HomeGaya hidupDiet dan NutrisiKaya Nutrisi, Ini 13 Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan Tubuh
Diet dan Nutrisi

Kaya Nutrisi, Ini 13 Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan Tubuh

dr. Valda Garcia, 09 Apr 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kapulaga tidak hanya digunakan sebagai penyedap masakan. Sejak dulu, rempah ini juga populer digunakan sebagai obat tradisional. Memang, apa saja manfaat kapulaga untuk kesehatan?

Kaya Nutrisi, Ini 13 Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan Tubuh

Kapulaga termasuk jenis rempah yang serba guna. Rempah ini biasa digunakan sebagai bumbu dapur karena dapat menghilangkan bau anyir dan amis daging serta mengharumkan masakan. Di Turki dan Timur Tengah, kapulaga juga sering dicampur ke dalam kopi. 

Tak hanya itu, kapulaga telah banyak digunakan sebagai obat sejak berabad-abad lalu. Biji, minyak, dan ekstraknya diyakini baik untuk beberapa penyakit. Berikut adalah berbagai manfaat kapulaga untuk kesehatan tubuh yang perlu kamu ketahui:

1. Membantu Mengontrol Tekanan Darah

Khasiat kapulaga yang pertama adalah membantu mengontrol tekanan darah tinggi. Dalam sebuah studi, para peneliti memberikan tiga gram bubuk kapulaga per hari kepada 20 orang dewasa yang memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi). Setelah 12 minggu, tingkat tekanan darah menurun. 

Para peneliti melihat bahwa kadar antioksidan yang tinggi dan efek diuretik dalam kapulaga bertanggung jawab atas hal tersebut. Faktanya, status antioksidan pada partisipan penelitian meningkat hingga 90% pada akhir studi.

2. Memiliki Komponen Antikanker

Salah satu kandungan kapulaga atau cardamom adalah komponen antikanker. Sejumlah studi yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa bubuk kapulaga dapat meningkatkan aktivitas beberapa enzim yang kemudian membantu melawan kanker

Bumbu rempah ini juga meningkatkan kemampuan sel-sel untuk menghambat pertumbuhan tumor. Meski demikian, dibutuhkan penelitian yang lebih kuat pada manusia untuk memvalidasi hasil-hasil yang sudah ada.

3. Melindungi Tubuh dari Penyakit Kronis

Selain bersifat antikanker, kapulaga juga memberikan manfaat untuk tubuh karena komponen antiradang di dalamnya. Peradangan terjadi ketika tubuh kamu terpapar oleh substansi-substansi asing. 

Dalam jangka panjang, kondisi ini bisa berujung pada timbulnya berbagai penyakit kronis. Satu studi pada tikus menemukan bahwa mengonsumsi bubuk kapulaga menurunkan peradangan pada hati, yang disebabkan oleh pola makan tinggi karbohidrat dan lemak.

4. Mengatasi Bau Mulut

Khasiat kapulaga untuk kesehatan berikutnya adalah dapat mengatasi bau mulut tidak sedap dan memperbaiki kesehatan mulut. Manfaat ini sebenarnya adalah resep kuno.  

Di beberapa budaya, mengunyah bagian buah kapulaga untuk menyegarkan napas termasuk hal yang umum. Bahkan, salah satu produsen permen karet ternama menggunakan rempah ini pada produknya.

Satu studi menemukan bahwa ekstrak kapulaga efektif dalam melawan lima bakteri yang dapat menyebabkan kerusakan gigi. Alasan mengapa kapulaga dapat membuat napas segar mungkin terkait dengan kemampuannya dalam melawan bakteri mulut.

Artikel lainnya: Fakta Seputar Bau Mulut yang Perlu Anda Tahu

5. Mencegah Keracunan Makanan

Manfaat kapulaga yang tak kalah penting adalah mencegah keracunan makanan. Beberapa penelitian memperlihatkan bahwa ekstrak kapulaga dan minyak esensialnya sama efektif, dan terkadang lebih ampuh daripada obat-obatan standar untuk melawan E.coli dan Staphylococcus. Keduanya adalah bakteri penyebab keracunan makanan.

Campylobacter yang berkontribusi terhadap peradangan perut juga diteliti dapat diatasi dengan minyak esensial kapulaga. Namun, studi lebih lanjut tetap diperlukan untuk melihat efeknya lebih jauh pada manusia.

6. Baik untuk Kesehatan Pernapasan

Kapulaga juga diketahui dapat meningkatkan pernapasan dengan membuat jalan napas lebih rileks. Sebuah studi yang dilakukan pada tikus dan kelinci menemukan bahwa ekstrak kapulaga dapat mengendurkan saluran udara tenggorokan. 

Jika ekstrak ini punya efek yang sama terhadap orang dengan asma, mungkin dapat mencegah saluran udara mereka yang meradang dari rasa tercekik. Untuk mengetahui efektivitasnya ini, perlu dilakukan pengamatan lebih dalam.

Artikel lainnya: Kenali Organ Pernapasan Manusia, Fungsi dan Cara Kerjanya

7. Membantu Atasi Masalah Pencernaan

Selama ribuan tahun, manfaat kapulaga untuk kesehatan mengatasi masalah pencernaan cukup populer di masyarakat. Tidak hanya dapat digunakan sebagai obat herbal tunggal, kapulaga juga dapat dicampur dengan berbagai rempah dan herbal lain untuk mengatasi masalah pencernaan seperti mual dan muntah.

Dalam sebuah penelitian terhadap tikus, kapulaga telah terbukti mengurangi jumlah dan ukuran tukak lambung (luka pada lambung).

8. Mengobati Infeksi

Infeksi bakteri dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Nah, kapulaga memiliki efek antibakteri yang dapat mengatasi infeksi tertentu. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak dan minyak atsiri dari kapulaga mengandung senyawa yang dapat melawan beberapa jenis bakteri.

Akan tetapi, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut pada manusia untuk memastikan manfaat kapulaga yang satu ini.

Artikel lainnya: Sepuluh Bakteri Baik yang Menguntungkan bagi Manusia

9. Baik untuk Kesehatan Jantung

mitos seputar jantung

Khasiat kapulaga yang terbukti pada hewan percobaan antara lain adalah dapat meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini disebabkan karena salah satu kandungan kapulaga, yaitu antioksidan yang dapat membantu meningkatkan fungsi jantung.

Hewan percobaan yang mendapat kapulaga memiliki kadar kolesterol dan trigliserida yang lebih rendah. Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut terhadap manusia.

10. Membantu Menjaga Kesehatan Hati

Sejak dahulu kala, dalam pengobatan ayurveda telah diyakini manfaat kapulaga untuk membantu menjaga kesehatan hati.

Dalam suatu penelitian yang melibatkan orang-orang yang obesitas (kelebihan berat badan) dan perlemakan hati, didapati bahwa mereka yang mengonsumsi kapulaga memiliki kesehatan hati yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi plasebo.

Artikel lainnya: Herbal untuk Meningkatkan Kesehatan Liver

11. Membantu Mengatasi Asma

Asma adalah penyakit alergi yang dapat mengganggu aktivitas dan tidur. Salah satu manfaat kapulaga untuk kesehatan adalah dapat membantu mengatasi gejala asma seperti mengi, batuk, sesak napas, dan nyeri dada.

Ketika digunakan sebagai aromaterapi, kapulaga juga dapat memberikan harum yang menyegarkan. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang menghirup minyak atsiri kapulaga selama satu menit sebelum olahraga treadmill memiliki serapan oksigen yang lebih tinggi secara signifikan.

12. Menyembuhkan Batuk dan Pilek

Pilek sering kali disertai gejala batuk. Walaupun dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari, gejala yang ditimbulkan dari kondisi ini cukup mengganggu. 

Untuk membantu tubuh mempercepat proses pemulihan dari pilek dan batuk, kamu bisa membuat minuman untuk melegakan napas dan tenggorokan. 

Salah satunya adalah menggunakan rempah kapulaga. Air rebusan kapulaga dapat dicampur dengan madu sebagai obat alami untuk membantu mengobati flu.

13. Mengobati Masalah Tidur

Tidak hanya dapat membantu mengatasi penyakit fisik, salah satu khasiat kapulaga juga dapat membantu mengatasi masalah psikis, yakni insomnia.

Gangguan tidur ini menyebabkan seseorang susah untuk memulai tidur, sering terbangun di malam hari, atau bangun lebih biasanya dan tidak bisa kembali tidur. Kondisi ini umumnya dapat disebabkan oleh perasaan gelisah, cemas, dan banyak pikiran. Menghirup aroma minyak atsiri kapulaga dapat menenangkan pikiran dan membantu mengatasi masalah tidur.

Artikel lainnya: Kondisi Medis yang Membuat Anda Susah Tidur

Kapulaga termasuk rempah yang aman untuk dikonsumsi. Cara yang paling umum untuk mendapatkan manfaat dari rempah ini adalah dengan memasukkannya dalam masakan. 

Sudah banyak juga yang memanfaatkan suplemen, ekstrak, dan minyak esensial kapulaga untuk kesehatan. Namun, diskusikan dulu dengan dokter untuk keamanan dan dosis yang tepat. Lebih lanjut, suplemen kapulaga tidak direkomendasikan untuk anak-anak, serta wanita hamil dan menyusui.

Bila ingin mendapatkan informasi seputar manfaat rempah yang ada di sekitar kamu, unduh aplikasi KlikDokter dan kamu bisa menikmati fitur Tanya Dokter. Yuk #JagaSehatmu dengan memperhatikan kembali pilihan makanan, cara mengolahnya, dan porsi amannya untuk kamu konsumsi!

(APR)

pernapasanBau MulutKapulagaManfaat KapulagaKeracunan makanan

Konsultasi Dokter Terkait