Sukses

Kiat Atasi Stres Saat Traveling

Jalan-jalan berlibur harusnya bikin Anda senang dan bersemangat, bukannya stres! Simak di sini kiat mengatasi stres saat traveling.

Klikdokter.com, Jakarta Liburan, baik ke luar kota maupun ke luar negeri atau pelesiran atau urusan pekerjaan, seharusnya menjadi aktivitas paling dinanti yang bikin senang dan bersemangat—bukannya malah stres. Namun, memang kadang traveling bisa memicu stres karena beberapa faktor. Misalnya perencanaan yang kurang matang, pesawat delay, atau adanya hal-hal tak terduga. Jangan biarkan stres saat traveling melanda. Ada kiat untuk mengatasinya dengan mudah!

Meski sebetulnya Anda tak bisa benar-benar menghindari datangnya stres atau rasa cemas saat traveling, ingatlah bahwa ini bukanlah akhir dunia. Jangan korbankan petualangan yang menanti di depan mata hanya karena Anda tak bisa mengendalikan stres. Dilansir dari berbagai sumber, di bawah ini adalah langkah sederhana yang bisa mengurangi dan mengatasi stres kala traveling.

1. Merencanakan perjalanan sebaik mungkin

Rajin-rajin cek jadwal pesawat lewat situs web maskapai atau cermati email Anda apakah ada pengumuman dari maskapai terkait jadwal keberangkatan dan/atau kepulangan Anda. Ini penting sehingga Anda tak terburu-buru, tak menunggu terlalu lama di bandara, atau justru tak salah hari.

Ketika tiba di tujuan, mencari moda transportasi atau hotel bisa bikin frustasi. Oleh karena itu, ini penting untuk melakukan reservasi jauh-jauh hari, atau mencari tahu informasi selengkap-lengkapnya mengenai moda transportasi yang tersedia. Jika perlu, Anda bisa sewa mobil yang sudah siap menjemput Anda di tempat tujuan.

2. Berkemas secara cerdas

Langkah ini penting untuk menghindari stres karena kelupaan barang-barang penting. Karenanya, berkemaslah beberapa hari sebelum perjalanan dimulai agar tak terburu-buru. Buatlah daftar barang-barang yang penting, lalu conteng ketika barang-barang tersebut sudah masuk ke dalam koper. Jika Anda akan transit selama beberapa waktu, masukkan barang-barang penting seperti sikat gigi, baju ganti, charger, obat, atau hal-hal penting lainnya dalam tas carry-on.

3. Gunakan pakaian yang nyaman

Tak perlu berpakaian ala model di runway. Saat traveling, pakailah pakaian yang nyaman. Daripada pakai sepatu hak tinggi, lebih baik pilih sneakers plus kaus kaki karena biasanya Anda akan berjalan jauh. Hindari juga mengenakan pakaian yang terlalu ketat atau yang modelnya terlalu rumit seperti jumpsuit atau pakaian bertali-tali. Dikhawatirkan pakaian tersebut akan bikin tubuh tak nyaman dan peredaran darah jadi tak lancar.

Sesuaikan juga pakaian yang Anda bawa dengan musim dan cuaca daerah tujuan. Jika musim panas, gunakan pakaian yang nyaman dan menyerap keringat dengan baik. Jika daerah tujuan sedang diselimuti musim dingin, siapkan pakaian berlapis.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Menjaga pola makan

Selama traveling, menjaga pola makan sangatlah penting. Banyak pelancong yang sakit karena sering terlambat makan, atau makan dan minum sembarangan.

“Pastikan Anda makan tepat waktu, serta pilih jenis makanan yang bergizi selama traveling. Jangan lupa untuk minum air putih dengan cukup. Bila perlu, konsumsilah suplemen kesehatan untuk menjaga kebugaran Anda selama traveling,” kata dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter.

Usahakan untuk tetap mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Jika makan di luar, pastikan tempat makannya bersih dan tertutup, serta tidak terpapar debu yang mudah membawa kuman penyakit.Hindari konsumsi camilan tidak sehat sepanjang perjalanan, seperti kudapan yang mengandung penyedap rasa, pemanis, atau pengawet. Lebih baik Anda siapkan bekal buah-buahan yang awet di perjalanan seperti apel dan jeruk. Anda juga bisa membeli yoghurt. Usahakan untuk membeli yoghurt yang kadar gulanya rendah atau plain.

5. Menjaga kondisi tubuh sepanjang waktu

Minumlah vitamin, penuhi kebutuhan tidur sebelum perjalanan, siapkan obat-obatan penting sesuai dengan kondisi tubuh Anda. Jika memiliki gangguan kesehatan yang sifatnya dapat kambuh sewaktu-waktu, maka obat dan tindakan pencegahan penting dipikirkan sejak awal.

Bila Anda pergi bersama teman, saudara atau pasangan, maka pastikan agar dia dapat mengerti kondisi Anda. Jika sendiri, persiapan ekstra mulai dari memahami tempat tujuan amatlah penting. Ciptakan perjalanan traveling Anda dengan kondisi yang nyaman dan tanpa harus stres!

6. Catat segala informasi penting

Selama perjalanan, Anda harus selalu mengetahui informasi terbaru terkait laporan cuaca, situasi lalu lintas, apakah akan ada demonstrasi atau tidak, jam buka restoran atau tempat-tempat yang ingin dikunjungi, tempat transit perjalanan, dan lain-lain. Dengan begitu, Anda dapat memutuskan apakah sementara harus beristirahat di tempat tertentu sambil menunggu perjalanan aman kembali, terutama jika ada anggota keluarga yang berusia balita.

Ikutilah kiat-kiat di atas untuk mencegah dan mengatasi stres saat traveling. Tujuan utama traveling pada dasarnya untuk membuat hati dan pikiran tenang, membuka mata akan petualangan dan hal-hal baru yang menanti. Meski ada saja hal-hal yang bisa bikin stres, tapi sering-seringlah menarik napas dan selalu ingat bahwa traveling seharusnya penuh dengan energi positif. Happy traveling!

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar