Sukses

Dapatkan Manfaat Sauna untuk Kesehatan Jantung

Manfaa sauna ternyata tidak hanya untuk relaksasi, tapi juga untuk kesehatan jantung.

Klikdokter.com, Jakarta Sauna sejak lama telah menjadi tren perawatan tubuh. Ruangan sauna yang kecil disetel dengan suhu 70 derajat Celsius agar dapat membantu tubuh mengeluarkan keringat dan membakar kalori. Meski hanya duduk diam, Anda bisa sangat berkeringat di ruang sauna. Tak hanya membakar kalori, manfaat sauna ternyata juga mencakup kesehatan jantung.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Finlandia dan diterbitkan di jurnal BMC Medicine, melakukan sauna 4 - 7 kali dalam seminggu memiliki kemungkinan lebih rendah mengalami gangguan jantung fatal dibandingkan mereka yang hanya sekali seminggu.

Sementara itu, bagi mereka yang mengunjungi sauna lebih dari 45 menit per minggu secara total berisiko lebih rendah daripada mereka yang menghabiskan 15 menit per minggu. Hanya saja, penelitian itu masih dilakukan hanya kepada pria, dan datanya tidak menyeluruh.

Sauna bermanfaat untuk jantung, tapi perlu hati-hati

Tim peneliti di Universitas Eastern Finlandia dan Universitas Jyvaskyla melakukan penelitian lanjutan dengan mempelajari data tentang penggunaan sauna dan penyakit jantung yang dikumpulkan antara 1998 - 2015. Sebanyak 1.688 pria dan wanita mengambil bagian dalam penelitian ini dan memiliki usia rata-rata 63 tahun. Para peserta mengisi kuesioner yang merinci seberapa sering mereka menggunakan sauna.

Hasilnya, sering melakukan sauna sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Ini ketika data disesuaikan dengan memperhitungkan faktor risiko lainnya.

Dr. Gina Lundberg dari American Heart Association mengatakan, penelitian sebelumnya telah membuat temuan serupa, dan penelitian baru ini memberikan konfirmasi lebih lanjut bahwa sauna bisa sangat baik untuk kesehatan jantung.

Sementara itu, Profesor Jari Laukkanen, salah satu peneliti dan ahli jantung di University of Jyvaskyla, mengatakan bahwa penelitian ini penting karena melibatkan wanita dan orang tua. Tidak seperti penelitian sebelumnya yang hanya berfokus pada pria.

Akan tetapi, Laukkanen menegaskan penggunaan sauna tidak cocok untuk semua orang. Dia memperingatkan mereka yang memiliki gejala jantung sebelumnya untuk berhati-hati dengan kegiatan sauna, terutama jika tekanan darah Anda rendah.

Meski lewat serangkaian penelitian sauna sudah terbukti bagus untuk kesehatan jantung, Dr. Gina Lundberg menyatakan temuan itu masih terbatas. Ini karena penelitian masih sebatas kuesioner. Menurutnya, beberapa data lain juga perlu dijadikan pertimbangan terkait sauna untuk kesehatan jantung.

Sauna bukan pengganti olahraga atau diet

Menurut Lundberg, sauna tidak bisa menggantikan olahraga, diet, atau kebiasaan sehat lainnya. Untuk mendapatkan jantung yang sehat, dia menegaskan bahwa olahraga dan diet adalah kuncinya.

“Kebanyakan orang tidak menghargai pentingnya kebiasaan sehat seperti olahraga rutin dan pola makan yang sehat di samping mengurangi stres. Ini lebih murah daripada sauna dan tersedia untuk banyak orang. Ingat, sauna tidak akan bisa menggantikan olahraga, diet, atau kebiasaan kesehatan lainnya, tapi sauna bisa menjadi penunjang aktivitas sehat lainnya," pungkasnya.

Oleh karena itu, tetap lakukan aktivitas olahraga dan diet seimbang supaya manfaat sauna bisa dirasakan maksimal. Nah, Anda yang memiliki gangguan jantung bisa menjadikan sauna sebagai salah satu opsi untuk menunjang kesehatan. Disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter jantung Anda sebelum melakukan sauna.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar