Sukses

Tingkatkan Kapasitas Paru Anda dengan Latihan Ini

Beragam cara dilakukan untuk meningkatkan kapasitas paru, salah satunya melakukan latihan khusus.

Klikdokter.com, Jakarta Bernapas merupakan proses vital dalam kehidupan. Organ yang mempunyai peran utama dalam hal tersebut adalah paru-paru. Apabila kapasitas paru Anda berada di bawah rata-rata maka hal itu dapat menurunkan aliran oksigen ke seluruh tubuh.

Menurut dr. Andika Widyatama dari KlikDokter, bernapas memiliki proses menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida dari dalam tubuh. Oksigen yang dihirup selanjutnya akan diedarkan ke seluruh tubuh melalui darah dan digunakan untuk proses metabolisme di dalam setiap sel tubuh.

Saat aliran oksigen ke seluruh tubuh menurun, kondisi tersebut dapat menaikkan risiko terkena sejumlah penyakit paru-paru. Oleh karena itu, beragam cara dilakukan untuk meningkatkan kapasitas paru, salah satunya melakukan latihan khusus.

Apa saja latihan olahraga yang tepat untuk meningkatkan kapasitas paru? Simak ulasannya di bawah ini.

Pernapasan perut

Pernapasan perut adalah latihan yang berfokus pada penargetan dan memperkuat otot diafragma yang memungkinkan seseorang untuk mengambil napas dalam-dalam. Anda dapat mengikuti langkah yang tepat sebagai berikut:

  • Taruh tangan atau benda ringan lainnya di perut Anda.
  • Bernapaslah perlahan melalui hidung untuk mencatat bagaimana perut Anda naik dan turun ketika bernapas.
  • Embuskan napas melalui mulut.
  • Tarik napas melalui hidung, buat perut Anda terisi oleh udara. Cobalah mengembuskan napas lebih lama daripada saat Anda menarik napas, seperti dua hingga tiga kali lebih lama.

Secara berkala, putar bahu ke depan, belakang, dan gerakkan kepala ke samping untuk memastikan Anda tidak membangun ketegangan di tubuh bagian atas.

Latihan yang dianjurkan dari American Lung Association ini membantu meningkatkan laju di mana paru-paru mengisi dan mengosongkan udara. Seseorang dapat berlatih pernapasan perut dan mengerutkan napas bibir selama sekitar 5 - 10 menit setiap hari untuk meningkatkan fungsi paru-paru.

Pernapasan bibir

Latihan pernapasan dapat membantu meningkatkan kapasitas paru-paru seseorang. Oleh karena itu, menghirup pernapasan bibir adalah latihan yang dapat membantu menjaga saluran udara terbuka lebih lama untuk membantu aliran udara.

Latihan ini mudah dilakukan dan semua orang dapat melakukannya hampir di mana saja. Simak caranya berikut:

  • Duduk tegak. Berlatih postur yang baik dapat membantu mempromosikan gerakan paru yang lebih baik.
  • Tarik napas dalam-dalam melalui hidung Anda dengan cara yang lambat dan terkontrol.

Embuskan napas melalui bibir yang mengerucut. Hal ini membuat tujuan bernapas dua kali lebih lama daripada bernapas. Beberapa orang mungkin merasa bermanfaat untuk mengatur waktu, seperti berfokus pada pernapasan selama 5 detik dan mengembuskannya selama 10 detik.

Latihan ini dapat bermanfaat bagi seseorang yang tidak aktif secara fisik dan jarang menggunakan otot pernapasan mereka.

Latihan olahraga interval

Latihan olahraga interval baik untuk meningkatkan pernapasan. Bagi orang-orang yang memiliki masalah dengan  napas  saat berolahraga, latihan interval dapat menjadi solusi. Latihan interval melibatkan gerakan tubuh menantang dengan periode pemulihan yang lebih lambat. Contoh latihan ini yakni berjalan dengan sangat cepat selama 1 menit, lalu lambatkan menjadi 2 menit.

Nah, dengan melakukan latihan-latihan di atas diharapkan kapasitas paru Anda semakin baik dan prima. Selain itu, rutinlah melakukan gerakan-gerakan tersebut supaya hasilnya dapat Anda rasakan. Tak lupa, konsumsi makanan sehat serta menjauhi kebiasaan merokok adalah solusi terbaik.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar