Sukses

5 Manfaat Pepaya yang Telah Teruji bagi Kesehatan

Meski sederhana dan mudah dijumpai, manfaat buah pepaya tidak sesederhana itu. Pepaya kaya akan manfaat bagi kesehatan.

Klikdokter.com, Jakarta Ada beragam jenis buah yang bisa Anda jumpai di pasaran. Dari sekian banyak, mana yang paling Anda suka? Mungkin buah yang Anda pilih adalah buah impor yang  tampak eksklusif dan sulit didapat. Di sisi lain, tak sedikit orang memalingkan muka dari buah pepaya. Padahal, manfaat pepaya sangat banyak dan telah teruji bagi kesehatan.

Pada 1997, The World Cancer Research Fund’s melaporkan bahwa konsumsi pepaya sebagai makanan penutup secara teratur baik untuk menangkal berbagai macam penyakit. Hal ini terjadi karena pepaya mengandung vitamin dan nutrisi yang mumpuni.

Pepaya adalah salah satu buah-buahan khas daerah tropis yang sering menjadi pilihan untuk pola makan sehat. Setengah kilogram pepaya, mengandung lebih kurang 200 kalori,” kata dr. Atika dari KlikDokter.

Lalu, apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi buah pepaya? Di bawah ini adalah lima di antaranya:

  1. Lezat dan penuh nutrisi

Pepaya mengandung enzim bernama papain yang dapat memecah rantai protein keras pada daging otot. Oleh karena itu, orang sering menggunakan pepaya untuk melunakkan daging.

Jika pepaya matang biasa dikonsumsi sebagai buah segar, namun, pepaya mentah harus selalu dimasak sebelum dimakan. Hal ini karena buah yang belum matang, tinggi kandungan lateks dan dapat merangsang kontraksi pada ibu hamil.

Satu pepaya kecil seberat 152 gram, mengandung karbohidrat, serat, protein, vitamin C, vitamin A, folat (vitamin B9), kalium 11 persen dari RDI, kalsium, magnesium, serta vitamin B1, B3, B5, E serta K. Pepaya juga mengandung antioksidan sehat bernama karotenoid, terutama satu jenis yang disebut lycopene. Tubuh Anda amat membutuhkan antioksidan sehingga mengonsumsi pepaya sangat bermanfaat bagi tubuh.

  1. Bersifat antikanker

Penelitian menunjukkan bahwa kandungan lycopene dalam pepaya dapat mengurangi risiko kanker, sekaligus baik bagi penderita kanker. Pepaya dapat bekerja dengan mengurangi radikal bebas yang berkontribusi terhadap kanker.

Di antara 14 buah dan sayuran dengan sifat antioksidan, hanya pepaya yang menunjukkan aktivitas antikanker di sel kanker payudara. Pada sebuah penelitian, pepaya diketahui dapat mengurangi kerusakan oksidatif. Meski begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut guna memastikan hal ini.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Mengonsumsi lebih banyak pepaya dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda. Studi menunjukkan bahwa buah-buahan yang tinggi lycopene dan vitamin C dapat membantu mencegah penyakit jantung.

Dalam sebuah penelitian, orang yang mengonsumsi suplemen pepaya fermentasi selama 14 minggu memiliki lebih sedikit peradangan dibandingkan yang mengonsumsi plasebo. Rasio yang ditingkatkan terkait dengan penurunan risiko penyakit jantung.

  1. Melawan peradangan

Peradangan kronis adalah akar dari banyak penyakit. Tak pelak, makanan yang tidak sehat serta pilihan gaya hidup dapat mendorong proses peradangan tersebut. Studi menunjukkan bahwa buah dan sayuran kaya antioksidan seperti pepaya membantu mengurangi kondisi tersebut.

Sebagai contoh, satu studi mencatat bahwa pria yang mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang tinggi kandungan karotenoid memiliki penurunan risiko peradangan secara signifikan. Oleh karena itu, pepaya baik untuk dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani masa pemulihan dari sakit.

  1. Melindungi terhadap kerusakan kulit

Selain menjaga tubuh tetap sehat, pepaya juga dapat membantu kulit Anda terlihat lebih kencang dan awet muda. Aktivitas radikal bebas yang berlebihan memengaruhi timbulnya banyak kerutan, kendur dan kerusakan kulit lainnya.

Vitamin C dan lycopene dalam pepaya melindungi kulit Anda dan dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan. Dalam satu penelitian, konsumsi pepaya selama 10-12 minggu mengurangi kemerahan kulit setelah paparan sinar matahari. Sementara, wanita dewasa hingga paruh baya yang mengonsumsi campuran lycopene, vitamin C, dan antioksidan pada pepaya selama 14 minggu, kerutan di wajah menjadi berkurang.

Buah pepaya sangat mudah ditemukan di pasar dan swalayan terdekat dengan harga terjangkau. Meski demikian, manfaat pepaya bagi kesehatan, tidak bisa diabaikan. Tambahkan buah pepaya dalam menu harian Anda dan keluarga, untuk mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar