Sukses

Manfaat Menanam Pohon untuk Kesehatan

Tak hanya baik bagi lingkungan, menanam pohon juga bermanfaat untuk kesehatan. Tak percaya? Coba tengok penjelasan berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Menjaga lingkungan tetap asri merupakan kewajiban setiap insan di dunia. Lingkungan yang asri tentu tak bisa lepas dari rindangnya pepohonan. Jika ada banyak pohon di sekitar Anda, pasti udara terasa lebih sejuk dan segar untuk dihirup. Teriknya sinar matahari pun bisa terhalang oleh rimbunnya dedaunan. Nah, itu dia secuil dari banyak sekali manfaat pohon untuk kehidupan. Nyatanya, manfaat menanam pohon juga bisa dirasakan manusia, tak terkecuali untuk kesehatan tubuh.

Sayangnya, kini di kota-kota besar jumlah pohon semakin sedikit karena “tergerus” oleh bangunan. Kalaupun ada, pohon hanya menghiasi pinggir jalan raya, yang jumlahnya pun tak seberapa. Padahal, Anda sangat membutuhkan oksigen, terutama pada pagi hari. Dari situ, Anda mungkin akan mulai menyadari pentingnya menanam pohon dan menghiasi rumah dengan berbagai tanaman baik untuk penghias ruangan maupun untuk lebih menghijaukan pekarangan rumah. Satu yang memberikan harapan adalah mulai berkembangnya minat untuk melakukan urban farming.

Satu lagi motivasi penambah semangat untuk menanam pohon, ada beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda rasakan.

  1. Meningkatkan usia harapan hidup

Dilansir dari laman U.S.News, ada penelitian dari Universitas Harvard, Amerika Serikat, yang melibatkan 110.000 wanita selama 8 tahun. Dari penelitian tersebut, didapat kesimpulan bahwa wanita yang tinggal di daerah hijau memiliki tingkat kematian non kecelakaan 12 persen lebih rendah ketimbang wanita yang hidup di daerah gersang. Ini karena wanita yang hidup di wilayah tandus lebih tinggi risikonya untuk terkena infeksi pernapasan dan beragam jenis kanker.

  1. Mengusir stres dan depresi

Masih dari penelitian Universitas Harvard, dinyatakan juga bahwa lingkungan hijau cenderung dapat meningkatkan aktivitas fisik dan koneksi sosial yang bisa meredam depresi. Sementara itu, berkebun (termasuk menanam pohon) kini memang disarankan oleh sejumlah dokter sebagai terapi penghilang stres. Bahkan, berkebun selama 30 menit lebih efektif untuk menghilangkan stres ketimbang membaca buku. Ini karena tanah terbukti memiliki efek antidepresan, mirip dengan obat-obatan penenang.

  1. Mengurangi gejala asma

Beberapa tahun yang lalu, ada penelitian yang menggunakan sensor untuk ditempatkan di beberapa daerah di Amerika Serikat. Sensor itu berfungsi mengukur seberapa besar kadar nitrogen dioksida yang terdapat di udara lingkungan sekitar.

Nitrogen dioksida merupakan satu dari enam polutan udara yang kerap kali muncul di lingkungan yang dipenuhi oleh asap industri dan kendaraan bermotor. Hasilnya, anak-anak yang tinggal di lingkungan berpolusi dan tidak memiliki banyak pohon terhindar dari kehilangan hari-hari sekolahnya karena serangan asma.

Tak hanya itu, lingkungan hijau dikatakan menurunkan kunjungan lansia ke unit gawat darurat karena asma.  Dengan kata lain, menanam banyak pohon berarti dapat meringankan gejala asma dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar.

  1. Meningkatkan kualitas tidur

Kualitas tidur sangat ditentukan oleh faktor udara. Jika lingkungan tempat tinggal Anda hijau, udara sekitar pun cenderung bersih dan segar. Saat tidur pun, Anda tak perlu terbangun karena batuk-batuk dan sesak napas. Keesokan harinya, Anda pun bangun dengan perasaan segar dan bisa menjalankan aktivitas dengan semangat.

  1. Meningkatkan koordinasi tangan dan ketajaman pikiran

Menurut dr. Nitish Basant Adnani, BMedSc, MSc, dari KlikDokter, kekuatan, fleksibilitas, dan koordinasi tangan merupakan hal penting dalam berkegiatan sehari-hari. Nah, dengan Anda rutin berkebun dan menanam pohon, hal tersebut bisa menguatkan otot dan tangan dan melatih motorik halus. “Lebih dari itu, melakukan aktivitas berkebun secara rutin memiliki efek protektif terhadap kemampuan kognitif hingga menurunkan risiko terkena Alzheimer sampai 50 persen,” tambah dr. Nitish.

Menanam pohon tak hanya baik untuk lingkungan, tapi juga baik untuk kesehatan penanamnya. Tak hanya itu, banyak tanaman dan pohon di rumah juga membuat hunian lebih hijau, asri, dan sehat! Plus, dengan tren menanam pohon yang kian meningkat, sudah banyak sekali online shop yang menjual berbagai tanaman. Di Hari Menanam Pohon Indonesia yang jatuh pada hari ini, sebarkan semangat menanam pohon untuk menciptakan kondisi yang lebih baik untuk semua makhluk hidup!

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar