Sukses

Dampak Pakai Makeup Sejak Kecil bagi Kulit Anak

Karena sering nonton acara televisi atau video di media sosial, anak perempuan Anda jadi gemar memakai makeup sejak kecil. Berisikokah untuk kesehatan kulitnya?

Memakai produk makeup memang sudah jadi kebutuhan sehari-hari bagi sebagian besar wanita. Selain mempercantik diri, makeup juga bisa meningkatkan rasa percaya diri seorang wanita.

Tapi, bagaimana jadinya bila anak perempuan Anda merengek ingin pakai makeup juga? Apa dampaknya bagi kulit si kecil?

 

1 dari 3 halaman

Bahaya Produk Makeup bagi Kulit Anak

Dokter Reza Fahlevi, Sp.A, mengatakan penggunaan makeup pada anak sebaiknya tidak dilakukan. Hal ini berisiko mengiritasi kulit dan menyebabkan infeksi.

“Produk makeup mengandung bahan alami dan kimia juga yang sebenarnya tidak terlalu baik untuk kulit. Lagipula, struktur kulit pada anak dan orang dewasa berbeda. Anak memiliki lapisan kulit yang masih tipis,” ujar dr. Reza.

“Jika dipakaikan makeup dalam jumlah banyak dan sering, kulit anak bisa berisiko iritasi, kemerahan, dan timbul berbagai permasalahan kulit lainnya. Namun, hal ini bergantung pada kondisi kulit anak,” jelasnya.

Sebenarnya, baik pada anak maupun orang dewasa, dampak penggunaan makeup tergolong sama.

Namun, hal ini akan lebih berbahaya bagi anak karena lapisan kulitnya yang masih belum terbentuk dengan sempurna.

Artikel Lainnya: Bahaya Tersembunyi di Balik Bedak Tabur Bayi

Lantas, apa saja efek produk makeup bagi kesehatan kulit anak?

1. Kulit Iritasi

Biasanya, kulit iritasi memang jadi salah satu masalah yang paling sering dialami anak ketika terlalu sering memakai makeup. Kulit anak akan berubah menjadi kemerahan, gatal, kering atau terkelupas, dan muncul jerawat.

Bila kondisi ini terjadi pada anak Anda, coba konsultasikan kepada dokter untuk pengobatan yang tepat.

2. Kulit Keriput

Kulit yang keriput juga bisa dialami anak, lho. Sering memakai makeup bisa menyulitkan kulit untuk membuat sel kulit baru. Akhirnya, kulit jadi terlihat mengerut dan mengusam.

Inilah yang nantinya bisa membuat anak jadi terlihat menua meski usianya masih muda.

3. Tekstur Kulit Kasar

Menurut dr. Reza, anak-anak umumnya sulit untuk patuh dalam menjalankan suatu hal, misalnya membersihkan makeup dari wajah.

Bila sisa makeup tidak terangkat sempurna, nantinya bisa menyebabkan kulit kasar dan memicu masalah kulit lainnya.

Artikel Lainnya: Mengapa Anak Sering Bisulan?

2 dari 3 halaman

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Anak Pakai Makeup

Meski tidak disarankan untuk mengaplikasikan makeup pada wajah anak, pemakaian makeup dalam momen-momen tertentu mungkin masih diperbolehkan.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengizinkan anak memakai makeup:

  • Hanya gunakan makeup pada acara tertentu. Misalnya, acara menari di sekolah yang mengharuskan anak berdandan.
  • Kenalkan makeup ketika anak sudah berusia di atas 5 atau 6 tahun. Pada usia ini, anak bisa lebih mengerti mana yang boleh dilakukan dan tidak.

Menurut dr. Reza, ketika anak masih di bawah 5 tahun, kemungkinan anak untuk memakan atau merusak makeup akan sangat tinggi. Jadi, pastikan usianya sudah siap ya, Bun!

Artikel Lainnya: Makanan dengan Pengawet Picu Gangguan Kesehatan Anak

  • Gunakan pelembap sebagai pengganti makeup. Katakan kepada anak, pelembap adalah salah satu produk wajah yang tidak merusak kulit dan lebih sehat untuk wajah anak.
  • Ajarkan anak untuk menghapus dan mencuci wajahnya sampai bersih setelah penggunaan makeup. Anda bisa mencontohkan cara mencuci wajah yang baik dan benar di kamar mandi bersama anak.

Itulah beberapa aturan yang perlu diperhatikan sebelum memperbolehkan anak menggunakan makeup. Ikuti saran-saran dokter di atas agar produk makeup tidak membahayakan kesehatan kulit si kecil.

Bila ingin konsultasi ke dokter kulit dan dokter anak lebih mudah, yuk pakai Live Chat dari Klikdokter!

Baca juga beragam tips seputar kesehatan kulit anak lainnya yang penting untuk disimak.

(FR/AYU)

1 Komentar