Sukses

Ingin Otak Lebih Sehat? Yuk, Lakukan Aktivitas Unik Ini

Menjaga kesehatan otak ternyata tak sulit. Cukup lakukan beberapa aktivitas unik nan mudah berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu organ tubuh yang harus dijaga kesehatannya adalah otak. Pasalnya, organ tubuh yang letaknya di dalam tengkorak kepala ini merupakan pengendali segala aktivitas tubuh. Supaya tetap sehat, ada beberapa cara unik yang bisa Anda lakukan.

Cara unik yang dimaksud adalah latihan “neurobik”, yakni latihan yang memberikan pengalaman baru di otak Anda dengan menggabungkan indra penglihatan, penciuman, sentuhan, rasa, dan pendengaran.

Latihan ini akan merangsang lebih banyak koneksi antar area otak yang berbeda, menyebabkan sel-sel saraf menghasilkan nutrisi otak alami yang secara signifikan membantu meningkatkan memori.

Di sisi lain, latihan neurobik membuat sel-sel tubuh menjadi lebih kuat dan lebih tahan terhadap efek penuaan. Nah, berikut ini adalah beberapa cara unik yang bisa membuat otak Anda menjadi lebih sehat:

1. Sikat gigi dengan tangan yang tidak dominan

Penelitian telah menunjukkan bahwa melakukan hal yang berlawanan dari apa yang terekam di otak Anda dapat menghasilkan ekspansi yang cepat dan substansial di bagian-bagian korteks yang seharusnya mengontrol dan memproses informasi sentuhan atau rabaan dari tangan. Misalnya selama ini Anda menggosok gigi dengan menggunakan tangan kanan, cobalah untuk menggunakan tangan kiri.

2. Mandi dengan mata tertutup

Saat menyiram air ke kepala, tutup mata Anda dan usap dengan tangan bagian yang sudah terkena air. Hal ini akan memungkin tangan Anda “melihat” berbagai tekstur tubuh Anda sendiri yang tidak bisa dilihat dengan mata. Dan dengan cepat sel saraf di tangan tersebut akan mengirim pesan kembali ke otak Anda.

3. Ganti rutinitas pagi Anda

Studi pencitraan otak menunjukkan bahwa “tugas” baru melatih area besar dari korteks dapat meningkatkan aktivitas otak di beberapa daerah yang berbeda. Aktivitas ini menurun ketika tugas menjadi rutin dan otomatis. Jadi, cobalah Anda mengganti rutinitas, misalnya berpakaian setelah sarapan, joging dengan rute baru, atau mungkin mengubah posisi duduk di meja makan saat makan bersama keluarga.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Membalikkan posisi objek yang tidak asing

Ketika Anda melihat hal yang benar, otak kiri Anda dengan cepat menandainya. Sehingga, ketika ada hal yang tak sesuai dengan apa yang terekam pada otak sebelumnya, jaringan otak kanan Anda akan melawan. Misalnya saat melihat letak benda yang berantakan, otak akan mencoba menafsirkan bentuk dan warna dari benda yang ada.

Untuk melatih otak, Anda dapat mencoba mengubah foto keluarga, jam meja, atau kalender bergambar Anda menjadi terbalik. Meski dirasa aneh, hal ini bagus untuk otak Anda.

5. Lihat-lihat produk baru di swalayan

Nyatanya, sekadar lihat-lihat atau window shopping benar-benar melatih otak Anda. Berhentilah di lorong barang-barang dan lihatlah isi rak dari atas ke bawah. Jika ada sesuatu produk yang belum pernah Anda lihat sebelumnya, ambil, baca bahannya, dan pikirkan tentang produk tersebut. Tak harus membelinya. Setidaknya Anda telah melatih otak Anda untuk memahami dan mengalami sesuatu yang baru.

6. Konsumsi makanan yang tidak biasa

Sistem penciuman Anda dapat membedakan jutaan bau dengan mengaktifkan kombinasi reseptor unik di hidung Anda. Aroma yang baru dapat membangkitkan perasaan dan asosiasi yang tidak terduga, karena otak Anda akan mendapatkan pengalaman baru.

Anda juga bisa melakukan hal sederhana berikut ini. Simpan ekstrak aroma favorit di dekat tempat tidur selama seminggu. Buka dan hirup kembali ketika Anda pertama kali bangun, dan kemudian simpan lagi saat Anda mandi dan berpakaian. Hal ini cukup efektif untuk melatih indra penciuman Anda.

7. Mengendarai mobil dengan jendela terbuka

Cobalah untuk mengidentifikasi bau dan suara baru saat mengendarai mobil Anda. Membuka jendela saat naik mobil bisa banyak membantu otak Anda menerima hal baru.

Kegiatan ini bagus untuk bagian otak yang dinamakan hippocampus, yakni area otak Anda yang memproses memori, terutama terlibat dalam mengasosiasikan bau, suara, dan pemandangan. Bagian otak ini juga berperan dalam menjaga kesehatan mental.

8. Aktif dalam kegiatan sosial

Penelitian ilmiah telah berulang kali membuktikan bahwa kehilangan kehidupan sosial memiliki efek negatif pada kemampuan kognitif seseorang secara keseluruhan. Jadi mulai sekarang, cobalah untuk berinteraksi lebih sering dengan banyak orang. Anda bisa bergabung dalam komunitas hobi atau gerakan sosial yang menuntut Anda berkomunikasi dengan berbagai karakter.

Itu adalah cara-cara unik yang bisa Anda lakukan untuk melatih kesehatan otak. Cukup mudah, bukan? Meski terkesan tidak umum, cara-cara tersebut nyatanya cukup efektif untuk menjaga kesehatan otak. Dengan melakukannya secara rutin, otak Anda akan semakin sehat, dan kualitas hidup Anda pun akan menjadi lebih baik.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar