HomeIbu Dan anakKesehatan Anak9 Manfaat Memelihara Anjing bagi Kesehatan Anak
Kesehatan Anak

9 Manfaat Memelihara Anjing bagi Kesehatan Anak

dr. Devia Irine Putri, 25 Okt 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Anjing sejak lama dikenal sebagai sahabat manusia. Memelihara anjing rupanya bisa memberikan sejumlah kebaikan bagi kesehatan anak.

9 Manfaat Memelihara Anjing bagi Kesehatan Anak

Salah satu binatang peliharaan yang sangat populer di masyarakat adalah anjing. Ya, selain karena binatang ini tergolong pintar, setia dan lucu, anjing juga bisa membantu menjaga rumah. 

Tak hanya itu, memelihara anjing juga bisa memberikan manfaat bagi kesehatan anak! Di bawah ini adalah beberapa manfaat memelihara anjing bagi anak

1. Anak Jadi Lebih Aktif Bergerak

Pakar kesehatan merekomendasikan kepada setiap orang untuk berolahraga 30 menit setiap harinya. Nah, jika anak memelihara anjing, ia pun lebih mungkin untuk mencapai tujuan tersebut. 

Sebab, sang pemilik akan lebih aktif bergerak dan berada di luar rumah untuk menemani anjing mereka berjalan.

Selain itu, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Gerontologist menemukan bahwa orang yang sering berjalan dengan anjingnya memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah dan jarang sakit.

2. Membantu Menghilangkan Stres

Manfaat Sehat Memelihara Anjing bagi Anak (Tropical-Studio/Shutterstock)

Ada alasan memelihara dan bermain dengan anjing bisa menjadi terapi yang sangat efektif. 

Pertama, menghabiskan hanya beberapa menit dengan hewan peliharaan dapat menurunkan kecemasan. Kedua, hal tersebut mampu menurunkan tekanan darah serta meningkatkan kadar serotonin dan dopamin.

Dua zat kimia saraf tersebut punya peranan besar dalam kebahagiaan jiwa seseorang. Itu sebabnya, memelihara anjing bisa membuat anak atau orang dewasa yang bekerja di bawah tekanan menjadi lebih rileks.

Artikel Lainnya: Anjing Tak Berhenti Menggonggong? Ini Sebabnya

3. Mencegah Alergi

Siapa sangka, salah satu manfaat memelihara anjing bagi anak adalah dapat mencegah alergi!

Saat penelitian kesehatan belum terlalu berkembang seperti sekarang ini, para ahli percaya bahwa memelihara hewan di rumah dapat memicu alergi pada anak. 

Namun, studi pada tahun 2018 dengan judul “Pet-keeping in early life reduces the risk of allergy in a dose-dependent fashion” menunjukkan hasil bahwa memelihara anjing dan kucing diduga memberikan perlindungan pada pembentukan alergi. 

Dengan begitu, terbiasa bermain dengan hewan bisa membantu mengembangkan sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat.

4. Menyehatkan Jantung

Memelihara anjing bermanfaat bagi kesehatan, karena tidak hanya mengurangi stres tetapi juga bisa membuat jantung lebih kuat. 

Diduga memelihara anjing dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi kadar kolesterol tinggi yang berkontribusi terhadap kesehatan kardiovaskular yang lebih baik secara keseluruhan. 

Lebih dari itu, pemilik anjing yang memiliki penyakit jantung memiliki tingkat ketahanan hidup yang lebih baik. 

5. Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi si Kecil

Anak dengan ADHD Bermain dengan Anjing

Seiring bertambahnya usia, biasanya anak-anak akan cenderung bergelut dengan dunianya sendiri dan malas untuk ke luar rumah. Namun, tidak demikian bagi pemilik anjing. 

Para peneliti telah menemukan bahwa sekitar 40 persen pemilik anjing memiliki teman yang lebih banyak dan mereka lebih lancar untuk berkomunikasi satu sama lain. 

Sebab, pemilik anjing terbiasa untuk berinteraksi dan bermain secara aktif dengan anjingnya sehingga mereka tidak terlalu “kagok” saat bertemu dengan orang baru.

Artikel Lainnya: Waspadai, Penyakit-penyakit dari Anjing yang Bisa Menular ke Manusia

6. Membantu Mendeteksi Berbagai Penyakit

Ternyata, memelihara anjing dapat membantu dalam mendeteksi berbagai penyakit dan kelemahan tubuh!

Misalnya, anjing dapat mengendus kondisi kulit, ginjal, kandung kemih, dan beberapa jenis kanker yang diderita oleh pemiliknya. 

Di samping itu, pasien Alzheimer pun dapat ditenangkan oleh anjing ketika mereka sedang agresif dan kebingungan.

7. Mengajarkan Tanggung Jawab

Belajar bertanggung jawab sedari dini bisa dilakukan dengan cara memelihara hewan peliharaan seperti anjing. 

Dengan merawat anjing, anak-anak bisa belajar bertanggung jawab karena anjing adalah makhluk hidup yang bergantung dengan cara mereka merawat.

Sebagai orang tua, Mama dan Papa bisa membantu anak untuk mengajak anjing berjalan-jalan atau menyiapkan makanan. Dengan begitu, anak-anak akan belajar bertanggung jawab akan tugasnya.

8. Meningkatkan Kemampuan Belajar

Salah satu manfaat memelihara anjing bagi anak adalah membantu meningkatkan kemampuan belajar, terutama untuk berlatih berbicara. 

Misalnya saja melatih anjing dengan kata-kata sederhana untuk duduk atau diam, atau sekadar memanggil nama anjing.

Lalu, ketika anak berada di luar rumah untuk membawa anjing berjalan-jalan, ini bisa menjadi kesempatan untuk berbicara dengan orang lain. Alhasil, anak dapat belajar bercakap-cakap sekaligus meningkatkan keterampilan sosialnya.

9. Menambah Rasa Percaya Diri

Dalam merawat anjing, ada banyak hal yang perlu dilakukan, mulai dari mengajak berjalan-jalan hingga memandikannya. 

Tentunya hal ini membantu anak merasa lebih percaya diri karena bisa melakukan tugas dan tanggung jawab tersebut.

Tak hanya itu, anjing dikenal sebagai hewan yang pintar dan mampu menawarkan dukungan pada pemiliknya. Hal ini tentunya membantu mempererat hubungan kepercayaan antara anjing dan pemilik. 

Artikel Lainnya: Pertolongan Pertama Bila Digigit Anjing

Nah, memelihara anjing ternyata punya banyak manfaat bagi anak, ya? Secara fisik, dengan memelihara anjing, anak jadi lebih aktif bergerak sehingga lebih sehat. Dan secara psikologis, ia bisa lebih pandai bersosialisasi dan tahan stres. 

Yang perlu diingat, apabila memelihara anjing, pastikan untuk menjaga kebersihan dan kesehatannya, salah satunya dengan rutin memberikan vaksin.

Jika masih punya pertanyaan seputar topik ini atau kesehatan hewan peliharaan, konsultasikan saja kepada dokter hewan via fitur Tanya Dokter

Untuk #JagaSehatmu dan peliharaan, baca artikel kesehatan terbaru dan tepercaya dengan download aplikasi KlikDokter!

[RS]

Kesehatan Anakanjing

Konsultasi Dokter Terkait