Sukses

Alasan Anda Harus Lebih Sering Makan Rumput Laut

Sering dijumpai pada minuman es atau kuliner Jepang, rumput laut nyatanya punya sejumlah manfaat untuk kesehatan yang sayang jika dilewatkan.

Klikdokter.com, Jakarta Rumput laut dan makanan Jepang seperti kesatuan yang sulit dipisahkan. Mulai dari sushi, ramen, sup, bento, dan lain sebagainya, semuanya memanfaatkan nori alias rumput laut. Kalaupun tidak dimanfaatkan untuk membungkus atau menjadi hidangan sampingan, potongan rumput laut gurih itu bisa dijadikan taburan di atas jajanan seperti takoyaki.

Untuk di Indonesia sendiri, rumput laut yang digunakan biasanya bukan jenis yang sudah dikeringkan. Karena di sini, rumput laut yang masih bertekstur kenyal dimanfaatkan sebagai pelengkap es buah segar. Nah, di luar kelezatan rumput laut tersebut, rupanya rumput laut punya sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Kandungan nutrisi rumput laut

Mengandung serat yang tinggi, asam lemak omega-3, dan polifenol, superfood yang satu ini dapat dengan mudah dicerna dan diserap nutrisinya oleh tubuh. Lebih dari itu, rumput laut menyediakan berbagai vitamin dan mineral yang tidak terkandung dalam sayuran yang ditanam di tanah. Bahkan, sebuah studi pada Agustus 2015 mengatakan bahwa rumput laut memiliki senyawa yang dapat meminimalkan risiko penyakit diabetes tipe 2.

Sementara itu, nori (rumput laut yang umumnya digunakan untuk melapisi sushi), memiliki kadar vitamin B12 dan zat besi yang tinggi sehingga dapat dijadikan opsi makanan terbaik untuk para vegetarian. Rumput laut pun merupakan komponen utama dari diet Okinawa, yaitu pola makan yang mengacu pada penduduk Okinawa di Jepang yang dikenal memiliki angka harapan hidup yang panjang.

Manfaat rumput laut bagi kesehatan

Apakah manfaat rumput laut hanya itu? Tentu saja tidak, masih ada beberapa manfaat lain jika Anda rutin mengonsumsi rumput laut, seperti:

  • Menurunkan kolesterol
  • Mencegah kanker
  • Karena tinggi akan kandungan mangan, rumput laut dapat meningkatkan hasrat seksual
  • Sebuah studi pada tahun 2015 menemukan bahwa rumput laut merah memiliki komponen yang menyerupai pengobatan ulkus standar sehingga dapat mengobati bisul.

Tak cuma baik untuk dikonsumsi sebagai makanan, banyak juga produk perawatan kulit yang memanfaatkan rumput laut sebagai bahan dasarnya. Dan menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, menggunakan produk perawatan kulit berbahan dasar rumput laut dapat menyerap kelembapan dari lingkungan sekitar dan menguncinya di lapisan epidermis. “Ini akan membuat kulit Anda terasa lebih sehat dan kenyal,” katanya.

Rumput laut pun baik untuk kulit berminyak. “Untuk Anda yang kulitnya berminyak, hanya dengan mencampurkan serbuk rumput laut dengan air, Anda mendapatkan scrub alami yang dapat menyeimbangkan kondisi kulit tanpa membuatnya berubah menjadi kering,” jelas dr. Astrid.

Selain bermanfaat untuk kulit, rumput laut juga berkhasiat untuk merawat rambut. Ya, sudah ada penelitian yang membuktikan bahwa rumput laut dapat mengatasi permasalahan rambut rontok dan kebotakan. Sebab, kandungan yodium di dalamnya dapat merangsang pertumbuhan rambut sehingga rambut bisa tumbuh lebih tebal.

Di sisi lain, kandungan fucoxanthin, phlorotannins, dan peptida dalam rumput laut bertanggung jawab atas mekanismenya dalam memerangi tekanan darah tinggi. Rumput laut juga dapat menghambat enzim pemicu hipertensi sehingga fungsinya mirip seperti obat hipertensi, yaitu captopril.

Banyak sekali, kan, manfaat rumput laut bagi kesehatan? Jadi, ketimbang menyantap camilan berkalori tinggi, sebaiknya konsumsi saja rumput laut. Karena selain enak, rumput laut juga bisa membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat.

[RS/ RVS]

2 Komentar