Sukses

Olahraga Angkat Beban dan Manfaatnya untuk Pria

Supaya tepat sasaran, ketahuilah terlebih dahulu manfaat olahraga angkat beban bagi pria.

Klikdokter.com, Jakarta Memiliki penampilan yang menarik tentu merupakan impian siapa pun, tidak terkecuali bagi para pria. Melakukan olahraga angkat beban dianggap menjadi salah satu cara yang tepat untuk menunjang penampilan. Bisa dibilang saat ini angkat beban banyak dilakukan oleh para pria. Apalagi, saat ini mudah sekali menemukan pusat kebugaran yang menyediakan fasilitas angkat beban.

Tidak dimungkiri, banyak pria memulai angkat beban karena ingin memperoleh bentuk tubuh yang ideal. Tidak sekadar membentuk tubuh, sebenarnya angkat beban memiliki serangkaian manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja keuntungan yang didapat pria dari melakukan latihan fisik ini?

  1. Meningkatkan fungsi otak

Olahraga angkat beban diketahui dapat meningkatkan hormon yang berperan dalam pembentukan sel otak baru, yaitu brain-derived neurotrophic factor. Tidak hanya itu, olahraga angkat beban secara rutin dan intens dipercaya dapat menambah daya ingat. Pada akhirnya, fungsi otak yang baik dapat meningkatkan kualitas berpikir Anda.

  1. Meningkatkan kadar hormon testosteron

Testosteron membantu mempertahankan kepadatan tulang, distribusi lemak, massa otot, kekuatan otot, dorongan seks, dan produksi sperma.  Setelah pria berusia di atas 30 tahun, penurunan testosteron akan terjadi sebanyak 1% per tahun sehingga dapat menurunkan fungsi-fungsi tersebut. Olahraga angkat beban bisa saja menjadi salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut.

  1. Memperbaiki kualitas tidur

Waktu tidur sangat diperlukan tubuh untuk mengisi energi kembali setelah seharian beraktivitas. Faktanya, melakukan olahraga angkat beban diketahui dapat meningkatkan kualitas tidur. Pada sebuah hasil penelitian ditemukan bahwa pria yang rutin angkat beban sebanyak 3 kali dalam seminggu, mengalami peningkatan kualitas tidur hingga 65%.

  1. Menurunkan berat badan

Olahraga angkat beban dapat membantu mempercepat penurunan berat badan. Ini karena saat melakukan angkat beban, orang butuh energi yang lebih banyak dan kecepatan metabolisme tubuh meningkat sehingga dapat berkontribusi dalam menyingkirkan timbunan lemak dalam tubuh.

Mengombinasikan olahraga angkat beban dan olahraga kardio dapat membakar lebih banyak kalori sehingga merupakan pilihan yang tepat untuk program penurunan berat badan.

  1. Mencegah penyakit jantung

Seiring bertambahnya usia, penurunan kadar hormon testosteron dapat terjadi dalam tubuh pria. Kondisi tersebut dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung. Sementara itu, olahraga angkat beban dipercaya dapat memompa kadar hormon testosteron dalam tubuh. Dengan begitu, risiko mengalami penyakit jantung dapat diturunkan.

  1. Mengurangi stres

Selain kesehatan fisik, olahraga angkat beban juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan mental. Faktanya, menurut The International Journal of Sport Medicine, terjadi penurunan hormon kortisol pada orang yang melakukan olahraga angkat beban selama 2 minggu.

Hormon kortisol merupakan hormon yang berperan dalam timbulnya stres pada seseorang. Di sisi lain, saat melakukan angkat beban terbukti terjadi peningkatan kadar hormon yang mengatur rasa senang, motivasi, dan percaya diri, yaitu endorfin.

Bagi para pria, sudah tahu, kan, bahwa begitu banyak manfaat yang dapat diperoleh dari olahraga angkat beban? Beruntungnya, dengan melakukan angkat beban secara rutin, dapat meningkatkan kebugaran tubuh sekaligus memperoleh bentuk tubuh yang Anda dambakan. Pada akhirnya, hal tersebut tentu dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar