Sukses

Selain Pisang, 8 Makanan Ini juga Kaya Potasium

Hindari beragam penyakit dengan meningkatkan asupan potasium. Inilah delapan makanan selain pisang yang punya kandungan potasium tinggi.

Klikdokter.com, Jakarta Kepopuleran pisang dalam berbagai macam olahan, khususnya sebagai makanan penutup (dessert), tidak perlu diragukan lagi. Mulai dari pisang bakar, cake pisang, milkshake pisang, semuanya punya rasa yang lezat. Tak cuma karena rasanya yang enak, menurut penelitian dari University of Alabama, kandungan potasium pada pisang juga mampu menghentikan penyumbatan dan penyempitan arteri. Kandungan potasium bisa membuat Anda terhindar dari penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke.

Namun bagaimana dengan orang yang tidak menyukai pisang? Apakah mereka tidak bisa merasakan manfaat potasium bagi kesehatan hanya karena tidak menyukai rasa pisang? Tentu saja tidak. Sebab, dilansir dari Reader’s Digest, masih ada setidaknya delapan sumber makanan lain yang kaya akan potasium dan bisa memberikan sejumlah manfaat terhadap kesehatan Anda.  Nah, penasaran apa saja makanan yang dimaksud? Simaklah ulasannya berikut.

1. Yoghurt

Salah satu sumber kalsium yang juga mengandung bakteri baik penyeimbang kesehatan pencernaan ini dapat memberikan 380 mg potasium untuk Anda dalam setiap cangkirnya. Jadi, memakan potongan buah yang diberi yoghurt sebagai topping-nya bisa melipatgandakan kandungan potasium sekaligus meningkatkan manfaatnya bagi kesehatan Anda. Ketimbang menyantap buah yang dicampurkan krimer kental manis, sebaiknya campurkan saja dengan yoghurt, ya.

2. Kacang edamame

Kacang yang biasanya disajikan di restoran Jepang ini merupakan salah satu makanan terbaik yang mengandung kadar potasium tinggi, yaitu 676 mg per cangkir. Kacang edamame juga merupakan salah satu sumber protein nabati terbaik di dunia karena mengandung semua mikronutrien esensial yang diperlukan tubuh untuk membentuk otot. Jika Anda ingin mengonsumsi edamame, berikanlah sedikit taburan garam setelah merebusnya dan jadikan edamame sebagai camilan sehat Anda.

3. Kentang dan ubi

Musim hujan begini, paling enak memang menyantap makanan hangat. Tapi makanan hangat tak melulu identik dengan makanan berkuah. Anda bisa menyantap ubi jalar panggang hangat sebagai gantinya. Lagi pula, kentang manis tersebut mengandung 438 mg potasium, sementara kentang mengandung 950 mg potasium. Cukup banyak, bukan?  Lebih dari itu, kedua jenis umbi tersebut juga memiliki tingkat vitamin A yang tinggi.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Buah Bit

Buah yang warnanya mirip buah naga merah ini jika dipotong-potong dan dimasukkan dalam sebuah cangkir mengandung potasium sebanyak 655 mg. Tak cuma potasium, Anda juga akan bisa mendapatkan folat, mangan, tembaga, serat, magnesium, fosfor, vitamin C, zat besi, dan vitamin B6 dari buah bit.

5. Pasta tomat

Tidak banyak orang yang berpikir bahwa pasta tomat alami (bukan saus tomat kemasan yang sudah diolah sedemikian rupa) merupakan salah satu makanan dengan potasium tinggi, yaitu 905 mg. Jadi jika Anda ingin menyantap pasta yang menyehatkan, sebaiknya pilihlah saus yang terbuat dari pasta tomat segar, ketimbang saus dari krim yang berlemak.

6. Kacang kedelai hitam

Tak cuma kacang edamame, rupanya kacang kedelai hitam juga dapat memberikan Anda 681 mg potasium untuk menyehatkan jantung dan tulang. Selain itu, kacang kedelai hitam juga merupakan sumber protein vegetarian dan serat makanan yang sangat baik karena kadar antioksidan, zat besi, fosfor, kalsium, magnesium, mangan, tembaga, dan sengnya yang mumpuni.

7. Kacang kedelai putih

Dari sekian banyak sumber makanan alami yang mengandung potasium, kacang kedelai putihlah yang paling banyak mengandung zat tersebut, yakni sebanyak 1.190 mg! Mirip dengan kacang kedelai hitam, kacang ini mengandung protein, serat, dan sejumlah mineral lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh.

8. Semangka

Setujukah Anda bahwa semangka merupakan buah yang menjadi favorit semua orang saat musim panas tiba? Ya, itu karena selain manis, banyaknya air yang terkandung dalam semangka bisa menyegarkan siapa pun yang mengonsumsinya. Bahkan, dua potong semangka memiliki 640 mg potasium. Lebih dari itu, semangka punya zat pigmen lycopene yang telah dikenal untuk mengurangi risiko beberapa jenis kanker.

Itulah delapan makanan alternatif pengganti pisang yang juga memiliki kadar potasium tinggi. Jika Anda ingin menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti stroke dan penyakit jantung, sebaiknya gantilah camilan berlemak Anda dengan delapan makanan di atas.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar