HomeInfo SehatKesehatan UmumSiapkan dari Sekarang, 10 Resolusi Sehat di Tahun Baru
Kesehatan Umum

Siapkan dari Sekarang, 10 Resolusi Sehat di Tahun Baru

Nimas Mita Etika, 20 Feb 2024

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Jangan cuma ingin menambah koleksi cap di paspor. Buat juga resolusi sehat tahun baru sebagai investasi kesehatan jangka panjang!

Siapkan dari Sekarang, 10 Resolusi Sehat di Tahun Baru

Tak terasa, sebentar lagi akan memasuki tahun yang baru. Apakah Kamu sudah mempunyai resolusi sehat untuk satu tahun ke depan?

Biasanya, resolusi tahun baru kerap berkaitan dengan karier, rumah tangga, relationship goal, pengembangan diri, atau traveling. Namun, membuat resolusi sehat di tahun baru juga penting, lho!

Contoh resolusi sehat di tahun baru yang bisa Kamu buat adalah menuliskan daftar target sederhana untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuhmu, hingga pilihan olahraga yang ingin Kamu coba.

Berikut ini beberapa contoh resolusi kesehatan untuk tahun baru yang bisa Kamu coba:

1. Tidur Lebih Awal

Tidur Lebih Awal

Jika target durasi tidur 8 jam setiap malamnya sulit diwujudkan karena satu atau beberapa hal, setidaknya tahun depan tekankan pada diri sendiri bahwa Kamu akan tidur 30 menit lebih awal dari jam tidur biasanya.

Kemudian, geser terus durasi menit itu sampai Kamu bisa mendapatkan waktu tidur yang paling ideal. Misalkan, tahun ini Kamu selalu tidur jam 1 pagi.

Pada bulan pertama tahun depan, targetkan bulan pertama tidur pukul 00:30, lalu bulan berikutnya menjadi tepat tengah malam, lalu majukan lagi menjadi pukul 11:30, dan seterusnya.

Perlahan tapi pasti, Kamu akan terbiasa tidur sebelum tengah malam. Hasilnya, ketika bangun Kamu bisa lebih segar dan bersemangat.

Artikel lainnya: Kebiasaan Buruk yang Bisa Mengganggu Kualitas Tidur Anda

2. Kelola Stres Lebih Baik Lagi

Resolusi sehat selanjutnya adalah lebih baik dalam mengelola stres. Memang, benar-benar bebas dari stres itu adalah sesuatu yang tak mungkin. Karenanya, fokuslah untuk bisa mengelola stres lebih baik lagi.

Tak perlu harus memperbanyak berlibur, Kamu bisa melakuan cara-cara sederhana seperti menentukan prioritas atau rajin melakukan meditasi.

Dalam sebuah penelitian terhadap 3.515 orang dewasa yang diterbitkan dalam jurnal medis “JAMA Internal Medicine”, para peneliti menemukan bahwa 30 menit meditasi setiap hari dapat menurunkan gejala depresi dan kecemasan pada peserta setelah delapan minggu.

3. Dokumentasikan Momen Bahagia di Tahun 2024

Perbanyak Makan Sayur

Daripada memutuskan untuk sekadar “menjadi lebih bahagia” tahun ini, dokumentasikan apa saja hal-hal yang Kamu syukuri setiap hari. Pendokumentasian ini bisa membuatmu bahagia.

Memori tersebut bisa kembali Kamu kenang untuk memotivasi diri saat merasa down. Simpanlah jurnal, unggah hal-hal positif di media sosialmu, mulai rajin menulis blog, dan lain-lain.

Intinya, ciptakan memori yang membahagiakan yang bisa Kamu simpan dan kenang sebagai cadangan semangat!

Artikel lainnya: Ingin Lebih Bahagia? Ini Cara yang Bisa Kamu Coba

4. Berhenti Merokok

Coba hitung, seberapa banyak uang yang terbuang percuma akibat rutin membeli berbungkus-bungkus rokok? Demi kesehatan mari berhenti merokok.

Uang yang biasa Kamu habiskan untuk kebiasaan tak tersebut bisa dialokasikan untuk hal-hal yang lebih positif. Misalnya untuk traveling, disumbangkan ke orang-orang yang membutuhkan, atau investasi!

5. Perbanyak Jalan Kaki

Sudah bertahun-tahun punya resolusi ingin tubuh seperti supermodel Adriana Lima tapi, kok, realisasinya sulit sekali, lebih baik kini pasang target yang lebih realistis dengan perbanyak jalan kaki!

Dengan memperbanyak langkah dan frekuensi dalam melakukan aktivitas fisik tersebut, berat badanmu pasti turun. Berat badan ideal bisa secara perlahan tercapai tanpa harus menyiksa diri.

Artikel lainnya: Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari bagi Kesehatan

6. Perbanyak Makan Sayur

Dokumentasikan Momen Bahagia di Tahun 2024

Sayur mengandung beragam vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Konsumsi sayur yang cukup setiap harinya, bisa menurunkan risiko berbagai masalah kesehatan, salah satunya sembelit.

Nah, perbanyak konsumsi sayur bisa jadi resolusi sehat yang musti dicapai di tahun 2024. Ada banyak cara untukmu agar lebih banyak makan sayur, mulai dari memasak makanan sendiri hingga mengkreasikan menu makan sayur jadi lebih menarik dan lebih nikmat. Kamu bisa menyontek berbagai resepnya di internet.

7. Kurangi Alkohol

Konsumsi alkohol bisa membuatmu berisiko tinggi mengalami berbagai penyakit kronis. Ini karena alkohol bisa menyebabkan peradangan bagi tubuh, apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan.

Jika Kamu ingin resolusi sehatmu sempurna, Kamu juga perlu membatasi konsumsi alkohol. Jika Kamu hangout bersama temanmu, ganti minuman yang Kamu pilih dengan yang lebih sehat, misalnya jus buah.

Artikel lainnya: Bahaya Minum Alkohol Berlebih Bagi Kesehatan Tubuh

8. Rutin Olahraga

Sudah malas bergerak, malas pula untuk olahraga. Wah, jangan sampai kebiasaan ini masih Kamu miliki di tahun 2024 nanti.

Luangkan waktumu minimal 30 menit setiap harinya (5 kali dalam seminggu) untuk olahraga, dan Kamu bisa menambahkan durasi setiap minggunya.

Tidak mesti repot membuat kartu anggota di gym, kamu bisa memilih olahraga lain yang lebih murah, seperti lari, berenang, bersepeda, atau senam di rumah.

9. Perbanyak Minum Air Putih

Asupan air putih harus tercukupi setiap harinya. Alasannya, karena air membantu menghidrasi tubuh sekaligus mendukung sel-sel tubuh bekerja dengan normal.

Setiap orang memang membutuhkan asupan cairan yang berbeda-beda. Namun setidaknya Kamu minum 8 gelas air per hari. Kebutuhannya bisa jadi lebih baik daripada itu, terutama jika Kamu melakukan aktivitas di bawah terik matahari atau berolahraga.

Selalu bawa botol minum ke mana pun Kamu berada, agar Kamu tidak lupa untuk minum.

10. Melakukan Vaksin Influenza

Resolusi sehat yang tak kalah penting di tahun 2024 adalah menjaga kesehatan dengan melakukan vaksin influenza.

Vaksin influenza membantu melindungi tubuh dari serangan virus flu yang dapat menyebabkan berbagai komplikasi serius.

Flu bisa menyebar dengan cepat dan memiliki dampak yang signifikan terhadap kesehatan. Dengan melakukan vaksin influenza, Kamu dapat mengurangi risiko tertular flu dan menghindari potensi komplikasi yang dapat merugikan kesehatanmu. 

Vaksin flu bisa diberikan pada semua kelompok usia mulai dari umur 6 bulan. Jadi, semakin banyak orang yang melakukan vaksin flu, semakin terlindungi juga orang-orang di sekitarnya.

Saat ini vaksin flu yang tersedia di Indonesia adalah Vaxigrip Tetra, produk dari Kalventis. Vaxigrip Tetra adalah vaksin flu yang memiliki 4 jenis strain (quadrivalent), sehingga Kamu dan keluarga bisa mendapatkan perlindungan penuh dari penularan virus influenza.

Vaksin ini dirancang untuk memberikan perlindungan terhadap keempat jenis strain virus influenza yang aktif beredar di Indonesia.

Kamu dapat melakukannya dengan cara booking layanan medis di KlikDokter dan mendapatkan vaksin Vaxigrip Tetra di fasilitas terdekat dengan lokasimu.

Artikel lainnya: Mengenal Manfaat dan Efek Samping Vaksin Flu

Resolusi sehat tahun baru di atas sebetulnya hanya daftar kecil hal-hal yang bisa Kamu lakukan untuk meningkatkan kesehatan diri.

Apa pun resolusi yang sedang Kamu rancang, upayakan untuk mencapai resolusi secara bertahap tapi konsisten.

Sebarkan semangat sehat ini kepada keluarga, teman, dan sahabat. Jika dilakukan bersama-sama dan saling mendukung, mewujudkan resolusi sehat di tahun pasti jauh lebih mudah! Mencapai resolusi sehat yang Kamu buat ini bisa membantu #JagaSehatmu, lho!

Jika Kamu memiliki berbagai pertanyaan seputar kesehatan, jangan ragu konsultasikan ke dokter. Lebih mudahnya, Kamu bisa mencoba fitur Tanya Dokter dan Temu Dokter di KlikDokter! Download aplikasi KlikDokter sekarang.

Tahun BaruGaya Hidup Sehatberhenti merokokHidup SehatResolusi Sehat

Konsultasi Dokter Terkait