HomeInfo SehatSistem EndokrinZat yang Bantu Menjaga Kesehatan Kelenjar Tiroid
Sistem Endokrin

Zat yang Bantu Menjaga Kesehatan Kelenjar Tiroid

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 08 Mei 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Meski kecil, fungsi kelenjar tiroid sangat vital. Oleh karena itu, penting menjaga kesehatan tiroid lewat beberapa makanan ini.

Zat yang Bantu Menjaga Kesehatan Kelenjar Tiroid

Kelenjar tiroid berbentuk seperti kupu-kupu dan terletak di leher bagian depan. Kelenjar ini menghasilkan hormon tiroid yang bertugas menjaga banyak fungsi organ tubuh, mulai dari saluran cerna, detak jantung, otot dan tulang, hingga emosi (mood). 

Kelenjar tiroid yang berukuran kecil di tubuh perlu dijaga kesehatannya. Ini tak lepas dari peran tiroid yang vital bagi tubuh. Untuk menjaga kesehatan kelenjar tiroid, ada beberapa nutrisi dan vitamin untuk tiroid yang perlu dikonsumsi.

Pasalnya, kelenjar tiroid yang tidak terjaga kesehatannya dapat mengalami gangguan. Dua masalah yang lazim terjadi akibat gangguan tiroid adalah hipertiroid dan hipotiroid

Nah, nutrisi dan vitamin apa untuk tiroid yang perlu Anda penuhi? Simak di bawah ini:

1. Selenium

Hati, ginjal, dan kelenjar tiroid mengandung paling banyak selenium dibanding organ lainnya di dalam tubuh. 

Selenium adalah mineral yang berasal dari tanah. Ada banyak makanan yang mengandung mineral ini, dan penelitian pun menunjukkan konsumsinya dapat meningkatkan kesehatan tiroid.

Status selenium rendah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit tiroid. Peningkatan asupan selenium dapat mengurangi risiko kesehatan di bagian tubuh yang asupan seleniumnya rendah.

Selenium bisa didapatkan dari:

  • Kacang-kacangan: Kacang brasil, kacang mete, kacang walnut hitam, dan kacang macadamia
  • Seafood: Tiram, gurita, lobster, kerang, cumi, dan udang
  • Roti: Roti gandum utuh, roti pita besar
  • Biji-bijian: Biji bunga matahari, biji chia, biji wijen, biji rami, dan biji labu

Artikel Lainnya: Hati-hati, Penyakit Ini Mengintai Kelenjar Tiroid

2. Yodium

Tiroid membutuhkan yodium, yaitu mineral yang biasanya ditemukan di garam. Mineral ini sangat penting untuk fungsi tiroid. 

Tanpa yodium, Anda bisa berisiko mengalami kondisi ketidakseimbangan yang dapat menyebabkan gondok (pembengkakan tiroid) atau bahkan kanker tiroid.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Annals of Pediatric Endocrinology & Metabolism menyimpulkan, kekurangan atau kelebihan yodium sama-sama berisiko meningkatkan gangguan tiroid. 

Rumput laut adalah makanan yang bisa membantu Anda mendapatkan yodium yang tepat. Selain itu, makanan lainnya adalah yoghurt organik, stroberi organik, dan kentang organik.

Artikel Lainnya: Leher Membesar? Ini Perbedaan Bengkak pada Kelenjar Getah Bening dan Tiroid

3. Vitamin

Beberapa jenis vitamin memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuh, termasuk tiroid. 

  • Vitamin D 

Vitamin D untuk tiroid sangat penting perannya. Anda mendapatkan sebagian besar vitamin ini melalui paparan sinar matahari yang memicu tubuh memproduksi suplai vitamin D.

Namun, kadar setiap orang terpapar matahari tidak sama, apalagi saat musim hujan. Kekurangan vitamin D dikaitkan dengan kondisi tiroid yang disebut penyakit Hashimoto (HT).

Makanan yang bisa membantu Anda mendapatkan vitamin D biasanya datang dari jenis ikan, contohnya makerel, salmon, dan tuna. Sumber lainnya antara lain keju dan kuning telur.

  • Vitamin C dan E

Selain vitamin D, vitamin C dan E untuk tiroid juga perlu Anda penuhi kebutuhannya. Vitamin-vitamin ini banyak dijumpai pada berbagai sayur dan buah, misalkan bayam, kale, dan brokoli.

Makanan-makanan yang kerap dijumpai tersebut mampu membantu menjaga kelenjar tiroid selalu sehat. Dengan memilih makanan yang bisa menjaga kesehatan tiroid, Anda sudah mendukung kinerja kelenjar tiroid agar prima. 

Namun, konsumsilah berbagai nutrisi tersebut dengan porsi yang tepat.

Dapatkan info kesehatan lengkap lainnya hanya di aplikasi KlikDokter. Untuk konsultasi dengan dokter secara online, gunakan Live Chat untuk respons cepat.

(FR/NM) 

NutrisivitaminKelenjar Tiroid

Konsultasi Dokter Terkait