Sukses

Jari Tangan Bengkak, Bisa Jadi 5 Hal Ini Penyebabnya

Tak hanya karena cedera, jari bengkak juga bisa disebabkan oleh faktor cuaca hingga kondisi medis tertentu.

Klikdokter.com, Jakarta Ketika sedang beraktivitas, Anda melihat salah satu jari tangan Anda bengkak tanpa sebab yang jelas. Padahal, rasa-rasanya Anda tidak mengalami benturan fisik atau gigitan serangga. Tapi jangan salah, jari tangan bengkak juga bisa disebabkan oleh banyak hal lain yang tak Anda sadari.

Jari bengkak bisa jadi merupakan gejala dari asam urat, salah satu penyakit sendi yang disebabkan oleh peningkatan kadar asam urat dalam tubuh. Kondisi ini dapat dipicu oleh beberapa hal. Salah satunya karena kebanyakan mengonsumsi makanan tinggi purin (seperti jeroan, daging merah, makanan laut) dan minuman beralkohol.

Namun setelah diperiksa ke dokter, hasil menunjukkan bahwa Anda baik-baik saja alias tidak menderita asam urat. Lalu, apa yang sebenarnya terjadi? Ini dia lima hal yang juga bisa menyebabkan jari tangan Anda bengkak, seperti dikutip dari Prevention:

  1. Cuaca terlalu panas

Cuaca panas menyebabkan pembuluh darah mengembang, sehingga memungkinkan lebih banyak panas keluar melalui kulit. Saat pembuluh meregang, sejumlah cairan bisa bocor di jaringan lunak dan menyebabkan bengkak.

Kondisi pembengkakan ini cenderung hilang dengan sendirinya saat Anda menyibukkan tangan dan melanjutkan aktivitas seperti biasa. Jika ia disertai rasa sakit dan cengkeraman yang lemah, segera periksakan pada dokter guna menelaah penyebabnya lebih jauh.

  1. Kebanyakan garam

Tubuh didesain untuk menjaga keseimbangan cairan dan asupan garam secara konsisten. Ketika Anda mengonsumsi garam berlebihan, tubuh akan menahan cairan sebanyak mungkin sebagai cara menjaga keseimbangan, dan hal ini dapat menimbulkan pembengkakan.

Biasanya, pembengkakan ringan yang disebabkan oleh kelebihan garam akan hilang dengan sendirinya dalam satu hari. Meski begitu, kondisi tersebut juga bisa berlangsung  lama tergantung jumlah asupan yang Anda konsumsi. Jika pembengkakan terus berlanjut, konsultasikan dengan dokter.

  1. Aktivitas olahraga

Jari tangan Anda bengkak saat berolahraga? Itu bisa terjadi karena pembuluh darah di tubuh Anda sedang merespons tuntutan energi yang meningkat di otot-otot. Pasalnya, saat berolahraga, tubuh Anda akan memproduksi panas. Sistem vaskular tubuh juga memungkinkan lebih banyak cairan untuk dilepaskan ke jari-jari tangan. Tak perlu panik karena ini wajar.

  1. Masalah pada ginjal

Jika ginjal Anda gagal mengeluarkan cairan berlebih, tubuh akan mempertahankannya yang kemudian memicu jari tangan bengkak. Faktanya, ketika ginjal tidak menyaring apa yang perlu keluar, cairan tetap berada di dalam diri Anda.

Ginjal juga membantu mengatur elektrolit dalam tubuh, sehingga semua jenis penyakit atau masalah terkait ginjal dapat memengaruhi proses ini. Hipertensi dan diabetes adalah beberapa kondisi yang dapat menyebabkan masalah ginjal.

  1. Konsumsi obat-obatan tertentu

Perlu diperhatikan bahwa beberapa obat yang Anda konsumsi juga dapat menyebabkan pembengkakan pada jari dan tangan. Obat-obatan untuk tekanan darah tinggi, diabetes, steroid, dan pil KB dapat menyebabkan bengkak di area seperti tangan.

Selain penyebab tersebut, jari bengkak juga dapat dipicu oleh carpal tunnel syndrome,  preeklamsia, gangguan kesehatan sistem limfatik dan penyumbatan arteri, penyakit Raynaud, dan osteoartritis. Segera periksakan ke dokter bila kondisi bengkak tersebut tidak menghilang dalam beberapa hari atau terasa nyeri.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar