Sukses

Otak Sehat dengan 4 Rempah Ini

Mewujudkan otak sehat nyatanya bisa dimulai dengan cara yang sederhana, yaitu menyisipkan berbagai rempah ke dalam menu makanan Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Otak merupakan organ yang sangat penting karena bekerja sebagai pusat sistem saraf di tubuh. Dengan otak sehat, Anda akan memiliki memori yang tajam, tingkat kecemasan akan berkurang, bahkan terhindar dari penyakit seperti kanker.

Memelihara fungsi otak dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari berolahraga secara rutin hingga menerapkan gaya hidup sehat. Salah satu cara termudah untuk menjaga kesehatan otak adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya rempah.

Jenis makanan ini ternyata dapat memelihara kesehatan otak Anda dan meningkatkan fungsi kognitif otak, seperti kemampuan berpikir, belajar, memahami, dan mempertajam daya ingat.

Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, negara-negara di Asia Tengah seperti China dan India, kemudian negara di Amerika Selatan seperti Brasil, serta negara-negara tropis lainnya banyak memanfaatkan rempah dalam masakan maupun ramuan pengobatan.

Dari hal tersebut bisa dilihat bahwa rempah memang dimanfaatkan oleh banyak orang untuk menjaga kesehatan. Berikut adalah beberapa jenis rempah yang dapat menjaga kesehatan otak Anda:

  1. Ginseng

Ginseng menjadi salah satu tanaman yang paling populer dalam dunia pengobatan herbal. Sebab, ginseng mengandung bahan kimia antiinflamasi yang disebut ginsenosides.

Dalam sebuah studi, para ilmuwan mengatakan bahwa ginsenosides dapat membantu mengurangi tingkat beta-amyloid otak. Dr. Axe dari Department of Neurology di Clinical Research Institute di Korea Selatan menunjukkan bahwa ginseng bekerja merangsang perkembangan sel-sel otak dan meningkatkan konsentrasi serta fungsi kognitif otak.

  1. Daun sage

Daun ini biasanya dijual di jajaran bumbu impor, dan cukup dikenal karena baunya yang menyengat. Dilansir dari Verywell Mind, sebuah penelitian menyatakan bahwa daun sage bermanfaat untuk meningkatkan memori. Hal ini tercantum dalam jurnal Pharmacology, Biochemistry, and Behavior tahun 2003.

Bahkan, penelitian yang diterbitkan dalam Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine mengidentifikasi jenis rempah ini sebagai salah satu rempah yang bermanfaat bagi pasien Alzheimer.

Tambahkan daun sage sebagai taburan makanan Anda, atau masukkan ke dalam ayam panggang serta campuran saus tomat. Hmm…rasanya pasti sedap! Sebagai informasi, daun sage juga bisa Anda nikmati sebagai minuman teh.

  1. Kunyit

Kunyit memiliki senyawa kurkumin yang bersifat antiradang dan antioksidan, sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan otak serta kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Pada pasien Alzheimer, sel kekebalan tubuh yang mengusir virus penyebab penyakit dalam tubuh tidak berfungsi dengan baik, sehingga menyebabkan plak beta-amyloid kian menumpuk di otak. Penumpukan plak inilah yang diduga kuat sebagai pemicu keparahan gejala Alzheimer.

Senyawa yang terkandung pada kunyit meningkatkan respons makrofag dalam membasmi plak beta-amyloid pada otak, sehingga menurunkan risiko penyakit Alzheimer. Sederhananya, kunyit bekerja menghambat kematian sel-sel saraf otak dan meluruhkan plak dalam otak yang berisiko memicu penyakit Alzheimer tersebut.

  1. Daun peterseli

Rempah-rempah seperti peterseli mengandung antioksidan flavonoid yang disebut apigenin. Senyawa ini berpotensi memperkuat koneksi antara sel saraf (neuron), sehingga bisa merangsang pembentukan sel-sel otak yang baru dan sehat.

Selain itu, dikutip dari Prevention, Giana Angelo, seorang peneliti di Micronutrient Information Center di Oregon State University’s Lingus Pauling Institute, menjelaskan bahwa struktur kimia apigenin mampu meniru hormon estrogen yang berperan dalam perkembangan neuron.

Semakin banyak dan kuat koneksi antar sel saraf otak, semakin kecil pula risiko Anda terkena depresi, Alzheimer, hingga Parkinson. Jadi, mulai sekarang jangan singkirkan daun peterseli dari makanan Anda, ya.

Kesehatan otak sangatlah penting untuk dijaga. Nah, untuk mewujudkan otak sehat, mulailah mengonsumsi berbagai jenis rempah di atas dengan menggunakannya sebagai bahan masakan di rumah.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar