Sukses

Tips Usir Rasa Malas di Akhir Pekan

Rasa malas sering menghinggapi ketika sudah memasuki akhir pekan. Nah, lawan rasa malas itu dengan melakukan beberapa tips ini.

Klikdokter.com, Jakarta Bagi sebagian orang, akhir pekan adalah waktu untuk bermalas-malasan karena itu adalah hari libur. Akan tetapi, itu sebenarnya bukan alasan karena banyak hal yang sebenarnya bisa dikerjakan. Jika Anda ingin produktif di akhir pekan tapi rasa malas melanda, cobalah tips ini agar Anda bisa semangat.

Biasanya, kemalasan akan melahirkan kemalasan lainnya. Anda bisa lebih memakai Anda waktu daripada hanya sekadar bermain gawai atau tidur-tiduran di kasur, apalagi saat ini musim hujan. Anda mungkin bisa berolahraga atau beres-beres rumah.

Berikut ini beberapa tips mengusir rasa malas di akhir pekan:

1. Atur alarm 10 menit

Dalam kondisi ini, tetapkan waktu 10 menit untuk mengerjakan sesuatu, meski Anda malas menyelesaikannya. Buat alarm untuk mengingatkan bahwa Anda sudah melewati waktu 10 menit.

Kondisi ini bisa “memaksa” Anda terus mengerjakan tugas itu karena tertantang untuk menyelesaikannya. Anda akan berhenti setelah waktu 10 menit selesai. Jika pilihannya adalah yang kedua, minimal Anda sudah mengerjakan sesuatu.

Psikolog Timothy A. Pychl dari Psychology Today memberikan saran yang sama. Pada dasarnya, Anda "membuat kesepakatan dengan diri sendiri" bahwa meskipun Anda tidak suka melakukan tugas itu, Anda tetap melakukannya selama 10 menit. Begitu sudah terlibat, Anda tidak akan tergoda untuk berhenti.

2. Olahraga

Olahraga penting untuk membangkitkan semangat Anda, terutama ketika dilakukan pada pagi hari. Saat Anda memompa darah di pagi hari dengan berolahraga, Anda akan merasa terbangun dan enerjik, bukannya mengantuk atau lesu.

3. Cari mitra yang tepat

Banyak ahli menyarankan Anda untuk mencari mitra yang tepat agar membuat Anda bertanggung jawab dan tidak menjadi malas. Misalnya, jika Anda menjadwalkan waktu untuk berolahraga di gym dengan seorang teman, Anda akan memiliki lebih banyak motivasi untuk benar-benar semangat.

4. Segera ganti baju

Jika Anda terlalu lama memakai gawai Anda dan tidak melakukan apa-apa, pertimbangkan untuk mengganti pakaian Anda menjadi baju olahraga.

Seperti yang dikatakan oleh ahli psikologi mode Karen Pine kepada Forbes, "Banyak pakaian memiliki makna simbolis bagi kita, apakah itu pakaian kerja profesional atau pakaian akhir pekan yang santai. Jadi ketika memakainya, otak Anda tanpa sadar akan mengarahkan untuk berperilaku konsisten sesuai makna pakaian itu."

Dengan kata lain, ketika Anda memakai baju olahraga, Anda akan terdorong melakukan olahraga.

5. Tuliskan masalah yang dihadapi

Menjelang akhir pekan, tidak ada salahnya menulis apa hal yang membuat Anda menjadi malas. Selain ditulis, pikirkan juga penyebab Anda malas dan langkah penyelesaiannya. Mungkin Anda akan menyadari bahwa masalah yang ada ternyata tidak sebesar yang Anda bayangkan.

6. Lakukan hal yang Anda pikirkan

Anda mulai berpikir untuk melakukan sesuatu, tapi masih dihinggapi rasa malas? Lebih baik Anda segara bangun dan lakukan apa yang Anda pikirkan. Biasanya itu ampuh untuk mengusir rasa malas yang mengganggu.

7. Aturan 2 menit

Aturan ini sama mirip seperti nomor 1. Hanya saja, jangka waktunya lebih pendek. Sebagai contoh, jika Anda melihat tumpukan piring kotor di bak cuci, Anda harus memutuskan apakah akan dicuci dalam waktu 2 menit atau kurang. Jika ingin mencucinya, lakukan itu sekarang juga.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar akhir pekan Anda menjadi lebih produktif. Ingat, rasa malas akan melahirkan kemalasan lainnya. Jika bisa mengerjakan sesuatu yang lebih bermanfaat, mengapa harus berdiam diri saja? Jadikanlah setiap waktu bermanfaat.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar