Sukses

Kegiatan Rumahan yang Efektif Bakar Kalori

Olahraga tak harus di gym atau luar rumah. Anda bisa mencoba beberapa kegiatan berikut di rumah untuk membakar kalori.

Kalori adalah zat gizi yang berfungsi menghasilkan energi agar tubuh bisa bekerja dengan optimal. Namun, apabila Anda mengonsumsi kalori dalam jumlah berlebih, zat gizi tersebut akan terakumulasi dan menyebabkan penumpukan lemak di berbagai bagian tubuh. Pada akhirnya, Anda bisa mengalami kelebihan berat badan. 

Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda tentunya perlu membakar kalori agar berat badan tetap ideal dan tubuh bugar. Jika tak sempat ke gym, Anda bisa melakukan beberapa aktivitas di rumah untuk membakar kalori.

Apa saja kegiatan rumahan yang bisa membakar kalori? Mari simak selengkapnya dalam artikel berikut.

1 dari 2 halaman

Aktivitas Sehari-hari yang Membakar Kalori

Membakar kalori dapat dilakukan dengan cara-cara yang konkret, seperti diet dan olahraga. Namun, olahraga tak harus dilakukan di gym atau luar rumah. Ada beberapa kegiatan rumahan yang juga bisa membakar kalori Anda, seperti: 

1. Naik Turun Tangga

Berjalan menaiki atau menuruni tangga selama sepuluh menit bisa membakar 100 kalori. Anda juga akan membentuk otot kaki yang lebih kuat, sekaligus memberikan pembakaran kalori yang cukup banyak.

Artikel lainnya: Antara Latihan TRX dan Boxing, Mana yang Lebih Cepat Bakar Lemak?

2. Bekerja di Meja Kerja

Ada kalanya Anda hanya perlu menyelesaikan pekerjaan kantor untuk mengejar deadline. Anda tidak punya waktu untuk menaiki tangga atau berjalan-jalan saat makan siang untuk membakar kalori. 

Pekerjaan kantor yang dikerjakan di atas meja juga bisa membakar 100 kalori selama 1 jam. Sesekali regangkan otot Anda dengan berdiri untuk membuat kopi atau menghampiri tempat sampah untuk buang sampah.

3. Berdiri

Anda bisa membakar sekitar 10 kalori ekstra untuk setiap 10 menit Anda berdiri daripada hanya duduk di meja. Mungkin Anda bisa menyusun rapat pertemuan bersama rekan kerja dengan lokasi meja berdiri, alih-alih di ruang konferensi biasa. 

4. Membersihkan Rumah

Jika Anda memiliki sederet pekerjaan rumah untuk dibersihkan, percaya atau tidak, ternyata hal ini bisa menjadi sesi olahraga yang efektif. Membersihkan rumah seperti menyapu, mengepel lantai, atau menyikat kamar mandi akan membakar sekitar 100 kalori dalam 30 menit.

Perlu membakar lagi? Cobalah aktivitas lain yang sedikit lebih berat, seperti menyedot debu atau mengecat rumah. Keduanya dapat menjadi latihan yang membangun kekuatan dan tentunya membakar kalori, yaitu sekitar 135–200 kalori. 

Artikel lainnya: Makanan Ini Ampuh Bakar Lemak dan Turunkan Berat Badan

5. Berkebun

Anda bisa memanfaatkan aktivitas berkebun untuk menurunkan berat badan. Berkebun dapat membakar sekitar 100 kalori untuk setiap 25 menit yang Anda habiskan untuk menggali, menjemur hasil kebun, dan menanam. 

Bonus tambahannya adalah Anda menikmati alam bebas sambil membuat taman yang indah, dan bahkan menanam beberapa sayuran sehat di halaman. 

6. Istirahat atau Tidur

Anda juga bisa membakar kalori yang menumpuk di tubuh selagi tidur, lho! Hal itu dibuktikan oleh peneliti, yang menemukan bahwa ketika beristirahat (tidur) dalam jumlah cukup, manusia bisa membakar kalori 10 persen lebih banyak.

Para peneliti menemukan bahwa partisipan yang memiliki kualitas dan waktu tidur yang optimal mengalami proses pembakaran kalori yang lebih efektif. Sebaliknya, partisipan yang tidur kurang dari delapan jam atau memiliki kualitas tidur yang buruk, jumlah kalori yang terbakar menjadi lebih sedikit.

Untuk menjalankan fungsinya, tubuh memang memerlukan asupan kalori. Meski demikian, jangan biarkan penumpukan kalori terus terjadi. 

Lakukan kegiatan rumahan yang Anda sukai secara rutin, agar proses pembakaran kalori terus berlangsung dengan optimal. Anda bisa menyapu, mengepel, atau berkebun untuk membakar kalori. Dengan begitu, berat badan Anda tetap ideal dan tubuh senantiasa bugar. 

Ingin tanya lebih lanjut mengenai topik ini atau masalah kesehatan lainnya? Tanyakan langsung kepada dokter-dokter kami melalui fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter. 

[NWS]

0 Komentar

Belum ada komentar