Sukses

5 Cara Menghindari Kantuk Selain Minum Kopi

Kopi sering menjadi pilihan utama saat kantuk menyerang. Berikut ini cara alternatif selain minum kopi.

Klikdokter.com, Jakarta Ada kalanya rasa kantuk menyerang di saat yang tidak tepat, misal ketika Anda harus mengerjakan deadline pekerjaan. Bisa ditebak, minum kopi sering menjadi pilihan utama untuk menghindari atau melawan kantuk. Tapi sebenarnya, ada beberapa alternatif cara mencegah kantuk selain minum kopi, seperti:

  1. Berolahraga

Berolahraga dapat membantu menjaga sirkulasi darah sehingga Anda dapat terjaga. Ini karena olahraga memicu produksi adrenalin lebih banyak dan meningkatkan suhu dalam tubuh.

Selain itu, berolahraga dapat meningkatkan denyut jantung dan mengirimkan suplai oksigen ke otak, otot, dan pembuluh darah lebih lancar. Anda pun akan lebih terjaga sekaligus lebih segar. Jadi, cobalah untuk berjalan sejenak selama 10 menit atau berlari-lari kecil saat rasa kantuk menyerang.

  1. Berada di cahaya yang terang benderang

Tahukah Anda, berada di cahaya yang terang benderang dapat "menipu" tubuh untuk tetap terjaga? Menurut penelitian, paparan sinar matahari memicu pengeluaran hormon serotonin yang dapat memperbaiki mood dan menurunkan produksi berlebih hormon melatonin (hormon yang membuat Anda merasa mengantuk).

Ketika Anda sedang di kantor dan rasa kantuk menyerang, cobalah habiskan waktu 30 menit di luar ruangan dan bertemu sinar matahari. Selain membuat Anda kembali terjaga, mata Anda pun bisa beristirahat sejenak dari komputer.

  1. Turunkan suhu ruangan

Jika Anda ingin tetap terjaga, turunkan suhu ruangan Anda menjadi lebih dingin lagi. Cara ini dijamin akan membantu Anda terus melek. Coba saja perhatikan bila Anda mengikuti seminar, sering kali suhu ruangan diatur lebih rendah supaya Anda kedinginan. Hal ini membuat kemungkinan Anda tertidur lebih kecil.

  1. Mengunyah

Mengunyah dapat membuat Anda tetap terjaga, perhatian lebih terpusat, dan meningkatkan kemampuan otak. Anda bisa mengemil makanan (tentu saja yang sehat) setiap 4 jam sekali. Makan langsung dalam jumlah banyak akan membuat Anda menjadi kelelahan dan mengantuk. Karena itu, tak heran banyak pekerja mengeluh mengantuk setelah jam makan siang.

Jadi Anda bisa menyiasatinya dengan mengonsumsi camilan yang bernutrisi. Misal, makanan ringan yang tinggi zat besi (kekurangan zat besi sering menjadi penyebab utama seseorang kelelahan), kaya protein dan serat agar Anda terus berenergi sepanjang hari.

  1. Berbicara dengan rekan kerja atau kerabat

Anda sering mengantuk di kantor? Cobalah berdiri dari kursi kerja Anda dan sambangi meja rekan kerja Anda ketimbang berkomunikasi lewat e-mail atau WhatsApp. Selain berdiskusi soal pekerjaan, Anda juga bisa berbicara mengenai hal-hal yang menarik perhatian dan minat Anda.

Menurut penelitian, berkomunikasi dengan orang lain dapat membuat pikiran Anda terus “bergerak” dan lebih berenergi. Tapi pastikan rekan kerja yang Anda ajak bicara sedang tidak banyak pekerjaan, ya.

Pada dasarnya, cara yang paling baik untuk menghindari kantuk adalah dengan tidur yang cukup. Hindari tidur terlalu larut atau begadang jika tidak benar-benar diperlukan, karena dapat mengganggu siklus biologis tubuh dan memicu kantuk pada pagi atau siang hari. Nah, jika rasa kantuk menyerang dan Anda bosan minum kopi, cobalah melakukan tips yang telah dijelaskan di atas.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar