Sukses

5 Rempah Ini Ampuh untuk Menjaga Kesehatan

Menjaga kesehatan ternyata tidak sulit. Cukup dengan konsumsi beberapa rempah berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Rempah kerap digunakan sebagai pengawet atau penyedap masakan. Meskipun tujuannya mirip, rempah-rempah biasanya biasanya berbeda dari tanaman obat dan  sayuran beraroma. Salah satu manfaat rempah adalah untuk menjaga kesehatan tubuh.

Menurut data Food and Agriculture Organization (FAO) tahun 2016, Indonesia menduduki peringkat pertama produsen vanili dan cengkeh dunia, serta peringkat kedua produsen lada dan pala dunia pada tahun 2014. Jauh sebelum data ini dihimpun, zaman dahulu kala Indonesia pun dijajah karena dianggap sebagai surga rempah-rempah.

Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, negara-negara di Asia Tengah seperti Cina dan India, kemudian negara di Amerika Selatan seperti Brasil, serta negara-negara tropis lainnya banyak memanfaatkan rempah dalam masakan maupun pengobatan.

Artinya, rempah memang telah dipercaya sebagai obat sejak bertahun-tahun lamanya. Beberapa jenis rempah dikenal memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, antara lain:

  1. Kayu manis

Sebagian besar rempah-rempah adalah tanaman tersendiri. Tetapi, kayu manis atau cinnamon merupakan lapisan kulit kayu bagian dalam dari pohon yang dikeringkan dan digulung. Ia dikenal mampu melegakan tenggorokan, dahak di paru, serta meredakan hidung meler.

Tambahkan batang kayu manis pada segelas teh Anda untuk melegakan tenggorokan. Selain itu, kayu manis juga bisa digunakan sebagai penyedap makanan, dari kue hingga bubur.

“Ada juga yang memanfaatkan kayu manis sebagai obat. Misalnya untuk mengontrol gula darah, meringankan sakit kepala, dan keluhan lainnya,” kata dr. Astrid.

  1. Cengkeh

Cengkeh dikenal cukup ampuh untuk menyegarkan napas dan mengatasi perut kembung. Rempah jenis ini juga mengandung segudang antioksidan yang baik untuk menangkal penyakit pada tubuh.

Tak hanya menyehatkan, cengkeh juga dapat dijadikan bumbu makanan pencuci mulut yang baik bagi organ pencernaan.

Selain itu, dr. Astrid menuturkan bahwa cengkeh kerap dimanfaatkan sebagai obat alami. Khasiatnya mulai dari memperlancar pencernaan hingga mengurangi nyeri saat sakit gigi.

  1. Paprika dan cabai

Paprika dan cabai memang berbeda, namun mereka berasal dari keluarga yang sama. Keduanya mengandung antioksidan tinggi, termasuk beta-karoten, quercetin, dan luteolin.

Capsaicin pada cabai misalnya, adalah zat yang disebut memiliki seguang manfaat kesehatan, salah satunya antikanker. Cara konsumsi paprika dan cabai biasanya dicampur sebagai bahan makanan guna menguatkan rasa, contohnya sensasi pedas.

  1. Kunyit

Kunyit dipercaya sebagai salah satu jenis rempah yang menyehatkan dan kerap dikaitkan dengan obat khusus kanker usus. Penelitian telah menunjukkan bahwa kunyit bersifat antiradang, antiviral, antibakteri, antijamur dan antikanker.

Tak hanya itu, kunyit digunakan dalam deretan obat tradisional India, Thailand dan Cina untuk berbagai macam masalah kesehatan. Kandungan antioksidan di dalamnya dapat memberikan sejuta manfaat bagi tubuh Anda.

  1. Pala

Merupakan rempah asli asal Indonesia yang telah populer sejak zaman dahulu kala. Tanaman ini didapat dari pohon yang berasal dari kepulauan Banda, Maluku, dan menjadi komoditi perdagangan penting sejak era Romawi kuno.

Tak hanya sebagai bumbu masakan, pala juga menghasilkan minyak atsiri yang sering digunakan pada industri pengalengan dan kosmetik. Selain itu, pala juga sering dimanfaatkan sebagai penambah gairah seksual. Tak heran, permintaan pala untuk diekspor ke negara lain terus meningkat dari waktu ke waktu.

Selain dapat melezatkan dan mengharumkan aroma makanan, rempah juga bisa diandalkan dalam membantu menjaga kesehatan. Selain berbagai rempah di atas, jenis rempah lain seperti vanili dan lada juga bisa Anda manfaatkan karena memiliki manfaat serupa. Jadi, gunakan rempah-rempah sebagai bumbu makanan sehari-hari Anda, dan rasakan khasiatnya pada tubuh.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar