Sukses

8 Makanan Ini Tak Perlu Anda Simpan di Kulkas

Kulkas dianggap tempat penyimpanan paling aman untuk semua jenis makanan. Faktanya, tidaklah demikian.

Klikdokter.com, Jakarta Kulkas selalu menjadi tempat pilihan untuk menyimpan bahan makanan dan membuatnya tahan lama. Segala jenis makanan pun dimasukkan ke dalamnya, tanpa terkecuali. Padahal nyatanya, ada beberapa makanan yang sebenarnya tidak perlu dimasukkan ke dalam lemari pendingin.

Menurut Food and Drug Administration (FDA), lemari pendingin idealnya bersuhu 4 derajat Celsius atau lebih dingin. Pada suhu ini, setiap bakteri yang ada di makanan akan sulit berkembang. Dalam hal ini, kulkas sangat cocok untuk makanan yang sudah dimasak agar tidak cepat membusuk.

Hanya saja, menyimpan jenis makanan tertentu di kulkas bukanlah ide yang selalu bagus. Berikut ini delapan makanan yang tidak perlu Anda simpan di lemari pendingin, seperti dilansir Prevention:

  1. Alpukat

Alpukat matang paling baik disimpan pada suhu ruang dan sangat tidak dianjurkan ditaruh di dalam kulkas. Setelah matang, alpukat harus dimakan segera. Bahkan rusak sedikit saat pengiriman akan menyebabkan buah cepat rusak, terlebih lagi jika didinginkan. 

  1. Terong

Terong adalah jenis buah yang tidak bisa disimpan di lemari pendingin. Hal ini dikarenakan mereka lebih menyukai kondisi yang hangat. Menyimpannya pada suhu kamar sangat baik agar kandungan dan manfaatnya terjaga.

  1. Pisang

Pisang sangat tidak menyukai suhu dingin. Sebagian dari Anda pasti sudah tahu hal ini. Tak jarang, jika sudah ditaruh di lemari es, kulit pisang akan menghitam dan lembek. 

Untuk pisang yang belum matang, memasukkanya ke dalam kulkas tidak akan membuatnya matang. Dingin akan mengubah kulit pisang menjadi cokelat sebelum waktunya, meski daging buahnya masih akan baik-baik saja jika dimakan. Jadi, lebih baik simpanlah pisang pada suhu ruang.

  1. Kentang

Suhu di bawah sekitar 7 derajat Celsius akan membuat kentang berubah manis dan berpasir. Jika Anda ingin memanggang atau menggorengnya, kentang tersebut sudah banyak mengandung akrilamida (karsinogen/ pemicu kanker) daripada kentang yang disimpan pada suhu lebih hangat. Simpan kentang di tempat gelap agar tidak berubah menjadi hijau, serta tetap kokoh dan kenyal.

  1. Apel

Apel segar bisa bertahan lama pada suhu ruang, sehingga tak perlu memasukkannya ke dalam kulkas. Begitu juga dengan buah pir, cukup simpan pada suhu ruang.

  1. Roti

Roti yang dimasukkan ke dalam kulkas akan cepat basi. Simpan roti yang akan Anda makan dalam beberapa hari di tempat sejuk dan kering, dan ambil hanya ketika Anda siap untuk memakannya.

Untuk penyimpanan yang lebih lama, pindahkan roti dari plastik pembungkusnya dan letakkan dalam wadah kedap udara, lalu pastikan menyimpannya dengan baik. Ini dilakukan agar tekstur dan rasa roti tetap optimal.

  1. Bawang

Bawang merah, bawang bombay, dan bawang putih sangat "membenci" lemari es. Kelembapan yang tinggi cenderung membuat bawang lunak, dan malah bisa membentuk jamur. Simpan bawang di tempat yang sejuk, gelap, dan kering.

  1. Melon

Ini mungkin banyak yang tidak setuju, bukankah enak menyantap melon dalam kondisi dingin? Tapi demi mendapatkan rasa terbaik dan membantu menjaga kandungan antioksidan di dalamnya, simpanlah buah melon utuh pada suhu ruang.

Itu adalah deretan makanan yang tak perlu Anda simpan di kulkas. Makanan lainnya termasuk nanas, mangga, kiwi, tomat, labu, dan telur, sebenarnya juga tidak cocok disimpan di dalam kulkas. Jadi carilah tempat penyimpanan yang lebih pas untuk makanan-makanan tersebut, ya.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar