Sukses

5 Tips Diet dan Kebugaran untuk Pria

Pria, apakah Anda ingin memiliki berat badan ideal dan tubuh yang bugar? Ini tips diet dan kebugaran yang perlu Anda terapkan.

Klikdokter.com, Jakarta Berat badan berlebih tak hanya menyebabkan keresahan pada wanita, tapi juga pria. Tak heran, kini banyak pria yang mengikuti berbagai metode diet dan olahraga lantaran ingin menurunkan berat badan ke rentang normal. Apakah Anda juga demikian?

Tidak dimungkiri, diet dan olahraga memang merupakan langkah terbaik untuk memangkas berat badan. Meski demikian, hal itu butuh waktu dan konsistensi agar manfaatnya benar-benar terasa.

“Meski butuh waktu, diet dan olahraga terbukti lebih aman ketimbang mengonsumsi obat penurun berat badan yang berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan. Penurunan berat badan yang wajar adalah sekitar 0,5 kg per minggu atau 2–2,5 kg per bulan,” kata dr. Sara Elise Wijono dari KlikDokter.

Diet dan kebugaran untuk pria

Berikut adalah beberapa tips diet dan bugar untuk pria yang bisa Anda terapkan:

1. Variasikan rutinitas kebugaran Anda

Bergantian melakukan kegiatan olahraga adalah salah satu cara yang bisa bikin Anda tetap termotivasi serta tak gampang bosan. Untuk menurunkan berat badan sekaligus menjaga tubuh tetap bugar, gabungkan berbagai jenis latihan kardio seperti berlari, yoga, hingga bela diri.

2. Perhatikan metode memasak

Ketika Anda menerapkan metode diet tertentu dan menyiapkan makanan sendiri di rumah, pastikan metode memasak yang dipilih benar-benar sehat. Rebus, kukus, dan tumis adalah opsi memasak yang baik, ketimbang menggoreng dan memanggangnya.

Memasaklah dengan menggunakan minyak sehat seperti olive oil atau canola oil, bukan mentega. Dan, bumbui dengan herbal segar atau kering, bukan garam. Terapkan juga metode memasak makanan sehat seperti itu saat di luar rumah, misalnya dengan membawa bekal.

3. Meningkatkan latihan kekuatan

Latihan kekuatan adalah bagian penting dari semua rencana kebugaran, baik untuk variasi dan membangun otot. Dengan latihan ini, penurunan berat badan pun akan lebih optimal lagi.

Dalam latihan kekuatan, Anda tidak perlu mengangkat beban atau menghabiskan berjam-jam di gym. Karena, aktivitas ini bisa dilakukan di rumah, yaitu dengan push-up, squats, atau lunges.

4. Jangan lupakan latihan cardio

Latihan cardio meningkatkan detak jantung dan membakar sejumlah kalori. Berlari, berenang, joging, dan bersepeda adalah contoh latihan cardio yang bisa Anda jadikan pilihan.

Tidak punya banyak waktu itu itu? Anda dapat menyiasatinya dengan parkir lebih jauh dari tempat tujuan agar bisa menempuh sisa jarak yang dibutuhkan dengan berjalan kaki. Anda pun bisa memilih naik tangga daripada menggunakan lift atau eskalator.

5. Variasikan menu diet Anda

Menambahkan variasi sehat yang baru pada makanan yang menjadi menu diet dapat membantu Anda tetap tertarik untuk makan dengan benar. Hal tersebut juga turut memastikan bahwa Anda mendapatkan berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Salah satu contoh variasi menu sehat yang dapat Anda tiru adalah makan oatmeal dengan potongan buah untuk sarapan.

Lakukan tips diet dan kebugaran seperti di atas dengan saksama dan secara konsisten, agar hasilnya benar-benar optimal. Dengan demikian Anda bisa mendapatkan berat badan ideal dan tubuh yang sehat sekaligus bugar.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar