Sukses

Perlukah Konsumsi Suplemen di Musim Hujan?

Musim hujan sering dikaitkan dengan musim penyakit. Perlukah mengonsumsi suplemen selama musim hujan untuk menjaga daya tahan tubuh?

Klikdokter.com, Jakarta Saat musim hujan datang, apa yang Anda takuti? Mungkin saja penyakit, seperti batuk dan pilek, yang memang kerap menyerang di musim pancaroba hingga saat musim hujan tiba. Biasanya, orang mengonsumsi suplemen agar tak mudah sakit. Tapi, benarkah hal ini perlu dilakukan?

Melindungi diri dengan vitamin C

Saat musim hujan tiba, cenderung terjadi pergantian suhu menjadi lebih dingin. Perubahan suhu ini yang kemudian menyebabkan beberapa jenis virus mudah berkembang.

Misalnya saja rhinovirus dan coronavirus yang sering kali menjadi penyebab dari pilek. Selain itu, virus influenza juga lebih mudah berkembang dan tersebar saat udara dingin.

Salah satu cara yang sering kali dilakukan untuk mengatasi musim penyakit adalah mengonsumsi suplemen, misalnya vitamin C. Vitamin ini  biasanya disarankan untuk dikonsumsi guna membantu meningkatkan imunitas.

Vitamin C memang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, namun didapatkan dari makanan. Misalnya saja dari jeruk, stroberi, sayuran hijau, dan tomat. Jenis vitamin ini diperlukan oleh tubuh untuk fungsi sistem imunitas atau kekebalan tubuh, struktur tulang, penyerapan zat besi, serta kulit yang sehat.

Namun, berdasarkan sebuah studi tahun 2013, konsumsi vitamin C tidak dapat mencegah Anda terkena penyakit seperti pilek. Tapi mengonsumsi sedikitnya 200 mg vitamin C setidaknya dapat membantu mengurangi durasi serta tingkat keparahan penyakit.

Untuk mendapatkan manfaatnya, vitamin C ini perlu dikonsumsi setiap hari, tidak hanya saat musim hujan. Walau demikian, para ahli lebih menyarankan Anda mengutamakan makanan sebagai sumber vitamin C, dibandingkan dengan suplemen.

Alasannya, dengan mengonsumsi makanan, Anda mendapatkan manfaat dari nutrisi lainnya yang terkandung dalam makanan tersebut. Anda dapat mengonsumsi lima porsi buah dan sayur setiap harinya, atau sesuai dengan rekomendasi, untuk mencukupi kebutuhan vitamin C harian Anda.

1 dari 2 halaman

Suplemen dan asupan lain yang biasa dikonsumsi

Salah satu suplemen lain yang menjanjikan adalah zink. Tak heran, jenis suplemen ini memang sering dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh, terutama di musim hujan. Berdasarkan studi tahun 2015, konsumsi zink secara oral dalam 24 jam setelah muncul gejala dapat mengurangi durasi penyakit pilek.

Meski dinilai dapat meredakan penyakit, konsumsi suplemen ini dapat menyebabkan mual serta keluhan pencernaan lainnya. Selain itu, zink dapat berinteraksi dengan obat-obatan, misalnya saja antibiotik.  Jadi, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

Studi lain menemukan bahwa konsumsi suplemen probiotik juga menjadi pilihan suplemen di musim hujan karena dapat membantu mencegah infeksi saluran pernapasan atas.

Sayangnya, bukti dari studi ini masih lemah, sehingga suplementasi probiotik untuk mencegah penyakit masih belum dapat direkomendasikan. Probiotik sendiri adalah sejenis bakteri baik, yang serupa dengan bakteri yang bisa ditemukan secara normal dalam tubuh.

Tips menjaga kesehatan di musim hujan

Secara umum, beberapa penelitian telah mempelajari manfaat suplemen untuk mencegah penyakit, terutama yang terkait dengan saluran pernapasan atas, seperti yang telah dijelaskan di atas. Namun, yang berpotensi memberikan manfaat adalah vitamin C. Dengan catatan, harus dikonsumsi secara rutin.

Selain itu zink juga cukup baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, namun berpotensi menimbulkan efek samping yang tidak nyaman. Lalu, bagaimana cara untuk melindungi tubuh selama musim hujan?

Pada dasarnya, Anda dapat memperoleh manfaat dari beberapa suplemen di atas lewat makanan yang anda konsumsi. Jadi, Anda tidak perlu bergantung pada suplemen lagi.

Membiasakan pola makan sehat dan bergizi seimbang dapat memastikan kebutuhan nutrisi Anda akan beberapa zat yang dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh tercukupi.

Selain itu, dengan asupan sehat, Anda dapat memperoleh manfaat dari berbagai nutrien lain yang terkandung dalam makanan yang dikonsumsi. Untuk memastikan Anda terlindung dari flu, lakukan vaksinasi flu untuk mencegah penyakit ini. Perlu Anda ketahui, vaksin merupakan cara terbaik untuk memproteksi diri dari flu.

Sejak tahun 2010, CDC (Centers for Disease Control and Prevention) sudah merekomendasikan untuk melakukan vaksin flu tahunan bagi mereka yang berusia 6 bulan ke atas.

Setelah menyimak pemaparan di atas, kini Anda telah mengetahui bahwa konsumsi suplemen memang direkomendasikan untuk menjaga daya tahan tubuh. Namun, yang terbaik adalah mendapatkan perlindungan dari makanan sehat yang Anda konsumsi.

Bila memang Anda harus mengonsumsi suplemen selama musim hujan, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda untuk menghindari munculnya masalah kesehatan lain.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar