Sukses

Bangkitkan Mood Anda dengan Makanan Ini

Mood turun karena sejumlah faktor tertentu? Jangan takut, bangkitkan kembali dengan makanan-makanan ini!

Klikdokter.com, Jakarta Mood atau suasana hati seseorang dapat berubah setiap waktu, tergantung kondisi yang terjadi pada lingkungan sekitar. Mood merupakan kondisi perasaan yang terus ada dan mewarnai kehidupan psikologis seseorang. Mood secara umum dapat dibagi menjadi dua, yakni mood baik dan mood buruk. Lalu ketika mood Anda sedang turun, bagaimana cara untuk membangkitkannya?

Pada dasarnya, perasaan sedih atau depresi adalah sesuatu yang normal saat keadaan penuh tekanan. Namun kalau dibiarkan terlalu lama, gangguan suasana hati (mood disorder) akan mengganggu kemampuan mereka dalam memenuhi tanggung jawab secara normal. Yang perlu diingat, mood yang turun bisa juga disebabkan kondisi penyakit tertentu, baik itu fisik maupun psikis.

“Ketika tubuh kekurangan vitamin D dan vitamin B12 misalnya, Anda akan lebih berisiko untuk mengalami bad mood. Karena pada dasarnya, kekurangan asupan vitamin tak hanya berpengaruh pada kerja tubuh semata, tapi kerja otak juga,” kata dr. Nadia Octavia dari KlikDokter.

Ada beberapa cara membangkitkan mood, salah satunya lewat makanan. Asupan berikut ternyata dapat menaikkan suasana hati Anda kembali setelah didera gangguan-gangguan yang menyesakkan.

1. Buah dan sayuran

Pisang merupakan buah bergizi dan kaya triptofan, yakni bahan kimia yang diubah menjadi serotonin. Triptofan berubah menjadi serotonin segera setelah pisang dikonsumsi, sehingga dapat membuat Anda merasa bahagia dan santai dalam waktu singkat.

Selain pisang, beberapa yang diketahui memengaruhi mood adalah alpukat dengan kandungan asam lemak tak jenuh yang meningkatkan mood. Jeruk yang kaya vitamin C sebagai peningkat energi.

Ada pula blackberry dan blueberry, yakni buah yang kaya akan antioksidan untuk membantu otak Anda memproduksi zat kimia bernama dopamin. Faktanya, dopamin memainkan peran penting dalam memori dan suasana hati dan itu bagus untuk kondisi psikis Anda.

Tak cuma itu, sayuran seperti bayam dan brokoli kaya juga akan asam folat, yang dapat mengurangi rasa lelah serta kecemasan. Di samping itu, sayuran juga dapat meningkatkan konsentrasi sebagai akibat dari guncangan mood akibat suasana hati tak menentu.

1 dari 3 halaman

Selanjutnya

2. Ikan

Beberapa jenis ikan, seperti salmon, kaya asam lemak omega-3, khususnya yang disebut EPA. Asam lemak omega-3 ini telah terbukti dapat meningkatkan kinerja otak Anda dan mengurangi depresi.

Orang yang makan ikan secara teratur memiliki risiko depresi, serangan jantung, dan stroke yang lebih rendah. Selain mengurangi depresi, makan ikan juga dapat menurunkan risiko beberapa jenis kanker.

3. Cokelat hitam

Mengonsumsi dark chocolate alias cokelat hitam, tentu bisa mengangkat suasana hati Anda. Makanan ini merangsang produksi hormon endorfin sebagai bahan kimia pada otak yang membawa perasaan senang.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. Telur

Protein dalam telur mengandung bobot gizi yang membantu tubuh menjaga gula darah Anda serta membantu menjaga suasana hati agar tetap optimis. Konsumsi telur, daging, dan beberapa produk susu lainnya dalam batas wajar serta tidak boleh berlebihan.

5. Yoghurt

Yoghurt dikenal sebagai makanan kaya kalsium yang mampu membantu meningkatkan mood Anda. Ketika tubuh memiliki jumlah kalsium yang tepat, dia mengirimkan sinyal bagi tubuh untuk melepaskan neurotransmiter sehingga membuat Anda merasa lebih baik. Tanpa kadar kalsium yang tepat, sering kali depresi dan kecemasan bisa bertambah parah.

Daftar makanan di atas memang dapat meningkatkan mood alias suasana hati Anda. Bila suasana hati Anda terus memburuk bahkan beralih menjadi mood swing, segera konsultasikan pada dokter guna mendapat penanganan yang lebih baik.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar