HomeGaya hidupSehat dan BugarManfaat Olahraga Kardio bagi Kesehatan yang Perlu Anda Tahu
Sehat dan Bugar

Manfaat Olahraga Kardio bagi Kesehatan yang Perlu Anda Tahu

dr. Valda Garcia, 05 Mar 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Anda sering mendengar anjuran untuk melakukan olahraga kardio? Sebenarnya, apa saja manfaatnya bagi tubuh?

Manfaat Olahraga Kardio bagi Kesehatan yang Perlu Anda Tahu

Kardio—kependekan dari latihan kardiovaskuler—adalah olahraga yang bertujuan untuk meningkatkan detak jantung ke zona detak jantung target sehingga sirkulasi darah dalam tubuh meningkat. Zona yang dimaksud adalah ketika terjadi pembakaran lemak dan kalori paling banyak.

Agar terhitung sebagai olahraga kardio, setidaknya Anda harus melakukan aktivitas selama 10 menit. Olahraga ini tidak membutuhkan durasi yang lama. Akan lebih baik jika melakukannya sedikit, tetapi rutin setiap hari daripada tidak sama sekali.

Olahraga kardio dikenal baik untuk menjaga kesehatan jantung. Ternyata bukan hanya itu saja. Berikut ini adalah 12 manfaat olahraga kardio bagi tubuh: 

1. Menurunkan Berat Badan

Olahraga kardio disebut-sebut sebagai olahraga yang paling efektif untuk menurunkan berat badan. Manfaat olahraga kardio untuk membantu membakar lemak dan kalori tentu perlu dipertimbangkan.

Saat berolahraga kardio, Anda dapat mencapai target denyut jantung per menit. Hal ini dapat membantu membakar kalori dengan jumlah yang banyak. Lemak pun akan ikut terbakar.

Tak hanya itu, otoritas kesehatan merekomendasikan 150 menit olahraga kardio per minggu untuk mengurangi risiko gangguan kesehatan.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat olahraga kardio yang satu ini mungkin sudah banyak diketahui. Ya, olahraga kardio berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung dan membuat jantung kuat karena tidak perlu bekerja ekstra untuk memompa darah.

Pemilihan jenis olahraga kardio yang tepat serta rutinnya latihan yang dilakukan dapat melatih jantung sehingga jantung menjadi lebih kuat.

3. Meningkatkan Metabolisme

Sama dengan jenis olahraga lainnya, manfaat olahraga kardio dapat membantu menjaga metabolisme tubuh.

Khasiat olahraga bagi kesehatan memang tidak main-main. Dengan melakukannya secara rutin, Anda dapat membantu menjaga tubuh tetap sehat dan bugar karena metabolisme tubuh dapat berjalan dengan baik.

4. Meningkatkan Kapasitas Paru-Paru

Selain baik untuk kesehatan jantung, manfaat olahraga kardio yang dilakukan secara rutin juga dapat melatih paru-paru sehingga kapasitasnya dapat meningkat.

Nah, bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan sistem pernapasan, mulailah untuk mencari jenis olahraga kardio yang cocok. Usahakan jenis olahraga yang dipilih adalah olahraga yang Anda sukai sehingga Anda lebih bersemangat untuk rutin melakukannya.

Artikel Lainnya: Ini Dia 5 Jenis Olahraga Kardio Selain Lari

5. Mencegah Berbagai Penyakit

Manfaat olahraga kardio selanjutnya adalah membantu mengurangi risiko berbagai penyakit. Gangguan kesehatan yang dimaksud, antara lain serangan jantung, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, diabetes, dan beberapa bentuk kanker.

Rutin berolahraga yang dibarengi dengan menjaga pola hidup sehat dapat mengurangi risiko terkena berbagai penyakit, seperti gangguan pada jantung, kolesterol tinggi, dan kencing manis karena metabolisme tubuh yang tetap terjaga dengan baik.

6. Membantu Menaikkan Mood

Dengan rutin melakukan olahraga kardio, Anda dapat membantu tubuh melepaskan hormon ‘merasa baik’. Hormon yang dimaksud, misalnya hormon serotonin dan dopamin.

Keduanya dapat dikatakan sebagai hormon ‘baik’ dalam tubuh. Sebab peningkatan profil hormon ini dapat membantu meringankan gejala depresi, kecemasan, dan kelelahan. Dengan begitu, Anda akan menjadi lebih bahagia.

7. Membantu Tidur Lebih Baik

Tidur malam yang berkualitas merupakan salah satu bagian dari penerapan gaya hidup sehat. Istirahat cukup mampu mengembalikan energi yang hilang setelah aktivitas padat seharian. Anda akan terbangun dengan kondisi tubuh yang lebih segar.

Jadi, manfaat olahraga kardio tidak hanya mengeluarkan kalori lebih banyak setiap harinya. Namun juga, Anda akan lebih mudah untuk beristirahat dan memiliki kualitas tidur yang baik.

Artikel Lainnya: Rutin Olahraga Bisa Mengatasi Insomnia, Benarkah?

8. Mengurangi Stres

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, olahraga kardio mampu membantu tubuh memproduksi hormon ‘baik’ yang membuat Anda lebih bahagia. Manfaat olahraga kardio yang satu ini sangat berguna bagi Anda yang kerap mengalami stres.

Jadwalkanlah untuk melakukan olahraga kardio. Anda tidak harus melakukannya dalam durasi yang lama. Sedikit, tetapi rutin sudah cukup untuk mengurangi stres yang Anda alami.

9. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit sehat? Rasanya hampir semua orang mendambakan hal ini. Nah, salah satu manfaat olahraga kardio ternyata baik untuk kesehatan kulit Anda.

Rutin berolahraga tidak hanya baik untuk kesehatan organ di dalam tubuh, namun juga baik untuk kesehatan kulit. Kulit akan terlihat lebih cerah dan sehat sehingga memberi kepercayaan diri lebih besar.

10. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Sistem imun dan daya tubuh penting untuk dijaga. Kuncinya adalah menjaga pola hidup sehat. Hal ini dapat dicapai dengan cara konsumsi makanan dengan gizi seimbang dan rutin berolahraga.

Olahraga kardio yang dilakukan rutin diketahui mampu meningkatkan sel darah putih di dalam tubuh. Ini merupakan hal baik sebab sel darah putih termasuk komponen yang diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh.

Manfaat olahraga kardio bagi tubuh yang satu ini tentu sayang untuk Anda lewatkan begitu saja, kan?

Artikel Lainnya: Olahraga Berlebihan, Apa Bahayanya?

11. Meningkatkan Kekuatan Otot

Bagi Anda yang berencana untuk membentuk otot, mungkin latihan beban menjadi olahraga pertama dalam daftar pilihan. Namun, tahukah Anda bahwa olahraga kardio pun dapat memberikan manfaat serupa?

Ya, beberapa contoh olahraga kardio, sebut saja berlari, berenang, dan bersepeda, berkhasiat untuk meningkatkan kekuatan otot Anda. Olahraga tersebut dapat meningkatkan kekuatan otot kaki, otot bagian tengah tubuh, bahkan otot tubuh secara keseluruhan.

12. Memelihara Kesehatan Tulang

Salah satu jenis olahraga kardio, yakni olahraga menahan beban dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang. Selain baik untuk otot, olahraga kardio juga baik untuk kesehatan tulang Anda.

Sayangnya, tidak semua jenis olahraga kardio memberikan manfaat ini. Bila ingin menjaga kesehatan tulang, Anda dapat memilih olahraga tertentu, seperti berlari, bersepeda, dan sebagainya.

Nah, demikian beberapa manfaat olahraga kardio bagi kesehatan. Meski menarik untuk segera dicoba, perlu diingat bahwa terlalu banyak melakukan olahraga kardio juga dapat menjadi bumerang tersendiri bagi kesehatan.

Jadi, perhatikan tingkat kebugaran Anda, lalu tetapkan pula hari istirahat ketika Anda tidak melakukan olahraga kardio. Selain itu, setelah memilih olahraga kardio yang disukai, jangan lupa untuk melakukannya rutin selama tiga hari dalam seminggu. 

Pertanyaan lebih lanjut seputar olahraga kardio bisa Anda tanyakan langsung kepada dokter lewat fitur Live Chat 24 jam di KlikDokter.

[WA]

JantungOlahragakardio

Konsultasi Dokter Terkait