Kesehatan Umum

Perut Buncit? Pangkas dengan 5 Latihan Ini!

dr. Adeline Jaclyn, 10 Des 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Selain menghambat aktivitas, perut buncit tentunya akan merusak penampilan Kamu. Hilangkan dengan beragam jenis latihan berikut ini.

Perut Buncit? Pangkas dengan 5 Latihan Ini!

Memiliki perut yang rata, bebas lemak dan kencang adalah idaman semua orang. Tetapi, banyak pria maupun wanita hanya berolahraga, namun perut buncit tak kunjung mengempis. Hal ini biasanya diakibatkan oleh gerakan yang itu-itu saja, sehingga tak membuahkan hasil yang signifikan.

Misalnya saja bila Kamu hanya berolahraga sit-up. Karena gerakan sit-up hanya bekerja pada otot bagian depan dan samping dari perut Kamu, tetapi tidak pada seluruh otot perut. Sehingga, gerakan tersebut tidak dapat membentuk perut yang ideal.

Untuk menghilangkan perut buncit dan mendapatkan perut yang kencang dan rata, Kamu dapat mencoba melakukan berbagai bentuk latihan berikut ini:

     1. Side plank

Gerakan ini lebih menantang dibandingkan dengan plank biasa, karena Kamu harus menopang seluruh berat tubuh hanya dengan 2 titik, dibandingkan 4 titik pada plank biasa. Hasilnya, otot-otot utama pada perut pun akan bekerja lebih keras untuk menstabilkan tubuh Kamu.

Cara melakukan gerakan :

Berbaringlah pada sisi kiri Kamu dengan siku lengan kiri menopang tubuh. Luruskan kaki Kamu dan tahan hingga 30-45 detik. Bila Kamu dapat menahannya lebih lama, lakukan. Ulangi pada sisi sebelah kanan. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, lakukan selama 60 detik tiap sisinya.

2. Alligator drag

Gerakan ini bekerja pada keseluruhan otot perut untuk stabilisasi dan membakar kelebihan kalori dengan menggeser tubuh Kamu dari sisi lantai satu ke sisi lantai lainnya. Hal ini menggabungkan kardio dan stabilitas tubuh, untuk membakar lemak pada bagian perut.

Cara melakukan gerakan :

Lakukan pada lantai yang rata. Buat posisi gerakan push-up, dengan kaki dialasi handuk atau plastik. Lalu berjalanlah menggunakan kedua tangan sepanjang ruangan dengan mengelilinginya (kaki hanya digeser tidak ikut berjalan). Beristirahatlah 60-90 detik dan ulangi gerakan.

3. Walkout from push-up position

Berbeda dengan alligator drag, gerakan seperti plank ini melibatkan pergerakan seluruh tubuh, menggunakan tangan dan kaki.

Cara melakukan gerakan :

Buat posisi gerakan push-up dengan kedua tangan lebih lebar 5 cm dari pundak. Lalu bergeraklah menggunakan tangan mendekat ke arah kaki lalu berdiri. Lalu letakkan kembali kedua tangan Kamu mendekati kaki lalu menuju posisi push-up kembali seperti awal. Ulangi sebanyak 10-12 kali.

4. Chop squat jacks

Gerakan kardio cepat ini membantu untuk membentuk garis pinggang dan membakar lemak di daerah tersebut di saat yang bersamaan.

Cara melakukan gerakan :

Berdirilah dengan tegak, tangan tergenggam dan angkat lengan ke atas. Lompat dengan kedua kaki dan mendaratlah dalam posisi jongkok, dengan genggaman tangan berada di tengah kedua kaki. Lompat kembali ke posisi awal, dan ulangi secepat yang Kamu bisa, selama 20 kali berturut-turut.

5. Seated leg U

Pada gerakan ini, Kamu dapat merasakan seluruh dinding perut Kamu bekerja.

Cara melakukan gerakan :

Duduklah dengan lutut ditekuk dan kedua telapak kaki rata di lantai. Condongkan badan sedikit ke belakang dengan tangan menyentuh lantai, tepat di belakang pinggul. Angkat kaki, pastikan lutut tetap tertekuk. Tekuk siku, lalu condongkan badan lebih jauh ke belakang, luruskan kaki secara perlahan. Buat gerakan membentuk huruf U dengan lutut tertekuk. Condongkan badan ke belakang, lalu biarkan siku menyentuh lantai. Ulangi hingga 20 kali.

Untuk membuahkan hasil yang optimal, latihan untuk memangkas perut buncit harus dilakukan secara rutin. Selain itu, pola makan yang sehat dan seimbang juga harus dijaga agar upaya yang Kamu lakukan tidak sia-sia. Bagaimana, siap untuk melakukan latihan di atas? Yuk, coba pekan ini!

Kamu juga bisa konsultasi seputar cara mengecilkan perut buncit atau kondisi medis lainnya lewat fitur tanya dokter online di KlikDokter. Yuk, mulai sekarang #JagaSehatmu dengan download aplikasi KlikDokter untuk mengikuti informasi seputar kesehatan terkini.

[NP/ RVS]

Membakar LemakSit UpPerut BuncitKaloriperutpush-upkardioOtot

Konsultasi Dokter Terkait