Sukses

9 Manfaat Minyak Argan untuk Kesehatan Tubuh Anda

Minyak argan disebut-sebut memiliki beragam manfaat sehat bagi tubuh Anda. Apa saja manfaat yang termasuk?

Klikdokter.com, Jakarta Minyak argan atau argan oil banyak diperbincangkan beberapa waktu belakangan. Minyak asal Maroko ini dinilai memiliki beragam manfaat sehat, sehingga banyak orang yang mencari karena ingin membuktikan sendiri manfaatnya.

Dilansir Healthline, minyak yang berasal dari biji pohon argan - yang hanya tumbuh di Maroko - biasanya digunakan sebagai campuran bahan makanan pendamping roti saat sarapan. Namun, di kancah dunia, minyak argan sering digunakan sebagai campuran kosmetika dan obat-obatan. Pasalnya, minyak ini diyakini menyimpan beragam manfaat sebagai berikut:

1. Menjaga kesehatan jantung

Sekitar 29–36 persen kandungan asam lemak minyak argan berasal dari asam linoleat atau omega-6. Selain itu, minyak argan juga mengandung asam oleat yang memiliki manfaat positif khususnya untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Satu penelitian kecil pada manusia mencatat bahwa minyak argan sebanding dengan minyak zaitun dalam kapasitas mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Melawan peradangan

Minyak argan merupakan sumber vitamin E yang tinggi, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan kulit, rambut, dan mata. Tak cuma itu, minyak asal Maroko ini juga dapat berfungsi sebagai antioksidan sehingga mampu melawan peradangan yang disebabkan oleh radikal bebas. Senyawa lain yang ada dalam minyak argan, seperti CoQ10, melatonin dan sterol, juga berperan dalam kapasitas antioksidan.

Sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan, minyak argan yang dioleskan pada tubuh tikus dapat membantu melawan peradangan secara signifikan. Pada penelitian lain, minyak argan yang dioleskan langsung ke kulit manusia disebut bisa bermanfaat untuk mengurangi cedera atau infeksi.

1 dari 3 halaman

Selanjutnya

3. Mencegah diabetes

Beberapa penelitian awal yang dilakukan pada hewan mendapatkan hasil bahwa minyak argan dapat membantu mencegah terjadinya diabetes mellitus. Kendati begitu, penelitian tersebut masih belum sahih sehingga tidak bisa dijadikan patokan. Masih dibutuhkan penelitian lanjut pada manusia untuk benar-benar memastikan bahwa minyak argan bisa bermanfaat dalam mencegah diabetes.

4. Memiliki efek antikanker

Minyak argan dapat memperlambat pertumbuhan dan reproduksi sel kanker tertentu. Satu penelitian uji tabung menggunakan senyawa polifenol dari minyak argan yang disuntikkan ke sel kanker prostat. Ekstrak minyak argan tersebut menghambat pertumbuhan sel kanker sebesar 50 persen.

5. Mengurangi tanda-tanda penuaan kulit

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan makanan yang mengandung minyak argan dapat membantu memperlambat proses penuaan dengan mengurangi peradangan dan stres oksidatif. Minyak ini juga dapat mendukung perbaikan dan pemeliharaan kulit yang sehat ketika dioleskan langsung ke kulit, sehingga mengurangi tanda-tanda penuaan yang tampak.

Beberapa penelitian pada manusia menunjukkan bahwa minyak argan baik untuk dikonsumsi maupun dioleskan ke kulit secara langsung. Hal ini sangat efektif untuk meningkatkan elastisitas dan hidrasi kulit pada wanita pascamenopause.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

6. Mempercepat penyembuhan luka

Minyak argan dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Suatu penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam penyembuhan luka bakar tingkat dua pada tikus yang diberi minyak argan sebanyak 2 kali sehari selama 14 hari. Sayangnya, penelitian tersebut masih belum dapat dijadikan patokan karena masih membutuhkan telaah lanjutan.

7. Melembapkan kulit dan rambut

Asam oleat dan linoleat yang menjadi kandungan mayoritas di minyak argan adalah nutrisi penting untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Efek ini bisa Anda rasakan dengan mengoleskan minyak argan secara langsung pada kulit atau rambut, juga dengan mengonsumsinya pada porsi yang disesuaikan.

8. Mengobati dan mencegah stretch mark

Minyak argan dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan elastisitas kulit. Karena itu, minyak ini dipercaya dapat membantu mencegah dan mengobati stretch mark.

9. Mengobati jerawat

Senyawa antioksidan dan antiinflamasi minyak argan dapat membantu mengurangi kemerahan dan iritasi kulit yang disebabkan oleh jerawat. Minyak ini pun berkontribusi terhadap hidrasi kulit, yang penting untuk mencegah terjadinya jerawat.

Itulah beberapa manfaat yang diyakini ada di dalam minyak argan. Meski beberapa di antaranya masih dalam tahap penelitian lebih lanjut, tak ada salahnya bila Anda ingin mencoba dan membuktikannya sendiri. Tetapi ingat untuk tidak menggunakannya secara berlebihan, ya.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar