Sukses

Ingin Anak Anda Sehat dan Aktif? Beri Superfood Ini!

Asupan makanan yang baik akan menunjang kesehatan dan tumbuh kembang anak. Beri si Kecil superfood ini agar ia selalu sehat dan kuat.

Klikdokter.com, Jakarta Di musim hujan seperti saat ini, penyakit akan lebih mudah menyerang. Tapi Anda tak perlu cemas. Makanan sehat dan bergizi seperti superfood bisa mendukung daya tahan tubuh Anak agar tetap sehat selama musim hujan. Dengan tubuh yang sehat dan kuat, pertumbuhannya pun akan berjalan secara optimal.

Sebagai orang tua, memilih bahan makanan yang tepat sangat vital untuk memenuhi nutrisi selama masa pertumbuhan anak. Dengan menambahkan lebih banyak superfood ke dalam menu keseharian si Kecil, Anda dapat memaksimalkan pemenuhan kebutuhan harian si Kecil akan vitamin, mineral, serat, dan lemak sehat.

Tapi, jangan bayangkan bahwa superfood adalah makanan yang susah dicari. Sebenarnya, ada beberapa jenis superfood yang dapat ditemukan dengan mudah di sekitar Anda. Untuk menginspirasi Anda, berikut enam makanan yang masuk ke dalam kategori superfood yang bisa diberikan kepada anak Anda:

  • Ikan dan makanan laut

Ikan merupakan sumber DHA dan asam lemak omega-3 yang bermanfaat bagi perkembangan otak. Jika anak Anda tidak menyukai salmon atau ikan tuna segar, cobalah berbagai ikan kaleng atau udang untuk membuatnya tertarik dengan makanan laut. Salah satu contohnya, Anda bisa menghidangkannya bersama pasta!

  • Sayuran berdaun hijau

Anda tentu pernah mendengar tentang keunggulan gizi sayuran hijau. Jenis sayuran ini kaya akan zat besi, kalsium, serat, vitamin C, asam lemak omega-3 dan folat. Tapi bagaimana caranya agar si Kecil menyukai sayuran hijau yang kerap dihindari oleh anak-anak?

Mulailah lebih awal dan jangan menyerah! Penelitian terbaru menunjukkan bahwa anak yang diperkenalkan dengan sayuran sejak bayi akan lebih sering makan sayuran daripada anak yang tidak diperkenalkan dengan sayuran sejak kecil.

Beberapa anak memang butuh waktu untuk menyukai sayuran hijau. Jadi, Anda tak boleh patah semangat. Mulailah menyajikannya dengan tampilan yang menarik, misalnya dibuat bentuk hewan, atau disajikan di alat makan bergambar tokoh kartun favoritnya.

  • Buah dan sayuran berwarna cerah

Buah manis seperti mangga, jeruk, atau nanas merupakan sumber vitamin A dan C, serta potasium dan lycopene yang baik bagi tubuh. Selain itu, jangan abaikan sayuran berwarna cerah. Jenis sayuran ini mengandung vitamin A, antioksidan yang tinggi, dan vitamin E. Contohnya adalah tomat, kentang, wortel dan paprika.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  • Buah dengan kadar air tinggi

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa lebih dari separuh anak-anak Amerika Serikat rentan terhadap dehidrasi. Nah, untuk membantu memenuhi kebutuhan air harian anak Anda, berikanlah ia buah-buahan dengan kadar air tinggi seperti semangka, melon, dan mentimun.

Jika anak Anda bukan penggemar buah, siasati dengan mencampurkan buah-buah tersebut ke dalam smoothie. Atau Anda juga bisa menyajikannya dalam bentuk popsicle buah yang pasti disukai anak-anak.

  • Selai kacang

Selain rasanya enak dan mudah didapatkan, selai kacang yang kerap memiliki reputasi buruk, ternyata ramah anak dan sangat bergizi, serta layak mendapat status superfood. Selain murah, mudah disimpan dan rasanya enak, setiap 2 sendok makan selai kacang mampu menyediakan hampir setengah dari kebutuhan protein anak prasekolah.

Selain itu, selai kacang juga mengandung magnesium, vitamin B, dan lemak sehat. Jangan ragu mengonsumsinya, campurkan di roti bekal sekolah si Kecil. Disarankan oleh dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, agar lebih sehat, pilihlah selai kacang yang rendah kandungan natrium dan gulanya. Anda bisa membandingkan AKG (Angka Kecukupan Gizi) beberapa brand sekaligus, yang biasanya tertera pada label kemasan sebuah produk.

“Perhatikan takaran sajian pada label kemasan. Pilih yang kadar gulanya setidaknya tidak melebihi 5g dalam satu takaran saji. Sehingga, anak tidak berisiko terkena diabetes,” jelasnya.

  • Yoghurt tanpa rasa

Makanan ini mengandung bakteri baik, protein, dan kalsium yang bermanfaat, yakni semua hal baik yang dibutuhkan anak-anak untuk menjaga tubuh mereka tetap sehat. Kini di supermarket telah banyak dijual beragam jenis yoghurt. Namun, pilihlah yang tidak mengandung gula tambahan. Untuk menambah rasa, Anda dapat menambahkan buah-buahan atau madu. Sehingga, rasanya lebih nikmat.

Demikianlah deretan superfood yang bisa Anda berikan kepada anak. Jika dikonsumsi secara rutin, jenis makanan sehat ini dapat membantu mendukung tumbuh kembang anak agar lebih optimal. Sehingga, anak Anda akan senantiasa sehat dan kuat, meski di musim hujan sekalipun.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar