Sukses

Siapkan dari Sekarang, 5 Resolusi Sehat di Tahun Baru

Jangan cuma ingin menambah koleksi cap di paspor. Buat juga resolusi sehat tahun baru sebagai investasi kesehatan jangka panjang!

Klikdokter.com, Jakarta Tak terasa, tiga minggu lagi sudah tahun 2019! Apakah semua target tahun ini sudah tercapai? Jika sudah semua, berikan diri Anda apresiasi. Jika belum, masukkan target yang belum tercapai tersebut untuk dicapai tahun depan. Biasanya, resolusi tahun baru kerap berkaitan dengan karier, rumah tangga, relationship goal, pengembangan diri, atau traveling. Semua penting, memang. Namun, jangan lupakan kesehatan, dong! Masukkan resolusi sehat di tahun baru sebagai investasi kesehatan jangka panjang.

Boleh ambisius, tapi resolusi juga sebaiknya realistis. Misalnya dari segi kesehatan, buatlah daftar target sederhana untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh Anda. Percaya, deh, jika resolusi kesehatan sudah tercapai, biasanya untuk mencapai resolusi lainnya akan lebih mudah. Dilansir dari Reader’s Digest, jadikanlah target di bawah ini sebagai resolusi sehat 2019 Anda!

1. Tidur lebih awal

Jika target durasi tidur 8 jam setiap malamnya sulit diwujudkan karena satu atau beberapa hal, setidaknya tahun depan tekankan pada diri sendiri bahwa Anda akan tidur 30 menit lebih awal dari jam tidur Anda biasanya. Kemudian, geser terus durasi menit itu sampai Anda bisa mendapatkan waktu tidur yang paling ideal.

Misalkan, tahun ini Anda selalu tidur jam 1 pagi. Pada bulan pertama tahun depan, targetkan bulan jam tidur pukul 00:30, lalu bulan berikutnya menjadi tepat tengah malam, lalu majukan lagi menjadi pukul 11:30, dan seterusnya. Perlahan tapi pasti, Anda akan terbiasa tidur sebelum tengah malam. Hasilnya, ketika bangun Anda bisa lebih segar dan bersemangat.

2. Kelola stres lebih baik lagi

Benar-benar bebas dari stres itu adalah sesuatu yang tak mungkin. Karenanya, fokuslah untuk bisa mengelola stres lebih baik lagi. Tak perlu harus memperbanyak berlibur, Anda bisa melakuan cara-cara sederhana seperti menentukan prioritas atau rajin melakukan meditasi.

Dalam sebuah penelitian terhadap 3.515 orang dewasa yang diterbitkan dalam jurnal medis “JAMA Internal Medicine”, para peneliti menemukan bahwa 30 menit meditasi setiap hari dapat menurunkan gejala depresi dan kecemasan pada peserta setelah delapan minggu.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Dokumentasikan apa yang membuat Anda bahagia tahun 2019

Daripada memutuskan untuk sekadar “menjadi lebih bahagia” tahun ini, dokumentasikan apa saja hal-hal yang Anda syukuri setiap hari. Pendokumentasian ini bisa membuat Anda bahagia. Memori tersebut bisa kembali Anda kenang untuk memotivasi diri saat merasa down. Simpanlah jurnal, unggah hal-hal positif di media sosial Anda, mulai rajin menulis blog, dan lain-lain. Intinya, ciptakan memori yang membahagiakan yang bisa Anda simpan dan kenang sebagai cadangan semangat!

4. Ganti kebiasaan merokok dengan kegiatan yang lebih positif

Coba hitung, seberapa banyak uang yang terbuang percuma akibat rutin membeli berbungkus-bungkus rokok? Demi kesehatan, kurangi, atau lebih baik lagi berhentilah merokok. Uang yang biasa Anda habiskan untuk kebiasaan tak tersebut bisa dialokasikan untuk hal-hal yang lebih positif. Misalnya untuk traveling, disumbangkan ke orang-orang yang membutuhkan, atau investasi!

5. Perbanyak jalan kaki

Sudah bertahun-tahun punya resolusi ingin tubuh seperti supermodel Adriana Lima tapi, kok, realisasinya sulit sekali, lebih baik kini pasang target yang lebih realistis—dengan perbanyak jalan kaki! Dengan memperbanyak langkah dan frekuensi dalam melakukan aktivitas fisik tersebut, berat badan Anda pasti turun. Berat badan ideal bisa secara perlahan tercapai tanpa harus menyiksa diri.

Lima resolusi sehat tahun baru di atas sebetulnya hanya daftar kecil hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kesehatan diri. Apa pun resolusi yang sedang Anda rancang, upayakan untuk mencapai resolusi secara bertahap tapi konsisten. Sebarkan semangat sehat ini kepada keluarga, teman, dan sahabat. Jika dilakukan bersama-sama dan saling mendukung, mewujudkan resolusi sehat di tahun pasti jauh lebih mudah!

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar