Sukses

Tips Sukses Program Bayi Tabung

Bayi tabung bisa menjadi solusi terbaik untuk pasangan yang sulit memiliki momongan. Bagaimana agar program ini berjalan dengan sukses?

Klikdokter.com, Jakarta Bayi tabung atau In Vitro Fertilization (IVF) adalah suatu prosedur medis dimana sel telur wanita dibuahi oleh sel sperma pria di luar rahim. Proses ini bertujuan untuk menghasilkan embrio, yang kemudian dibekukan atau dilakukan transfer ke dalam rahim wanita dengan harapan akan terjadi kehamilan.

Meski sangat mungkin membantu pasangan yang menginginkan momongan, program bayi tabung juga cukup menghabiskan biaya dan dapat menjadi masa-masa yang penuh stres bagi yang melakukannya. Angka kesuksesan bayi tabung pun bervariasi, kurang lebih 20–35 persen saja.

Kendati begitu, setiap pasangan yang menjalankan program bayi tabung tetap bisa berupaya agar angka kesuksesan menjadi tinggi. Untuk hal ini, berikut beberapa upaya yang mesti dilakukan:

  1. Menjaga pola makan

Selama menjalani program bayi tabung, Anda sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang. Salah satu pola makan yang disarankan adalah diet mediteranian, yang berdasarkan riset dapat membantu kesukseskan program bayi tabung.

Diet mediteranian mengutamakan konsumsi buah dan sayur, sumber protein minim lemak, biji-bijian, susu rendah lemak, dan sumber lemak yang sehat.

  1. Cukup istirahat

Sebuah studi tahun 2013 menemukan bahwa mereka yang tidur 7–8 jam per hari memiliki angka kehamilan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan mereka yang tidur kurang atau lebih dari angka tersebut. Jadi, jangan sepelekan waktu tidur, apalagi bila Anda sedang menjalani program bayi tabung.

  1. Hindari konsumsi sembarang obat

Sebelum memulai program bayi tabung, diskusikan semua obat-obatan yang Anda konsumsi secara rutin dengan dokter. Perhatikan pula konsumsi obat selama menjalani program tersebut, karena ditakutkan malah menganggu kerja obat yang digunakan untuk proses bayi tabung.

Obat-obatan, seperti obat alergi, acetaminophen, ibuprofen, suplemen, obat resep, perlu dilaporkan kepada dokter Anda. Hal ini bertujuan agar obat yang Anda konsumsi rutin tidak bentrok dengan obat untuk kesuksesan program bayi tabung.

  1. Konsumsi suplemen

Terdapat beberapa supplemen yang dapat Anda konsumsi untuk menunjang jika terjadi kehamilan setelah program bayi tabung.

Suplemen prenatal dapat mulai dikonsumsi beberapa bulan hingga minimal 30 hari sebelum memulai program. Tujuan utama dari tindakan ini adalah untuk menjaga kadar asam folat agar terus terpenuhi.

Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi minyak ikan yang dipercaya membantu perkembangan embrio. Pastikan pula tubuh Anda mendapatkan cukup vitamin D dari makanan, suplemen, atau sinar matahari.

  1. Hindari ejakulasi

Selama proses bayi tabung, akan diminta donor sperma untuk membuahi sel telur. Untuk memastikan donor sperma memiliki jumlah yang baik dan membantu kesuksesan bayi tabung, hindari ejakulasi 3–4 hari sebelum proses donor sperma dilakukan.

  1. Hindari bahan kimia tertentu

Beberapa bahan kimia tertentu dapat menggangggu kinerja sistem endokrin. Akibatnya, dapat menganggu kesehatan sistem reproduksi dan perkembangan janin.

Beberapa bahan kimia yang perlu diwaspadai, antara lain:

  • Formaldehyde (dapat ditemukan dalam cat kuku)
  • Paraben, triclosan, dan benzophenone (dapat ditemukan dalam kosmetik, pelembab, dan sabun)
  • BPA (dapat ditemukan dalam kemasan makanan)
  • Brominated flame retardants (dapat ditemukan dalam furniture, pakaian, alat elektronik, alas yoga)
  • Bahan perfluorinated (dapat ditemukan dalam alat masak anti-lengket, bahan anti-noda)
  • Dioxin (dapat ditemukan pada daging, produk susu, dan kerajinan tanah liat)
  • Phtalates (dapat ditemukan pada plastik, pelapis obat, kosmetik dengan wewangian)
  1. Coba lakukan akupunktur

Beberapa studi mengatakan bahwa akupunktur bermanfaat bagi wanita yang menjalani program bayi tabung. Metode tradisional ini dipercaya dapat menunjang aliran darah ke rahim dan indung telur, serta menstimulasi pelepasan neurotransmiter.

Program bayi tabung memang dapat menjadi solusi bagi pasangan suami istri yang kesulitan mendapatkan momongan. Namun, program ini tidaklah semudah kelihatannya. Banyak persiapan dan upaya yang perlu dilakukan agar menuai kesuksesan. Jadi, lakukanlah yang terbaik agar kehamilan bisa terjadi dan Anda beserta pasangan bisa segera mendapatkan keturunan.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar