Sukses

Agar Lensa Kontak Tidak Merusak Mata, Ini Aturan Pakainya

Anda menggunakan lensa kontak? Perhatikan aturan pemakaian dan perawatannya berikut ini agar tidak merusak mata.

Klikdokter.com, Jakarta Semua wanita tentunya ingin tampil cantik dan menawan. Berbagai cara pun dilakukan agar penampilan memesona dari ujung kepala hingga ujung kaki. Salah satu cara yang umum dilakukan oleh para wanita untuk mempercantik penampilan adalah menggunakan lensa kontak.

Banyak wanita yang merasa dirinya belum cantik secara optimal apabila mengenakan kaca mata. Oleh karena itu, beberapa wanita berkaca mata lantas menggunakan lensa kontak agar matanya bisa terbebas dari kaca mata. Dengan demikian, riasan di sekitar mata bisa lebih optimal.

Apalagi, kini lensa kontak dengan beragam merek, warna, dan corak telah tersedia untuk menunjuang penampilan. Bahkan, wanita yang sebenarnya tidak perlu mengenakan kaca mata pun dapat menggunakan lensa kontak berwarna yang plano (tidak ada minus).

Namun demikian, jangan sampai Anda asyik mengenakan lensa kontak tanpa memperhatikan aturan pakai yang benar. Salah-salah, malah Anda yang jadi korbannya. Berikut adalah aturan pemakaian yang harus Anda perhatikan saat menggunakan lensa kontak.

1. Hindari terlalu lama mengenakan lensa kontak

Usahakan agar Anda mengenakan lensa kontak kurang dari 8 jam per hari. Apabila harus mengenakannya lebih dari batas waktu tersebut, pastikan agar Anda mengenakannya tidak lebih dari 12 jam per hari.

Sebab, terlalu lama menempelkan lensa kontak di mata dapat berisiko membuat lensa kontak tersebut menjadi kering dan lengket ke kornea mata. Jika hal tersebut terjadi, Anda memerlukan bantuan dokter untuk melepaskan lensa kontak tersebut.

Yang perlu diperhatikan, jangan terburu-buru mencabut lensa kontak. Hal tersebut dapat berisiko menyebabkan robekan kornea mata yang kemudian mengganggu penglihatan dan menyebabkan infeksi.

2. Jangan mengenakan lensa kontak ketika tidur

Pastikan Anda selalu melepas lensa kontak sebelum pergi tidur. Jika Anda sampai lupa, lensa kontak akan mengering dan lengket ke bola mata. Selain itu, mengenakan lensa kontak saat tidur dapat meningkatkan risiko infeksi bakteri pada mata.

3. Lepaskan lensa kontak ketika berenang dan mandi

Jangan sekali-sekali menggunakan lensa kontak saat Anda berenang, karena dapat meningkatkan risiko infeksi acanthamoeba dan bakteri pada mata. Hal yang sama juga harus Anda lakukan ketika Anda mandi. Meskipun air keran terlihat bersih, air tersebut masih mengandung kuman-kuman yang dapat menginfeksi mata Anda.

4. Ganti lensa kontak sesuai batas waktu pemakaian

Perhatikan batas waktu pemakaian lensa kontak Anda. Apabila lensa kontak hanya bisa digunakan hingga 3 bulan, jangan menggunakannya hingga lebih dari batas pemakaian hanya karena sayang atau mahal. Sebab, hal tersebut justru dapat meningkatkan risiko infeksi mata.

5. Rajin membersihkan lensa kontak

Bersihkan lensa kontak setiap Anda selesai menggunakannya, tentunya hanya menggunakan cairan khusus pembersih lensa kontak, tidak boleh dengan cairan lain, apalagi air keran.

6. Selalu cuci tangan

Sebelum mencuci lensa kontak, cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir. Tangan Anda harus selalu bersih sebelum membersihkan lensa kontak untuk menghindari paparan kuman penyebab infeksi mata.

Demikianlah aturan pakai lensa kontak yang baik dan benar. Anda sering mengenakan lensa kontak? Ikuti berbagai aturan yang telah dijelaskan di atas agar terhindar dari berbagai masalah mata. Dengan demikian selain cantik, kesehatan mata Anda pun selalu terjaga.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar