Sukses

4 Kesalahan Diet yang Bisa Bikin Tubuh Makin Gemuk

Bukannya bikin berat badan berkurang, cara diet yang salah justru bisa membuat tubuh Anda makin gemuk.

Klikdokter.com, Jakarta Apakah Anda pernah menerapkan metode diet tertentu untuk membantu menurunkan berat badan? Jika ya, bagaimana hasilnya? Apakah berhasil, atau Anda justru mengalami kenaikan berat badan sehingga tubuh makin gemuk?

Jika memang keadaannya seperti itu, Anda tak perlu merasa sendirian. Pasalnya, menurut survei terbaru di Inggris, hampir sepertiga wanita telah mengalami lonjakan berat badan yang cukup signifikan setelah melakukan diet sembarangan. Disebutkan bahwa rata-rata wanita tersebut mengalami peningkatan sebesar 1,8 kilogram.

Apa sebabnya?

Jika Anda bertanya: mengapa diet untuk menurunkan berat badan justru bikin tubuh makin gemuk, maka jawabannya adalah karena Anda melakukannya dengan cara yang tidak tepat.

Adapun beberapa hal yang membuat diet Anda tidak efektif dalam menurunkan berat badan, yaitu:

1. Diet sangat ketat

Orang yang ingin mengalami penurunan berat badan secepatnya biasanya akan menerapkan metode diet yang sangat ketat; tidak mau mengonsumsi lemak sama sekali atau benar-benar menghindari karbohidrat. Padahal, hal-hal seperti itu bisa menyebabkan metabolisme tidak seimbang, sehingga dapat menyebabkan peningkatan berat badan.

"Kalau diet itu, Anda harus makan semuanya dalam porsi yang pas dan pengolahannya juga tepat. Tidak baik kalau salah satu lebih, atau salah satu sangat kurang," ujar dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter.

2. Terpaksa mengonsumsi makanan yang tidak disuka

Diet yang dipilih memaksa Anda untuk mengonsumsi makanan yang tidak disuka? Awas, hal itu bisa menciptakan perasaan benci, sehingga kadar hormon cenderung stres (kortisol) akan meningkat. Semakin tinggi kadar hormon stres, keinginan Anda untuk makan akan semakin sulit dibendung.

3. Tidak ada keseimbangan

Sejatinya, diet bertujuan untuk menjaga keseimbangan pola makan sehari-hari. Jika belum paham betul tentang hal tersebut, peningkatan berat badan yang terjadi meski telah menerapkan metode diet tertentu bukanlah suatu hal yang mengherankan.

Sebagai contoh: di siang hari, Anda berkunjung ke restoran dan ingin mengonsumsi makanan pencuci mulut yang tinggi akan kandungan karbohidrat dan lemak. Maka, untuk menyeimbangkannya, Anda tak boleh lagi mengonsumsi karbohidrat atau lemak saat makan malam tiba.

4. Tidak konsisten

Diet perlu dilakukan dengan niat dan tekad yang kuat. Jadi, ketika sedang diet dan gagal satu kali karena tidak tahan dengan godaan tertentu, Anda bisa saja merasa putus asa sehingga metode diet apa pun akan terasa percuma. Nah, anggapan seperti inilah yang bisa menuntun Anda untuk kembali menerapkan kebiasaan makan tidak terkontrol yang bisa membuat tubuh gemuk. Kenyataannya adalah, menurunkan berat badan dan mempertahankannya membutuhkan konsistensi.

Mana di antara hal-hal di atas yang ternyata Anda lakukan tanpa disadari? Mulai koreksi diri dan metode diet yang Anda pilih, agar keinginan untuk mengubah tubuh gemuk untuk memiliki berat badan yang proporsional bukan hanya mimpi semata. Jika perlu, berkonsultasilah lebih lanjut dengan dokter atau ahli gizi.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar