Sukses

Sederet Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan Anda

Tak cuma bikin segar makanan dan minuman yang jadi campurannya, asam jawa juga punya sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Ketika mendengar nama asam jawa, mungkin yang pertama kali terlintas di pikiran Anda adalah sayur asam. Buah yang punya nama lain tamarinda itu memang sering digunakan sebagai campuran makanan atau minuman, dan membuat rasanya menjadi lebih khas di lidah.

Asam jawa itu sendiri berasal dari pohon di Afrika, yang kini telah tumbuh di berbagai negara tropis. Saat buahnya masih muda, daging asam jawa berwarna hijau dan sangat asam. Ketika matang dan dibuka kulitnya, dagingnya berubah menjadi ampas berair yang mirip pasta, dan ada tambahan rasa manis. Jadi, tak sekadar asam, buah asam jawa yang matang juga punya rasa yang menarik, yaitu asam dan manis.

Di samping rasanya yang unik, dilansir dari Healthline, asam jawa ternyata juga punya sejumlah manfaat kesehatan bila dikonsumsi. Apa saja manfaat yang bisa dipetik?

  • Menyehatkan saluran cerna

Bukan sekadar membuat nikmat rasa, tetapi mengolah asam jawa menjadi minuman, juga bisa menyehatkan saluran cerna Anda. Itu karena asam jawa bisa menetralkan frekuensi buang air besar.

Jadi, saat Anda sembelit, minum asam jawa bisa membuat proses BAB menjadi lebih lancar. Dan, ketika diare, asam jawa bisa menahan proses buang air yang terlalu sering itu.

  • Obat dari penyakit tertentu

Senasib dengan bawang putih dan kunyit yang disebut-sebut sebagai antibiotik alami, senyawa lupeol dalam asam jawa juga bisa menjadi antibakteri, antivirus, dan antijamur

Tak cuma itu, asam jawa juga mengandung polifenol yang sangat tinggi. Itu berarti, asam jawa memiliki sifat antioksidan serta antiinflamasi, yang dapat membantu meredakan peradangan. baik di dalam maupun luar tubuh.

Sementara itu, kandungan magnesium, potasium, zat besi, kalsium, vitamin B1, B2, B3, B5, B6, K, dan C yang terkandung di dalam asam jawa mampu mengurangi risiko Anda terkena penyakit berbahaya. Disebutkan bahwa mengonsumsi minuman atau makanan yang menggunakan campuran asam jawa dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung, kanker, dan diabetes di kemudian hari.

  • Menurunkan gula darah

Meski ada sedikit rasa manis, namun rupanya ekstrak asam jawa juga dapat membantu menurunkan gula darah dan mengurangi lemak pada organ hati Anda. Hal ini karena gula yang terkandung di dalam asam jawa berbeda dengan gula pasir atau gula jenis lainnya.

  • Menurunkan kolesterol jahat

Ada penelitian terkait asam jawa yang dilakukan pada hamster dengan tingkat kolesterol tinggi. Setelah diberikan ekstrak asam jawa, kadar kolesterol jahat (LDL) tikus tersebut pun turun drastis.

Itulah mengapa mengonsumsi ekstrak asam jawa dikatakan dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Ini karena sedari awal, asam jawa mampu menurunkan kadar lemak darah yang biasanya akan menyumbat pembuluh darah dan berujung pada masalah jantung.

Tingginya magnesium dalam buah ini bahkan bisa menurunkan tekanan darah. Sehingga, asam jawa dapat dikatakan sebagai buah kecil tropis yang dapat menghindarkan Anda dari penyakit kardiovaskular.

1 dari 2 halaman

Bahaya konsumsi permen asam jawa

Kendati bisa memberikan beragam manfaat sehat, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengatakan bahwa Anda sebaiknya tidak mengonsumsi asam jawa yang sudah diolah menjadi permen. Sebab, ketika sudah diolah menjadi permen, khasiat sehatnya akan menghilang dan justru menyebabkan keracunan timbal. Bahkan, permen asam jawa pernah dijadikan sebagai penyebab keracunan timbal pada banyak kasus (terutama anak dan ibu hamil) di tahun 1999.

Oleh sebab itu, jika Anda ingin mendapatkan manfaat terbaik dari asam jawa, sebaiknya jadikan buah tersebut sebagai bumbu masakan alami. Anda pun bisa mengolahnya menjadi minuman yang dihidangkan hangat ataupun dingin, tanpa menambahkan gula ke dalamnya.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk merasakan sendiri uniknya rasa asam jawa dan segundang manfaat sehat yang ada di baliknya? Tetap ingat untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan, ya!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar