Sukses

Daftar Rempah dan Manfaatnya untuk Menjaga Kesehatan

Tak hanya jadi bahan memasak, rempah-rempah juga menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja? Simak daftar lengkapnya di sini.

Tinggal di Indonesia memudahkan Anda memperoleh banyak sekali rempah-rempah. Tak hanya dipakai untuk menyedapkan masakan, bahan herbal khas Indonesia juga termasyhur manfaatnya bagi kesehatan.

Rempah-rempah juga dipakai di negara-negara lain, seperti Tiongkok, India, Brasil, untuk campuran masakan maupun pengobatan.

Apa saja jenis dan manfaat rempah-rempah untuk kesehatan? Berikut daftarnya untuk Anda.

1 dari 12 halaman

1. Kayu manis

Sebagian besar rempah-rempah adalah tanaman tersendiri. Namun, kayu manis merupakan lapisan kulit kayu bagian dalam dari pohon yang dikeringkan dan digulung.

Rempah ini dikenal mampu melegakan tenggorokan, dahak di paru, serta meredakan hidung meler.

Tambahkan batang kayu manis dalam segelas teh untuk melegakan tenggorokan. Selain itu, kayu manis juga bisa digunakan sebagai penyedap makanan, dari kue hingga bubur.

Ada juga yang menggunakan kayu manis sebagai obat. Contohnya untuk membantu mengendalikan gula darah, meredakan sakit kepala, dan lainnya.

Artikel lainnya: Rekomendasi Berbagai Rempah untuk Membantu Menurunkan Darah Tinggi

2 dari 12 halaman

2. Cengkeh

Rempah jenis ini mengandung segudang antioksidan yang baik untuk menangkal penyakit. 

Cengkeh dikenal cukup ampuh untuk menyegarkan napas, mengatasi perut kembung, memperlancar pencernaan, hingga mengurangi nyeri saat sakit gigi

Cengkeh juga bisa dijadikan bumbu makanan pencuci mulut yang baik bagi organ pencernaan. 

3 dari 12 halaman

3. Paprika dan Cabai

Meski berbeda, paprika dan cabai berasal dari keluarga yang sama. Keduanya mengandung antioksidan tinggi, termasuk beta-karoten, kuersetin, dan luteolin.

Senyawa kapsaisin pada cabai, misalnya, memiliki segudang manfaat kesehatan, termasuk antikanker. 

Paprika dan cabai dapat dikonsumsi bersama makanan lain untuk memicu sensasi pedas.

Artikel lainnya: Daftar Bahan Alami untuk Redakan Gejala Malaria

4 dari 12 halaman

4. Kunyit

Rempah-rempah kunyit dinilai bermanfaat untuk menangani infeksi jamur. Kunyit juga kerap dikaitkan dengan obat khusus kanker usus

Penelitian menunjukkan bahwa kunyit memang bersifat antiradang, antiviral, antibakteri, antijamur, dan antikanker.

Tak heran bila kunyit digunakan dalam deretan obat tradisional India, Thailand, dan Tiongkok untuk berbagai masalah kesehatan. Kandungan antioksidan di dalamnya dapat memberikan sejuta manfaat bagi tubuh.

5 dari 12 halaman

5. Pala

Pala adalah rempah asli Indonesia yang telah populer sejak lama. Rempah ini sudah menjadi komoditas perdagangan penting sejak era Romawi kuno.

Bukan cuma untuk bumbu masakan, pala juga menghasilkan minyak atsiri. Minyak ini sering dipakai dalam industri pengalengan serta kosmetik.

Pala juga sering digunakan sebagai penambah gairah seks. Jangan heran, permintaan ekspor pala ke negara lain terus meningkat dari waktu ke waktu.

Artikel lainnya: Aneka Jenis Rempah yang Baik untuk Kesehatan Otak

6 dari 12 halaman

6. Daun Mint

Apakah Anda sering menggunakan daun mint untuk pelengkap minuman teh atau menghirup aromaterapi peppermint? Herbal ini memang sering kita temukan, baik pada obat maupun sebagai aromaterapi.

Kandungan di dalam daun mint dapat membantu meredakan gangguan pencernaan, memperbaiki fungsi otak, serta mengurangi nyeri ketika menyusui. Cukup banyak manfaatnya, bukan? 

7 dari 12 halaman

7. Basil

Ada berbagai cara memanfaatkan basil, salah satunya ketika membuat saus pasta. Basil dianggap dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta bisa membantu mencegah pertumbuhan bakteri dan mikroba lainnya.

Penggunaan basil dalam makanan akan memberikan Anda sejumlah nutrisi, seperti vitamin, mineral, dan beragam antioksidan. Minyak atsiri (essential oil) basil juga punya segudang khasiat kesehatan.

8 dari 12 halaman

8. Jahe

Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan jahe. Rempah-rempah ini bermanfaat untuk bumbu masak sekaligus campuran dalam minuman hangat.

Banyak penelitian yang mengkaji rempah-rempah jahe dan manfaatnya. Salah satunya, kandungan di dalam jahe dapat membantu meredakan rasa nyeri serta mual.

Artikel lainnya: Daftar Rempah-Rempah yang Bermanfaat Bagi Ibu Hamil

9 dari 12 halaman

9. Bawang Putih

Bawang putih nyaris tak pernah absen dalam aneka masakan rumahan. Selain sebagai bumbu untuk memperkaya cita rasa masakan, bawang putih juga memiliki banyak keistimewaan dalam hal kesehatan.

Zat yang terkandung di dalam bawang putih dipercaya dapat meredakan flu. Selain itu, konsumsi bawang putih juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

10 dari 12 halaman

10. Kapulaga

Jenis rempah-rempah satu ini dapat bermanfaat untuk mengatasi peradangan, meringankan masalah perut, menurunkan kolesterol darah, serta mencegah diabetes.

Selain itu, bila dikonsumsi setiap hari selama beberapa bulan dipercaya dapat menurunkan tekanan darah. Kapulaga juga tinggi akan mineral seperti zink dan magnesium. 

11 dari 12 halaman

11. Serai

Serai dapat digunakan sebagai aromaterapi. Dan ternyata bila dikonsumsi, serai mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur karena kandungan antioksidannya yang tinggi. 

Serai juga dipercaya dapat melancarkan menstruasi, meringankan nyeri dan bengkak, menurunkan demam, maupun menstabilkan kadar gula darah dan kolesterol. 

Bila diseduh, air serai dianggap memiliki efek menenangkan pikiran serta dapat mengurangi kecemasan.

Demikian macam-macam rempah dan manfaatnya untuk kesehatan. Agar hasilnya maksimal, kombinasikan dengan gaya hidup sehat setiap hari. Konsumsi makanan sehat dan seimbang, rutin olahraga, cukup minum, serta istirahat secara teratur.

Apabila Anda ingin bertanya kepada dokter seputar topik ini, manfaatkan  layanan Live Chat 24 Jam dari aplikasi KlikDokter

[RS]

0 Komentar

Belum ada komentar