Sukses

Jerawat Selalu Muncul di Tempat yang Sama, Apa yang Salah?

Baru seminggu hilang, eh, si jerawat muncul lagi di tempat yang sama. Kok, bisa ya? Begini penjelasan medisnya.

Klikdokter.com, Jakarta Hampir semua orang pernah terganggu dengan kemunculan jerawat. Jerawat bisa menimbulkan rasa tak nyaman, nyeri, dan mengganggu penampilan jika tumbuh di wajah. Ini bisa bikin waswas apalagi jika jerawat kerap muncul di tempat yang sama. Apa, sih, penyebabnya?

Dalam istilah medis, jerawat dikenal dengan istilah acne. Jerawat merupakan peradangan kulit yang mengenai kelenjar sebum dan folikel rambut akibat tersumbatnya pori-pori kulit. Jerawat dapat muncul di mana saja, selama terdapat kelenjar sebum dan folikel rambut.

Sumbatan pori-pori kulit penyebab jerawat dapat disebabkan oleh kotoran, sebum (lemak yang dihasilkan oleh kelenjar lemak kulit), dan bakteri yang menumpuk. Itu semua dapat menyebabkan reaksi radang, dan ini bisa menyebabkan infeksi.

Penyebab jerawat kerap muncul di tempat yang sama

Jerawat sendiri terdiri dari tiga tipe, yaitu komedo, jerawat radang dan juga jerawat tipe kista. Jika Anda kerap mengalami tumbuhnya jerawat di tempat yang sama, kemungkinan penyebabnya antara lain:

  • Jerawat tersebut mungkin adalah jerawat tipe kista

Jerawat yang terdapat jauh di dalam kulit dan sering muncul pada tempat yang sama mungkin merupakan jerawat tipe kista. Untuk bisa sembuh, jerawat tipe ini biasanya butuh waktu lama, hitungan minggu hingga bulan.

Jerawat tipe kista dapat membesar dan mengecil sesuai dengan jumlah minyak yang diproduksi oleh kelenjar minyak kulit. Untuk mengatasi kondisi ini secara tuntas, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin.

  • Memecahkan komedo putih

Pernah atau punya kebiasaan memencet komedo putih hingga pecah? Ada kemungkinan tidak semua sumbatan hilang. Hal ini dapat menyebabkan jerawat kembali mengalami peradangan. Iritasi juga dapat menyebabkan jerawat lain terbentuk tepat bersebelahan dengan jerawat sebelumnya, sehingga tampak seperti jerawat di tempat yang sama.

Untuk mencegah pori-pori tersumbat kembali, lakukan eksfoliasi atau pengelupasan kulit secara teratur.

  • Kebiasaan yang kurang atau tidak bersih

Menyentuh area wajah secara berulang saat sedang stres atau saat bekerja, atau menggunakan produk tertentu tanpa membersihkan wajah atau tidak mencuci tangan merupakan kebiasaan yang tidak baik.

Pasalnya, Anda tak akan pernah tahu kotoran atau kuman apa yang ada di tangan maupun produk yang diaplikasikan ke wajah. Kebiasaan tersebut dapat menyebabkan munculnya jerawat pada daerah yang sama. Ini karena kotoran dan minyak yang terdorong masuk ke dalam pori-pori kulit akibat kebiasaan tersebut yang berulang, sehingga memicu jerawat untuk muncul di tempat yang sama.

Maka dari itu, hindari kebiasaan menyentuh wajah atau lakukan pembersihan produk yang menyentuh wajah secara teratur.

Cegah kemungkinan munculnya jerawat di tempat yang sama dengan melakukan beberapa langkah. Dibutuhkan perawatan kulit yang baik untuk mencegah jerawat muncul di tempat yang sama, yaitu:

  • Rajin mencuci muka secara teratur, minimal dua kali sehari dengan sabun yang tidak banyak menghasilkan busa.
  • Diet sehat dan seimbang, yaitu perbanyak konsumsi buah dan sayur, serta kurangi makanan rendah lemak dan gula.
  • Olahraga minimal tiga kali dalam seminggu, dengan durasi 30 menit per sesi.
  • Hindari dan kelola stres dengan baik.
  • Penggunaan kosmetik secukupnya.
  • Hindari hal-hal yang dapat memicu produksi kelenjar minyak, seperti alkohol, makanan pedas, dan rokok.
  • Hindari paparan polusi udara. Gunakan masker saat sedang berada di tempat-tempat yang berpolusi.
  • Meski gemas, jangan memencet atau memecahkan jerawat.
  • Batasi menyentuh kulit.

Jika setelah melakukan langkah-langkah di atas tapi jerawat tetap membandel dan selalu muncul di tempat yang sama, sebaiknya lakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis kulit dan kelamin untuk penanganan lebih lanjut.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar