Sukses

5 Cara Tepat Hadapi Suami Temperamental

Anda wajib berhati-hati saat berhadapan dengan suami temperamental. Jika tidak dilakukan dengan tepat, perpecahan sangat mungkin terjadi.

Klikdokter.com, Jakarta Kehidupan berumah tangga tak selalu berjalan mulus. Ada kalanya, istri harus berhadapan dengan suami temperamental yang sangat mudah marah dan tersinggung. Hal-hal seperti ini tentu bisa memicu perpecahan, apalagi jika sang istri tidak mampu menghadapinya dengan tepat.

Lantas, adakah tips atau tindakan yang bisa dilakukan sang istri ketika menghadapi suami temperamental? Ada! Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebagai istri ketika berhadapan dengan sikap temperamental suami:

  1. Jangan takut

Tidak merasa takut terhadap suami yang temperamental adalah hal pertama yang harus dilakukan. Karena, saat merasa takut, Anda justru tidak dapat menemukan sumber yang menyebabkan suami marah.

Untuk menyiasati ini, Anda bisa menganggap kemarahan suami seperti bayi yang sedang menangis. Dengan demikian, Anda tidak akan merasa takut, melainkan memutar otak untuk mencari penyebab dan cara terbaik untuk mengatasinya.

  1. Pikirkan reaksi apa yang harus dilakukan

Apakah ada tindakan Anda yang menyebabkan suami marah? Bila ya, Anda harus jujur dan bertanggung jawab dengan meminta maaf kepada suami.

Saat meminta maaf sebaiknya jangan Anda lanjutkan dengan kata “tapi”. Contoh: “Aku minta maaf, tapi kamu tadi yang mulai duluan”. Akan lebih baik jika: “Aku minta maaf. Aku akan berusaha supaya tidak terulang lagi”.

Sedangkan, bila penyebab kemarahan suami bukan dari istri, posisikan diri Anda sebagai penengah agar masalah yang sedang dihadapi bisa cepat mereda.

  1. Jangan coba mengontrol suami Anda

Hindari mengontrol kemarahan suami, karena Anda tidak dapat mengubahnya. Itu karena hanya suami Anda yang bisa mengubah dirinya sendiri. Akan lebih baik bila Anda mengontrol reaksi yang dilontarkan terhadap kemaharan tersebut. Jangan sampai reaksi yang Anda berikan justru membuat kemarahan suami semakin meledak-ledak.

  1. Ulurkan tangan

Saat suami marah kepada Anda, dia juga sedang menyiksa dirinya sendiri. Hal ini adalah efek bumerang yang berdampak bagi kesehatan mental dan fisiknya. Oleh karena itu, jangan merasa sakit hati. Lebih baik bantu pasangan Anda agar rasa marahnya bisa segera reda.

  1. Berikan sedikit humor

Saat suami marah dan keadaan di sekitarnya terasa sangat tegang, cobalah untuk memercikkan sedikit humor yang tidak memaksa. Misalnya, saat Anda atau pasangan berbuat hal konyol saat liburan. Atau, ada teman yang selalu membuat Anda dan suami tertawa bersama. Intinya, hal apa pun yang membuat suasana tegang menjadi “cair” kembali.

Sebagai istri yang baik, Anda harus memastikan bahwa sang suami memiliki kualitas tidur yang baik. Hal itu sangat penting, karena sikap temperamental pada suami bisa sangat menganggu suasana hati yang turut merusak waktu maupun kualitas tidurnya.

Pastikan pula Anda selalu menyajikan menu sehat untuk suami, yang sebagian besarnya terdiri dari sayur maupun buah-buahan. Dengan begitu, suami Anda bisa mendapatkan pasokan gizi yang dibutuhkan agar tubuhnya tetap sehat.

Jadilah sosok istri yang sabar dan tegar. Hadapi suami temperamental dengan tips yang telah disebutkan. Jangan lupa untuk memberikannya senyuman hangat setiap saat, agar sikap temperamental suami bisa dicegah dan diatasi dengan sebaik-baiknya.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar