Sukses

Tangan Sering Sakit? Hati-Hati Saraf Terjepit

Waspada jika tangan sering sakit, apalagi jika Anda bekerja menggunakan tangan setiap hari. Bisa jadi itu saraf terjepit.

Klikdokter.com, Jakarta Apakah Anda sering mengalami nyeri atau kesemutan di sekitar tangan? Seberapa sering Anda melakukan pekerjaan dengan menggunakan tangan pada posisi yang sama dan jarang berubah? Jika Anda sering mengalami kesemutan, mungkin ada saraf terjepit di sekitar pergelangan tangan Anda. Mari cari tahu lebih dalam tentang kondisi tersebut.

Memahami carpal tunnel syndrome (CTS)

Saraf di sekitar pergelangan tangan juga bisa terjepit. Kondisi ini disebut dengan carpal tunnel syndrome (CTS), atau sindrom terowongan/lorong karpal. CTS terjadi ketika jari dan pergelangan tangan terasa nyeri atau kesemutan. Hal ini dapat disebabkan oleh penggunaan tangan yang berlebih, seperti mengulek, mencuci baju, mengetik di komputer, menggunakan mouse komputer, maupun menulis.

Kehamilan dan penyakit lain yang menyertai seperti hipotiroid, diabetes mellitus, dan artritis reumatoid juga dapat memicu CTS. Angka kejadian CTS sendiri banyak terjadi pada wanita dibandingkan pria dengan rata-rata usia sekitar 30 tahun. Oleh sebab itu, jangan mengira bahwa CTS ini adalah penyakit para orang tua.

Selain nyeri atau kesemutan, gejala CTS terkadang disertai dengan rasa panas atau terbakar yang mengganggu. CTS sering membuat seseorang pergi mencari pertolongan ke dokter dikarenakan rasa tidak nyaman yang muncul.

Apabila gejala CTS tidak segera diobati, dapat menimbulkan kerusakan saraf median yang permanen. Kerusakan saraf inilah yang akan membuat otot-otot sekitar tangan menjadi mengecil dan akan sulit menggerakkan jari-jari.

Dalam menegakkan diagnosis CTS, diperlukan wawancara medis, pemeriksaan fisik, dan jika perlu pemeriksaan penunjang berupa elektromiografi. Biasanya dokter akan mengetuk di sekitar pergelangan tangan. Pada seseorang yang memiliki CTS, maka akan terasa kesemutan di sekitar pergelangan tangan. Atau saat dokter meletakkan pergelangan tangan di depan dada selama kurang lebih 1 menit, seseorang dengan CTS akan merasa kesemutan di sekitar jari tangan.

Cara mengurangi gejala CTS

Hingga saat ini, pengobatan khusus untuk menangani CTS belum ada. Namun, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi gejala CTS yang mengganggu, seperti:

  • Mengistirahatkan tangan yang sakit, dengan mengompresnya menggunakan air dingin selama 10-15 menit setiap 1-2 jam sekali.
  • Menggunakan band atau splint untuk membebat pergelangan tangan Anda saat tidur. Biasanya penggunaan band atau splint ini membantu meringankan gejala yang muncul.
  • Jika nyeri sangat tidak tertahankan, Anda bisa mengonsumsi obat antinyeri. Dan apabila perlu, dapat dikombinasi dengan injeksi kortikosteroid untuk mengurangi peradangan atau injeksi anestesi untuk menekan rasa nyeri yang berkepanjangan. Tentunya harus sesuai dengan indikasi dan hasil pemeriksaan dokter.
  • Jika gejala semakin memburuk, dokter mungkin akan menyarankan pasien untuk melakukan tindakan pembedahan demi melepaskan saraf median yang terjepit.

Bagi Anda yang berisiko mengalami CTS, hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk mencegahnya adalah menghindari pekerjaan atau aktivitas yang menggunakan tangan secara terus-menerus. Jika memang terpaksa, jangan lupa untuk rutin mengistirahatkannya agar tak terjadi saraf terjepit. Apabila Anda merasakan gejala kesemutan disertai nyeri, lakukan pemeriksaan segera ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar