Sukses

11 Makanan untuk Mengatasi Badan Lemas

Badan lemas bukan alasan untuk mangkir menjalani aktivitas. Lawan dengan konsumsi makanan berikut ini!

Badan lemas adalah kondisi di mana tubuh Anda terasa “tidak bertulang”. Akibat kondisi ini, Anda akan sangat kesulitan untuk sekadar melakukan aktivitas sehari-hari.

Badan lemas dapat terjadi akibat berbagai hal, mulai dari gaya hidup hingga gangguan kesehatan.

Faktor Penyebab Badan Lemas

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, berikut adalah beberapa faktor yang berhubungan erat dengan kejadian badan lemas:

  • Konsumsi Makanan Tertentu

Mengonsumsi kafein dan gula dapat menjadi bumerang bagi kesehatan tubuh Anda. Pasalnya, keduanya dapat membuat Anda semakin lelah serta merasa lemas.

Tak luput pula, terdapat sederet risiko kesehatan lain yang ditimbulkan kafein dan gula, apalagi bila dikonsumsi secara berlebihan.

  • Waktu Tidur

Waktu tidur berperan signifikan dalam menentukan kondisi tubuh seseorang. Jika waktu tidur tercukupi alias tidak kurang atau lebih, maka tubuh akan terasa sehat dan bugar.

Sebaliknya, apabila waktu tidur kurang atau berlebih, maka salah satu keluhan yang sangat mungkin terjadi adalah badan lemas.

  • Gangguan Kesehatan Tertentu

Anemia dan kadar gula darah terlalu rendah (hipoglikemia) atau terlalu tinggi (hiperglikemia) adalah beberapa gangguan kesehatan yang menyebabkan keluhan badan lemas.

Begitu pula dengan stres dan depresi, yang bahkan bisa membuat penderitanya tidak memiliki semangat untuk menatap esok hari.

Artikel Lainnya: Ini 5 Tanda Tubuh Anda Perlu Istirahat

1 dari 2 halaman

Makanan untuk Mengatasi Badan Lemas

Salah satu cara yang terbukti efektif untuk melawan badan lemas adalah dengan mengubah pola makan.

Beberapa makanan untuk mengatasi badan lemas yang bisa Anda jadikan pilihan, antara lain:

  1. Daging Merah Tanpa Lemak

Daging merah tanpa lemak merupakan sumber protein yang baik. Protein itu merupakan zat gizi yang bisa bantu meningkatkan kekuatan otot tubuh Anda.

Dengan mengonsumsi daging merah tanpa lemak dalam jumlah cukup secara rutin dan teratur, badan lemas sangat mungkin untuk dihindari.

Selain daging merah, Anda juga bisa protein dari telur, ikan, dan susu serta produk olahannya.

  1. Ubi

Ubi mengandung kadar kalium yang lumayan tinggi. Tidak heran, jenis umbi yang satu ini digolongkan sebagai makanan untuk badan lemas.

Kendati begitu, Anda tetap harus membatasi porsi ubi yang dikonsumsi agar manfaatnya benar-benar optimal. Anda bisa mengolah ubi dengan cara dipanggang, rebus atau kukus.

  1. Apel

Apel adalah salah satu sumber vitamin maupun mineral yang sangat baik dalam membantu tubuh menghasilkan energi.

Jadi, dengan makan apel segar dalam jumlah yang dianjurkan setiap hari, risiko badan lemas dan keluhan lainnya bisa ditekan sekecil-kecilnya.

  1. Pisang

Pisang mengandung vitamin dan mineral yang sangat baik untuk tubuh Anda. Buah berkulit kuning ini juga mengandung potasium dan serat, yang bisa menghasilkan rasa kenyang lebih lama.

Dengan makan pisang pada porsi yang tepat dan secara teratur, permasalahan badan lemas pun bisa teratasi.

  1. Pepaya

Pepaya mengandung vitamin, kalium, folat, likopen, asam amino, dan serat.

Tidak hanya baik untuk kesehatan saluran pencernaan, buah ini ternyata juga bisa bantu mengatasi badan lemas berkat kandungan vitamin C di dalamnya.

  1. Bayam

Bayam mengandung banyak gizi penghasil energi, karena memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi.

Konsumsi bayam dan sayuran lain seperti wortel atau brokoli jumlah cukup secara rutin disebut mampu mencegah terjadinya badan lemas.

Artikel Lainnya: Benarkah Badan Lemas Tanda Awal Penyakit ALS?

  1. Oatmeal

Oatmeal adalah sejenis biji-bijian yang merupakan sumber karbohidrat kompleks. Ini artinya, oatmeal dapat menjadi makanan yang baik untuk mengatasi badan lemas.

Beberapa oatmeal kemasan yang dijual di pasaran bahkan ada yang diperkaya dengan vitamin dan mineral. Asupan seperti ini sangat baik untuk mencegah badan lemas.

  1. Biji Chia

Biji chia alias chia seeds memiliki kandungan protein, lemak dan serat dengan rasio yang tepat.

Dengan mengonsumsi biji chia dalam jumlah tepat secara rutin dan teratur, kandungan gizi di dalamnya bisa membantu mengatasi dan mencegah badan lemas.

  1. Gandum Utuh

Gandum utuh adalah sumber karbohidrat kompleks, yang terbukti bisa menghasilkan efek kenyang lebih lama apabila dikonsumsi dengan porsi yang tepat.

Selain memberikan manfaat signifikan untuk saluran pencernaan, gandum utuh juga bisa dianggap sebagai makanan untuk badan lemas. 

Itu karena gandum utuh bisa memberikan pasokan energi, yang nantinya bakal membebaskan Anda dari jerat badan lemas.

  1. Quinoa

Quinoa mulai dilirik masyarakat masa kini dan dijadikan sebagai pengganti nasi. Wajar saja, karena quiona terbilang lebih sehat berkat kandungan karbohidrat kompleks, protein, serat dan zat besi.

Dengan mengonsumsi quinoa pada porsi yang tepat dan secara teratur, badan lemas tidak akan datang menghampiri dan mengganggu aktivitas Anda.

  1. Tahu

Coba tebak, makanan apa yang enak, mudah diolah dan harganya relatif murah? Ya, apalagi kalau bukan tahu.

Olahan kedelai ini mengandung zat besi dan merupakan sumber magnesium yang baik untuk kesehatan.

Dengan makan tahu secara rutin, Anda baru saja melakukan salah satu cara mengatasi badan lemas dengan cara alami, lho!

Jangan biarkan badan lemas terjadi, dan menganggu aktivitas atau menurunkan kualitas hidup Anda. Konsumsi makanan di atas pada porsi yang dianjurkan setiap hari, serta ubah gaya hidup menjadi lebih sehat lagi.

Jika dengan cara mengatasi badan lemas yang telah disebutkan keluhan tidak kunjung membaik, jangan sungkan untuk berkonsultasi lebih lanjut pada dokter.

[NB/ RVS]

1 Komentar