Sukses

Tips Tidur Nyenyak Saat Migrain, Bagaimana Caranya?

Penderita migrain biasanya sulit tidur karena rasa nyeri di kepala. Jika Anda mengalaminya, ikuti tips berikut agar bisa tidur nyenyak.

Tidur saat migrain tentu akan membuat Anda tersiksa. Namun tak perlu khawatir, ada beberapa tips yang bisa dicoba agar dapat tidur nyenyak ketika sakit kepala sebelah melanda.

Migrain adalah keluhan yang dapat berupa nyeri berdenyut di satu sisi kepala. Meski demikian, lama-lama rasa sakit tersebut dapat menyebar ke dua sisi kepala. Bahkan, ketika Anda stres atau kelelahan, rasa sakit akibat migrain lebih bisa parah dibanding sakit kepala biasa.

Tak hanya rasa nyeri di salah satu bagian kepala, migrain juga bisa menyebabkan masalah tidur. Anda sudah bisa dipastikan tidak akan mendapatkan tidur berkualitas ketika migrain menyerang semalaman. Berikut ini beberapa kiat agar tidur lebih nyenyak saat migrain.

Artikel Lainnya: Berhubungan Seksual Bisa Timbulkan dan Hilangkan Migrain, Ini Faktanya!

1 dari 3 halaman

1. Jaga Asupan Makanan

Menurut National Sleep Foundation, mengonsumsi makanan berat sebelum tidur dapat mengganggu istirahat malam Anda.

Kondisi ini dapat makin memburuk apabila Anda mengonsumsi makanan berminyak dan berlemak.

Di sisi lain, melewatkan makan malam juga bisa menjadi pemicu sakit kepala. Agar terhindar dari munculnya migrain menjelang waktu tidur, pilihlah menu sehat dan tentunya bebas lemak di malam hari.

Menjelang waktu tidur, hindari mengonsumsi camilan tinggi lemak yang dapat memicu migrain.

Artikel Lainnya: Waspada, Migrain Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung

2. Buat Jadwal Tidur yang Konsisten

Jadwal tidur yang teratur dapat menjaga siklus biologis otak. Saat jadwal tidur Anda teratur, tubuh akan mengantuk pada waktu yang sama dan bangun di pagi hari dengan kondisi yang lebih segar.

Jadi, cobalah tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya. Jangan sekali-kali begadang dan membalasnya dengan tidur seharian di akhir pekan. Hal ini justru bisa memicu sakit kepala yang parah.

3. Tidurlah dengan Rileks

Nyatanya, melemaskan otot dan tubuh menjelang waktu tidur dapat meningkatkan kualitas tidur Anda.

Buat kondisi tubuh lebih santai dengan mendengarkan musik yang menenangkan atau sekadar mandi air hangat sebelum tidur.

Artikel Lainnya: Migrain Okular, Penyakit Apakah Itu?

2 dari 3 halaman

4. Matikan Gawai

Cahaya biru pada gawai atau gadget ternyata bisa membuat tidur Anda tidak nyenyak. Sebab, cahaya tersebut dapat memberi sinyal ke otak untuk tetap bangun dan akhirnya membuat Anda sulit tidur.

5. Ciptakan Lingkungan Tidur Senyaman Mungkin

Penting untuk menciptakan kualitas tidur yang baik, apalagi jika Anda penderita migrain. Usahakan kamar tetap sejuk, redup, dan hening.

Pastikan juga bahwa Anda menggunakan kasur dan seprai dengan bahan yang nyaman.

6. Hindari Minuman Berkafein

Jika ingin cepat tertidur, hindari asupan minuman berkafein karena dapat membuat Anda lebih sulit untuk tertidur. Salah satu contoh minuman berkafein adalah kopi.

Demikian beberapa tips atau cara tidur nyenyak meski menderita migrain. Jika migrain tidak juga membaik, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Penanganan migrain yang sesuai, dapat menurunkan gejala dan memperbaiki kualitas hidup Anda.

Cari tahu informasi kesehatan lainnya dengan membaca artikel di aplikasi KlikDokter.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar