Sukses

Manfaat Sehat Bicara dengan Diri Sendiri

Bicara dengan diri sendiri memang terkesan agak aneh. Namun ternyata, kebiasaan ini membawa banyak manfaat sehat, lho!

Klikdokter.com, Jakarta Tak sedikit orang yang sering berdialog atau bicara dengan dirinya sendiri. Apakah Anda salah satunya? Kebiasaan ini memang terlihat aneh, apalagi bila kepergok oleh orang lain. Namun di satu sisi, berbicara dengan diri sendiri ternyata bisa mendatangkan beragam manfaat sehat, khususnya untuk kondisi mental Anda.

Perlu diketahui sebelumnya, bicara dengan diri sendiri yang dimaksud di sini berbeda dengan keadaan yang terjadi pada orang-orang dengan gangguan mental. Maksudnya, berbicara dengan diri sendiri yang membawa manfaat sehat adalah sebuah kebiasaan lama yang dilakukan tanpa ada sangkut pautnya dengan kondisi stres, skizofernia, atau gangguan mental lainnya.

Manfaat bicara dengan diri sendiri

Dilansir dari Reader’s Digest, ini dia beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh orang yang memiliki kebiasaan bicara dengan diri sendiri:

  • Mengatasi kesepian

Berbicara dengan diri sendiri bisa membantu mengurangi kesepian. Kebiasaan tersebut merupakan reaksi yang menghibur untuk membantu mengisi “tempat” yang tenang dengan suara Anda sendiri.

Kendati begitu, Anda perlu khawatir ketika bicara dengan diri sendiri berujung pada debat. Hal itu bisa menjadi indikasi perilaku abnormal, karena merupakan bagian dari gejala skizofernia.

  • Membantu anak belajar

Jika Anda memiliki anak kecil, Bicara dengan diri sendiri di hadapan mereka dapat membantunya belajar bahasa. Ini karena kebiasaan tersebut membuat anak dapat menyerap informasi dan sering mengulangi apa yang mereka dengar dari ocehan Anda.

  • Bikin diri lebih teratur

Bicara dengan diri sendiri tentang suatu agenda memungkinkan Anda untuk tetap fokus terhadap hal tersebut. Hal itu karena otak manusia hanya dapat fokus terhadap satu hal pada satu waktu.

Faktanya, berbicara dengan diri sendiri turut membantu pikiran untuk memilah-milah sesuatu sehingga Anda dapat mengatur dan mengeksekusi rencana dengan lebih baik.

  • Membantu mencari barang lebih cepat

Studi yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Wisconsin-Madison dan University of Pennsylvania menemukan bahwa bicara dengan diri sendiri dapat membantu Anda menemukan barang lebih cepat.

Saat seseorang mengucapkan berulang-ulang benda yang sedang dicari, Anda secara tidak langsung “menggali otak” untuk menemukan memori tentang letak benda yang sedang dicari.

  • Mengatasi stres

Ketika Anda merasa stres terhadap suatu hal, kecenderungan untuk berbicara dengan diri sendiri akan muncul. Tak usah cemas, hal itu adalah cara normal seseorang untuk mengatasi stres dan kecemasan yang dapat membantu mengurangi “beban” dalam hidup.

Suara Anda sendiri pada dasarnya bertindak sebagai sebuah perilaku yang menegaskan kembali dan memperkuat bahwa sesuatu memang bisa dilakukan. Lewat kebiasaan tersebut, Anda juga dapat lebih menyuarakan kekhawatiran dan merasa lebih percaya diri saat stres.

Manfaat lain, seperti berkontemplasi, memecahkan masalah hingga meningkatkan kepercayaan diri juga dapat Anda rasakan lewat bicara dengan diri sendiri. Selama kebiasaan tersebut bukan sesuatu yang hanya muncul ketika Anda tengah stres berat, tak perlu khawatir. Jadi mulai saat ini, jangan melawan kebiasaan berbicara dengan diri sendiri jika memang hal tersebut terjadi secara alamiah, ya!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar