Sukses

8 Rahasia Sehat dari Orang yang Tidak Pernah Sakit

Memasuki musim hujan, tubuh rentan terserang penyakit. Ikuti rahasia sehat dari orang yang tidak pernah sakit, agar Anda tidak mudah tepar.

Klikdokter.com, Jakarta Setiap orang tentu ingin selalu sehat dan bugar. Sebab, sakit bisa menghambat aktivitas dan tak jarang menghabiskan banyak uang untuk perawatan. Agar tak mudah sakit, apalagi pada musim hujan seperti sekarang ini, coba praktikkan beberapa rahasia sehat dari buku “The Secrets of People Who Never Get Sick” karangan Gene Stone berikut, seperti dilansir Reader’s Digest. Tidak ada salahnya mengikuti tips dari orang-orang yang tidak pernah sakit.

  1. Kebiasaan tidur siang yang baik

Telah banyak diketahui bahwa kurang tidur menyebabkan berat badan meningkat, merusak sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan produksi kortisol, hormon yang memicu stres. Namun, ada cara mudah agar waktu tidur Anda cukup dan membuat badan sehat, yakni tidur siang.

Sarnoff Mednick, profesor psikologi di Universitas Southern California, mengaku tidak pernah pilek atau flu karena memiliki kebiasaan tidur siang. Waktu terbaik untuk tidur siang adalah antara jam 1 dan 3 sore.

  1. Bergaul dengan teman-teman

Bersosialisasi dengan teman-teman sama bermanfaatnya dengan menjaga asupan makanan dan berolahraga. Penelitian bahkan menemukan bahwa teman yang baik dapat melindungi Anda dari segala gangguan kesehatan, mulai dari kehilangan ingatan, serangan jantung, sampai penyakit menular.

Dalam bukunya, Stone membagikan kisah Sydney Kling, mantan perawat dan guru, yang hampir tidak pernah sakit selama 75 tahun. Kling mengaku kunci kesehatannya adalah karena ia terus aktif mencari teman baru. Ia juga mengklaim bahwa bersosialisasi dapat meningkatkan kepercayaan diri, yang pada gilirannya akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Menjaga asupan protein

Orang yang mengonsumsi lebih sedikit protein ditemukan memiliki sistem kekebalan yang lebih lemah. Sebab, protein adalah makronutrien penting yang bekerja membantu membangun otot, memperbaiki jaringan, serta membuat enzim dan hormon. Cobalah memasukkan makanan yang kaya protein setiap kali makan sehingga Anda tidak rentan jatuh sakit, apalagi kala musim hujan seperti ini.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  1. Batasi gula

Gula menghambat kemampuan sel darah putih untuk menghancurkan virus dan bakteri. Dengan mengurangi asupan gula tambahan, maka Anda turut membantu tubuh agar tidak mudah sakit. Di sisi lain, konsumsi gula berlebih sangat berbahaya karena terkait dengan obesitas, yang kemudian memperbesar peluang Anda terkena diabates dan jantung.

  1. Menikmati udara segar

Salah satu cara mudah untuk meningkatkan kesehatan adalah bersentuhan dengan alam. Cobalah rutin berjalan atau sekadar duduk di taman yang hijau agar Anda mendapatkan udara segar. Sebab, udara segar bisa mengusir stres, mengurangi gejala asma, memperbaiki kualitas tidur, serta meningkatkan koordinasi tangan dan ketajaman pikiran.

  1. Rajin konsumsi vitamin

Penting untuk meminum suplemen vitamin tambahan secara teratur. Mengandalkan makanan saja mungkin tidak akan cukup, apalagi jika Anda merasa makanan yang Anda konsumsi sehari-hari kurang bergizi seimbang. Carilah suplemen yang mengandung vitamin B, protein, dan mineral. Semua zat tersebut vital untuk kesehatan tubuh.

  1. Olahraga angkat beban

Tak hanya bikin otot-otot kuat, melakukan olahraga angkat beban juga dapat menurunkan berat badan. Dalam bukunya, Stone menjelaskan bahwa olahraga angkat beban dapat membuat Anda tak mudah sakit serta menurunkan risiko serangan jantung dan depresi.

  1. Nikmatilah waktu bersantai

Jika Anda terus-menerus kelelahan, risiko untuk terkena serangan jantung, diabetes, hingga sindrom usus bakal tinggi. Salah satu cara untuk menghindarkan diri dari ancaman tersebut adalah dengan sering relaksasi dan menikmati waktu bersantai. Dengan begitu, tubuh dan pikiran menjadi tenang dan sehat.

Bagaimana, mudah kan mengikuti cara-cara tersebut? Orang-orang yang tidak pernah sakit  ternyata memang punya sejumlah rahasia sehat yang tidak bisa Anda sepelekan. Selain itu, jangan lupa, konsumsilah air putih minimal 2 liter per harinya agar tubuh Anda makin bugar.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar