Sukses

Selain Gigi, Lidah Juga Perlu Disikat! Ini Alasannya

Menggosok gigi memang penting untuk dilakukan. Namun ternyata, lidah juga tak kalah penting untuk dibersihkan. Simak Alasannya.

Klikdokter.com, Jakarta Untuk memiliki mulut yang bersih dan sehat ternyata menggosok gigi saja tidak cukup. Lidah adalah salah satu bagian mulut yang juga tak kalah penting untuk dibersihkan. Hal ini karena menyikat gigi ternyata hanya mengangkat sebagian bakteri.

Bakteri tidak hanya terdapat pada gigi, tetapi ada di organ mulut lainnya, termasuk permukaan lidah. Hal ini menjadi sangat rentan terjadi pada orang yang memiliki struktur lidah bercelah (fissured tongue) sehingga memudahkan bakteri menempel pada organ tersebut. Berkumur tidaklah cukup untuk mengenyahkan bakteri-bakteri ini.

Selain itu lidah yang dipenuhi bakteri juga dapat menyebabkan bau mulut. Oleh karena itu, cara yang tepat adalah  lidah juga perlu dibersihkan agar bakteri tidak berkembang biak. Anda bisa menggunakan alat khusus pembersih lidah atau scraper tongue yang dijual secara bebas. Lidah yang sehat akan berpengaruh terhadap kesehatan gigi dan gusi, bahkan mulut secara keseluruhan.

Alasan membersihkan lidah

Berikut ada beberapa alasan mengapa Anda harus membersihkan lidah. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Indera perasa menurun

Lapisan yang menumpuk (plak) di lidah karena tidak dibersihkan akan membuat sensasi pengecapan pada lidah menurun saat mencicipi makanan atau minuman. Hal ini dapat terjadi karena sisa makanan dan kulit mati yang disebut dengan biofilm dapat menutupi indera perasa.

2. Berubah warna

Lidah akan berubah warna jika Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang berwarna. Sebagai contoh jika Anda sering mengonsumsi kopi tapi tidak rutin melakukan pembersihan pada lidah, lama-kelamaan lidah akan berubah warna menjadi hitam.

3. Lidah berjamur

Infeksi jamur juga dapat terjadi pada lidah dan akan menjadi parah jika Anda tidak menyikat lidah. Lidah akan terlihat berwarna putih pada permukaannya.

4. Penyakit pada gigi dan gusi

Dengan menyikat lidah, Anda dapat mengendalikan jumlah bakteri penyebab kerusakan gigi. Hal ini dapat terjadi karena kotoran yang menempel pada lidah dapat menyebar ke bagian mulut lainnya. Bila tidak dibersihkan, gusi dapat mengalami peradangan, yaitu gingivitis atau infeksi gusi. Jika tidak segera dilakukan perawatan, gingivitis akan bertambah parah menjadi periodontitis. Pada tahap ini gigi dapat tanggal.

Cara membersihkan lidah

Menurut American Dental Association (ADA), untuk membersihkan lidah, Anda dapat menggunakan alat khusus pembersih lidah atau scraper tongue. Lakukan hal ini setelah Anda selesai menggosok gigi dan berkumur. Gunakan alat penggosok lidah dengan menaruhnya di pangkal lidah kemudian ditarik secara perlahan ke arah depan dengan satu kali gerakan.

Lakukan hal tersebut paling tidak 2 hingga 3 kali sampai Anda merasa lidah telah bersih. Kemudian jika sudah selesai, Anda dapat berkumur kembali. Anda akan merasakan lidah Anda lebih segar dan bersih.

Nah, memiliki mulut yang sehat tentu akan membuat napas Anda menjadi lebih segar. Anda pun jadi lebih percaya diri saat bergaul. Jadi, jangan hanya gigi, Anda juga harus rutin untuk selalu membersihkan lidah setelah menggosok gigi, agar mulut Anda terbebas dari bakteri.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar