saat mengonsumsi makanan berkadar glukosa tinggi, tubuh akan memberikan merespons dengan meningkatkan produksi insulin agar gula dapat masuk ke dalam sel tubuh. Namun, lonjakan kadar insulin secara mendadak justru memberikan dampak yang tidak baik bagi kulit. Akibat dari kondisi ini, kulit akan cenderung memproduksi minyak berlebihan sehingga mempermudah terjadinya penyumbatan pada pori-pori wajah kita.

Kadar glukosa yang tinggi dapat meningkatkan faktor-faktor yang dapat memicu terjadinya peradangan. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada jaringan kolagen, sehingga kulit akan tampak menjadi kusam dan keriput.

  1. Garam

Garam dikenal juga dengan nama sodium. Sodium ini bersifat menarik air. Karena itulah, apabila kadar garam dalam tubuh meningkat, cairan dalam sel, termasuk sel kulit dapat tertarik keluar sel. Akibatnya, hidrasi sel kulit akan berkurang dan kulit akan menjadi kering dan tampak lebih kusam.

  1. Makanan yang mengandung banyak minyak

Gorengan merupakan contoh makanan yang banyak mengandung minyak. Seperti yang diketahui, minyak identik dengan lemak jenuh atau lemak jahat. Hal ini dapat mengakibatkan terbentuknya penyumbatan pada pembuluh darah sehingga aliran darah ke sel, termasuk sel kulit menjadi tidak lancar. Selain itu, proses ini dapat memicu peningkatan faktor-faktor peradangan dan radikal bebas dalam tubuh kita. Hasilnya, keriput dan kusam pada kulit pun terjadi.

  1. Alkohol

Alkohol dapat menghambat hormon anti-diuretik. Hormon ini mengatur kadar air yang terdapat dalam tubuh kita. Oleh karena hormon anti-diuretik ini dihambat, tubuh akan mengeluarkan cairan secara berlebihan sehingga akan terjadi dehidrasi (kekurangan cairan). Akibatnya, air yang terdapat di dalam kulit pun akan tertarik keluar dan menyebabkan kulit menjadi kering dan kusam.

Selain itu, alkohol juga menyebabkan mineral dan vitamin terhambat untuk masuk ke dalam sel kulit. Hal ini akan menyebabkan kulit menjadi tampak kusam.

  1. Soda

Soda adalah minuman berkarbonasi, dimana karbon dioksida diinfuskan pada air. Minuman berkarbonasi ini dapat mengganggu keseimbangan asam-basa pada tubuh kita atau yang dikenal dengan pH tubuh. Hal ini dapat menyebabkan pH kulit terganggu sehingga kulit menjadi kusam.

  1. Makanan kaleng olahan

Makanan kaleng olahan pada umumnya mengandung sedikit serat dan memiliki indeks glikemik yang tinggi. Selain itu, pengawet yang terdapat dalam makanan kaleng olahan juga perlu dicermati, terutama unsur natrium yang terdapat dalam makanan kaleng. Unsur natrium ini juga terdapat pada garam, yaitu natrium klorida.

Hindari makanan dan minuman di atas agar Anda tidak mengalami kondisi kulit kusam baik pada wajah maupun tubuh. Selain teratur makan sayur dan buah, rutin menggunakan skincare wajah juga dapat mengusir kulit kusam. Selain itu, minumlah air putih yang cukup sehingga dapat membantu untuk menjaga kelembapan kulit. 

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar