Sukses

Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan

Di balik rasanya yang manis, asam, nan segar, buah manggis juga ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Ini buktinya!

Klikdokter.com, Jakarta Buah manggis adalah salah satu buah yang digemari di Indonesia. Tak hanya lezat untuk dikonsumsi, tapi ternyata manggis (mulai daging buah hingga kulitnya) juga kerap dijadikan obat herbal. Anda tentu masih ingat, beberapa tahun belakangan, iklan produk ekstrak kulit manggis muncul di berbagai media. Sebetulnya, apa saja manfaat manggis untuk kesehatan tubuh?

Manggis adalah buah negara tropis yang tumbuh terutama di iklim yang panas dan lembap. Buah yang dikatakan berasal dari Semenanjung Malaya ini bisa dengan mudah didapatkan di negara-negara Asia Tenggara. Salah satu hal yang menarik dari manggis, Anda bisa tahun jumlah buah di dalamnya dengan melihat jumlah “benjolan” di bagian atas buah. Mungkin inilah asal mula peribahasa “tebak-tebak buah manggis”.

Apa saja manfaat buah manggis?

Selain daging buahnya, menurut dr. Citra Roseno kepada KlikDokter, manggis memang sejak lama dimanfaatkan kulit, daun, dan kulit akarnya.

Manggis merupakan buah yang mengandung kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, seng, tembaga, mangan, protein, karbohidrat dan serat. Buah ini juga mengandung vitamin C, vitamin B6, vitamin B12 dan vitamin A. Semua kandungan tersebut menjadikan manggis bermanfaat untuk:

  • Menjaga kesehatan kulit
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Menurunkan kadar kolesterol
  • Melancarkan peredaran darah
  • Mengurangi inflamasi
  • Membantu mengendalikan diabetes

Kulit manggis pun tergolong populer untuk menangkal berbagai masalah kesehatan. Menurut cerita nenek moyang, kulit buah manggis biasa dijadikan teh dan bisa diberikan sebagai pengobatan untuk diare, infeksi kandung kemih, disentri, demam, dan kencing bernanah. Salep yang terbuat dari kulit buah manggis juga dipercaya bisa menyembuhkan ruam kulit.

Kulit manggis sudah diproduksi secara massal dalam bentuk obat herbal seperti esktrak. Biasanya, ekstraknya dijadikan dalam bentuk tablet, pil, atau minuman yang tinggal diseduh.

Manfaat kulit manggis ini cukup luar biasa. Terdapat kandungan senyawa alpha-mangostin, beta-mangostin, garcinone B, dan garcinone E, yang secara kolektif disebut xanthone. Dalam sebuah studi di laboratorium, ditemukan bahwa xanthone memiliki efek antikanker ketika mereka dipelajari dalam tabung reaksi. Manggis juga telah ditemukan memiliki sifat antiinflamasi, antimikroba, antijamur, dan antiseptik dalam studi tabung uji.

Manggis kerap dielu-elukan sebagai "super fruit". Selain memiliki kandungan xanthone, beberapa sifat obat dari kulit manggis dapat dikaitkan dengan senyawa yang disebut tanin dalam kulit. Tanin memiliki sifat antiinflamasi, antiseptik, dan astringen. Itu semua bisa digunakan untuk mengatasi kondisi seperti diare, sindrom iritasi usus, dan gangguan kulit. 

Meski demikian, sampai saat ini tak banyak yang diketahui tentang efek samping manggis, termasuk apakah ekstrak manggis benar-benar bisa membantu pengobatan tertentu. Bahkan, ada pula kabar yang mengatakan bahwa beberapa zat dalam kulit manggis dapat memengaruhi efek terapi beberapa jenis obat kemoterapi pada pasien kanker yang sedang dalam pengobatan.

1 dari 2 halaman

Belum tentu aman untuk semua orang

Meski klaim khasiatnya sangat banyak, ternyata manggis belum tentu aman bagi semua orang. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan xanthone dapat mengganggu pembekuan darah normal. Jika pembekuan darah terganggu, ketika Anda jatuh dan luka berdarah, darah akan terus mengucur dan mengganggu sirkulasi darah.

Ada pula studi menunjukkan bahwa dosis xanthone yang lebih tinggi dapat menekan sistem saraf pusat pada hewan dan menyebabkan hewan tidak sadar. Xanthone dapat menyebabkan ketidaksadaran ketika dikombinasikan dengan herbal atau obat lain, dan mungkin bisa beracun pada dosis yang lebih tinggi. Meski demikian, studi terhadap manusia belum dilakukan.

Kandungan serta manfaat buah manggis bagi kesehatan memang masih perlu sejumlah penelitian lebih lanjut. Meski demikian, tidak ada salahnya Anda mengonsumsi buah manggis  dan menjadikannya sebagai variasi menu buah-buahan di rumah. Kombinasikan juga dengan sumber makanan sehat lainnya, ya!

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar